3 Tools untuk Cek Plagiarisme Konten Kamu

1 menit

Hal yang perlu kamu ingat ketika membuat konten yaitu menjaga konten agar tetap original. Membuat konten yang original atau tidak bersifat “plagiarisme ” merupakan salah satu kunci untuk menarik perhatian dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pembaca.

Bukan hanya itu, Google tidak akan mentoleransi konten yang mengandung plagiarisme ketika mengindex suatu website. Tentunya hal ini akan membuat performa website kamu akan menurun.

Oleh karena itu, hindari untuk membuat konten yang bersifat plagiarisme. Buatlah konten seoriginal mungkin atau merupakan hasil karya kamu sendiri.

Bagi kamu yang ingin mengetahui original atau tidaknya sebuah konten, kamu bisa menggunakan 3 tools dibawah ini:

1. Dupli Checker

Dupli Checker merupakan tools pertama yang bisa kamu gunakan. Untuk melakukan pengecekan menggunakan tools ini, kamu dapat memasukkan konten dengan maksimal 1000 kata ke dalam sebuah form yang telah disediakan.

Untuk hasilnya, akan ditampilkan informasi besarnya plagiarisme konten dalam bentuk persen (%). Namun, jika tidak ada unsur plagiat, akan muncul informasi “No Plagiarism Detected!

Keunggulan dari tools ini yaitu, kamu tidak hanya dapat melakukan pengecekan tingkat plagiarisme dari sebuah konten, namun kamu juga bisa mengecek grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority, backlink checker, dan masih banyak lainnya.

Perhatikan cara penggunaan Dupli Checker dibawah ini:
a. Buka Dupli Checker.
b. Masukkan konten yang ingin kamu cek dan klik “Check Plagiarism”.

c. Lihat informasi plagiat konten kamu.

2. Plagiarism Checker Small SEO Tools

Tools kedua yang bisa kamu gunakan yaitu Plagiarism Checker Small SEO Tools. Tools ini juga sangat informatif dan mudah digunakan. Ada beberapa fitur yang bisa digunakan melalui tools ini, seperti Plagiarism Checker, Grammar Check, Reverse Image Search, Word Counter, What is My IP, PDF to Word Converter, Internet Speed Test, dan SEO Checker.

Keunggulan dari tools ini yaitu adanya plugin yang disediakan, sehingga kamu bisa memasang tools ini pada wordpress website kamu.

Kamu tidak perlu lagi melakukan copy & paste konten kamu pada situs Plagiarism Checker Small SEO Tools. Cukup dengan mengklik tombol “Check Plagiarism” kamu sudah bisa cek plagiarisme konten kamu.

Berikut cara menggunakan tools Small SEO Tools:

a. Buka Small SEO Tools.
b. Klik Plagiarism Checker.

c. Masukkan konten yang akan kamu cek dan klik “Check Plagiarism”.

d. Kemudian lihat informasi plagiat konten kamu seperti gambar dibawah ini:

3. Copy Scape

Copy Scape juga merupakan salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk cek plagiarisme konten. Jika pada tools sebelumnya kamu mengecek salah satu konten yang ada pada website kamu, namun dengan Copy Scape kamu bisa mengecek semua konten yang ada dalam website kamu. Tinggal memasukkan alamat URL website dan secara otomatis Copy Scape akan melakukan pengecekan tingkat plagiarisme semua konten yang ada di website.

Copy Scape memiliki versi gratis dan berbayar. Ada batasan akses untuk pengguna yang versi gratis. Supaya dapat mendapatkan akses yang lebih luas, maka kamu harus menggunakan layanan yang berbayar.

Berikut cara penggunaan Copy Scape:

a. Buka Copy Scape.
b. Masukkan situs website kamu dan klik “Go”.

3. Lihat hasil informasi plagiarisme konten website kamu.

Pada gambar diatas, kamu bisa melihat persentase plagiarisme konten (duplicate content) pada website kamu. Untuk melihat pada halaman apa saja yang terdapat plagiarisme, kamu bisa klik pada keterangan sebelah kanan “Click here to see your duplicate content”.

Sehingga kamu bisa melihat informasi detail seperti gambar dibawah ini:

Nah itulah 3 tools untuk cek plagiarisme konten website kamu. Agar website kamu terhindar dari unsur plagiarisme, maka kamu juga harus melakukan pengecekan dan melakukan perbaikan terhadap konten yang mengandung unsur tersebut. Selamat mencoba.

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *