Media Sosial : 10 Tips Marketing Untuk Bisnis!

2 minutes

tips-marketing-media-sosial-untuk-bisnis

Membuat akun media sosial bukanlah suatu hal yang sulit. Namun, lain halnya jika percakapan dengan orang lain di jejaring sosial tersebut tidak didukung dengan konten dan strategi pemasaran yang benar.  Konten sangat berperan menjalankan website sebuah bisnis. Konten lah yang dapat membuat percakapan dengan pelanggan, baik saat ini atau pun di masa mendatang. Evolusi strategi pemasaran melalui konten di website maupun media sosial telah menjadi cara baru untuk mencapai target mendapatkan pelanggan yang tepat. Bahkan kamu dan calon klien dapat melihat dan membaca melalui RSS feed, blog, infografis, video, dan bentuk konten digital lainnya.

Strategi Pemasaran seperti ini harus selalu diperbarui secara terus-menerus dan memperluas konten pemasaran melalui media sosial, berikut beberapa tips dan trik untuk memasarkan bisnis kamu dengan memanfaatkan platform media sosial :

1. Perencanaan

Sebelum mulai media sosial marketing, penting untuk memutuskan siapa targetnya, konten apa yang akan kamu sediakan, serta media sosial mana yang akan kamu gunakan.

2. Lebih Komunikatif

Bagian penting untuk sukses di media sosial adalah kemampuan mendengar apa yang sedang dibicarakan. Jadi beri perhatian untuk post yang kamu buat dan pastikan diberikan respon.

3. Post konten secara berkala

Penting untuk komunikasi dengan audience kamu, tetapi post terlalu sering bisa menjadi bumerang. Buat jadwal yang konsisten, tetapi tidak terlalu memaksa.

4. Lampirkan Tips dan Informasi

Saat berbicara di jaringan media sosial kamu, berikan lebih daripada hanya promosi. Bagikan informasi yang mereka suka berkaitan dengan industri kamu; ini akan membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis kamu.

5. Konten Singkat dan Informatif

Sangat menggoda untuk menulis panjang lebar mengenai suatu topik, tetapi kalau untuk media sosial , post singkat akan mendapatkan respon lebih tinggi. Saat ini orang lebih sedikit memberi perhatian; jadi potong konten kamu menjadi lebih pendek agar lebih mudah di cerna.

6. Encourage Sharing

Konten media sosial dapat mencapai banyak orang tanpa perlu usaha tambahan dari kamu. Minta pengikut kamu untuk membagikannya dan buat mereka dapat dengan mudah melakukannya.

7. Saling Share Konten

Saat pengikut kamu ingin mengetahui apa yang kamu katakan, mereka juga menghargainya saat kamu membagikan konten yang relevan dari orang lain. Ini adalah situasi win-win karena mengurangi jumlah konten yang perlu kamu buat sendiri.

8. Manajemen Post

Mendapatkan hasil terbaik dari konten kamu bisa menjadi tantangan tersendiri; termasuk didalamnya waktu untuk publish, apa yang akan di publish, dan calls to action yang baik. Cara terbaik mengetahui hal ini adalah dengan tes, ukur, dan track strategi yang berbeda.

9. Pantau Kompetitor

Dalam pemasaran apapun, penting untuk melihat apa yang dilakukan kompetitor kamu. Hal yang sama dilakukan di media sosial . Walaupun kamu tidak ingin melakukan sama persis dengan apa yang mereka lakukan, kamu perlu mempelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan fans dan follower mereka.

10. Pilih Platform Media Sosial lebih Teliti

Pilihlah media sosial yang memungkinkan memiliki peluang terbesar untuk diakses oleh calon klien kamu dan fokuslah menguasai salah satu media sosial sebelum menggunakan media sosial yang lain.

Nah, tips dan trik diatas bisa kamu coba untuk memasarkan bisnis kamu, tampilkan produk-produk yang kamu punya dalam media sosial. Buat pengunjung terkesan walaupun hanya dengan melihat media sosial kamu.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *