12 Tips SEO untuk Website Toko Online

1 menit

Memiliki toko online yang tidak dioptimalkan di mesin pencari bagaikan memiliki toko tetapi tidak ada papan namanya, sehingga tidak ada orang yang mengetahui keberadaan toko online kamu. Website merupakan salah satu tempat yang paling potensial untuk berjualan secara online. Di era digital ini, setiap orang pasti akan mencari di mesin pencari ketika ingin membeli sesuatu, kemudian akan menemukan toko online yang sesuai di mesin pencari. Agar toko online kamu mudah ditemukan di mesin pencari, menggunakan Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu solusinya. Berikut ini tips SEO untuk toko online yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan pendapatan toko online kamu.

Tips SEO Untuk Toko Online

Jika ingin website toko online kamu sukses, maka mempelajari tips SEO untuk toko online adalah hal mutlak yang harus kamu coba. Dengan mengoptimalisasi SEO toko online kamu maka toko online kamu akan dikunjungi oleh banyak orang. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin besar pula peluang produk kamu akan terjual.

Berikut ini adalah 12 tips SEO untuk toko online yang bisa kamu lakukan.

1. Hindari Duplikat Konten

Salah satu musuh besar bagi mesin pencari adalah duplikat konten. Banyak toko online yang mendapat sanksi dari mesin pencari dikarenakan memiliki konten yang sama untuk deskripsi produk ataupun daftar lainnya.

Sehingga sebagai pemilik toko online, kamu harus mencari cara untuk mengurangi duplikat sambil melakukan penilaian terhadap toko online kamu sendiri.

2. Miliki Strategi Konten

Kamu harus bisa menciptakan konten yang unik. Selain unik, konten tersebut juga harus berkualitas sehingga menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya akan menambah nilai bagi pelanggan, hal itu juga bisa membantu dalam meningkatkan peringkat toko online kamu di mesin pencari. Buatlah konten yang variatif dan relevan dengan produk yang ada di toko online kamu.

3. Jangan Gunakan Deskripsi Produk Dari Produsen

Buatlah deskripsi produk yang memiliki konten unik, SEO friendly dan menggunakan kata-kata yang banyak dicari oleh pengunjung. Usahakan untuk tidak mengcopy paste deskripsi produk yang dibuat oleh produsen. Karena hal ini akan mengurangi keunikan dan kualitas toko online kamu.

4. Gunakan Kata Kunci yang Unik

Diantara cara untuk mengoptimalkan toko online kamu yaitu dengan menggunakan kata kunci yang unik. Kamu bisa menggunakan bantuan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang lebih baik dan sering dicari oleh banyak orang.

5. Tag Judul

Selain kata kunci, kamu juga harus membuat judul yang menarik untuk setiap halaman produk. Judul ini yang akan membuat pengunjung memutuskan untuk melanjutkan mengunjungi toko online kamu atau malah memutuskan untuk mencari toko online lain yang lebih menarik.

6. Optimalisasi Gambar Produk

Tidak dipungkiri, saat ini banyak pelanggan yang mencari kebutuhan mereka melalui pencarian gambar. Oleh karena itu, bagi kamu pemilik toko online sebaiknya menambahkan kata kunci yang terkait dalam tag ALT dari setiap gambar yang ada di toko online kamu.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu juga harus memastikan bahwa kata kunci yang digunakan pada setiap gambar merupakan kata kunci yang relevan. Hindari penggunaan banyak kata kunci pada tag ALT.

7. Gunakan Meta Deskripsi yang Unik

Ketika melakukan optimalisasi on-page, banyak toko online yang menggunakan meta deskripsi yang sama untuk setiap halaman website mereka. Hal ini juga akan menjadi salah satu musuh dari SEO.

Meta deskripsi memiliki fungsi untuk membantu toko online agar menarik untuk di klik ketika muncul di mesin pencari. Yang perlu diperhatikan yaitu kamu harus membuat meta deskripsi yang berbeda untuk setiap halaman website kamu.

8. Sertakan Review Produk

Banyak pembeli yang tertarik membeli suatu produk setelah melihat review dari pembeli yang lain. Sehingga menampilkan review produk merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik pengunjung agar membeli produk kamu. Hal ini juga merupakan cara pasif yang bisa digunakan untuk menghasilkan konten yang unik pada toko online kamu.

9. Sertakan Link ke Produk pada Homepage

Salah satu kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh toko online yaitu “mengubur” produk mereka ke dalam struktur link yang jauh dari halaman utama. Hal ini tentunya akan membuat pengunjung sulit untuk menemukan produk yang mereka cari. Keadaan ini juga membuat tingkat pencarian produk dari toko online kamu menjadi rendah dan akhirnya bisa mempengaruhi skor dari halaman produk.

10. Optimalkan Anchor Text

Untuk meningkatkan visibilitas toko online kamu pada mesin pencari,kamu bisa menambahkan kata kunci pada link internal yang ada di website kamu. Penggunaan link pada teks yang merupakan kata kunci akan lebih baik dibandingkan menggunakan tipe link “klik di sini”.

Selain melalui cara itu, kamu juga bisa memasukkan link ke dalam deskripsi produk untuk mengarahkan pengunjung ke produk sejenis lain yang juga ada di website toko online kamu.

11. Atur Toko Online Kamu Untuk SEO

Struktur toko juga memiliki dampak terhadap toko online. Kamu harus membuat struktur toko online yang bagus agar bisa mencakup sejumlah landing page. Kamu bisa mengatur halaman sesuai dengan spesifikasi merek ataupun tipe dari produk yang kamu sediakan.

Dengan cara ini, maka kamu akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk mengoptimalisasikan beberapa halaman dan kelompok kata kunci yang nantinya dapat meningkatkan visibilitas toko online kamu dalam pencarian.

12. Share Produk di Media Sosial

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi toko online kamu yaitu dengan membagikan link toko kamu ke seluruh media sosial yang kamu punya. Langkah ini juga bisa mempercepat produk kamu untuk bisa dilihat oleh banyak orang.

Nah, beberapa tips SEO diatas sangatlah penting untuk dicoba di website toko online kamu, selamat mencoba!

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *