5 Kesalahan yang Bisa Membuat Social Media Marketing Kamu Gagal

1 menit

Social media marketing memang memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis. Hal ini juga sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai tips sukses melakukan social media marketing .

Ada banyak brand yang telah sukses melakukan social media marketing, namun juga banyak yang gagal melakukannya. Tentunya kegagalan yang dialami disebabkan oleh beberapa kesalahan yang dilakukan.

Apa saja kesalahan yang bisa membuat social media marketing kamu gagal? Simak penjelasan berikut ini :

1. Terlalu Banyak Menggunakan Platform Media Sosial

Saat melakukan social media marketing, hal terpenting yang perlu kamu perhatikan tentunya platform social media yang akan kamu gunakan. Saat ini memang banyak platform media sosial yang tersedia, namun kamu tidak harus menggunakan semua jenis platform.

Tetap fokus pada platform yang banyak digunakan oleh target bisnis kamu. Selain membuang waktu, terlalu banyak menggunakan platform media sosial akan membuat social media marketing yang kamu lakukan tidak efektif.

2. Mengabaikan Follower

Kesalahan berikut yang sering dilakukan para pebisnis yaitu mengabaikan follower yang sering bertanya mengenai produk atau jasa kamu. Follower yang sering bertanya berarti tertarik menggunakan bisnis kamu.

Oleh karena itu jangan mengabaikan atau kesal terhadap follower yang sering bertanya. Pastikan kamu menjawab setiap pertanyaan mereka hingga mereka melakukan pembelian.

3. Penggunaan Konten yang Salah

Penggunaan konten yang salah disini maksudnya sebuah konten yang tidak disesuaikan dengan jenis platform yang digunakan.

Misalnya kamu menggunakan platform Instagram, maka kamu harus menggunakan konten visual gambar atau video. Atau konten kamu berbicara mengenai bisnis penjualan saham, maka tidak akan cocok jika kamu menggunakan jenis media sosial Instagram, karena lebih cocok untuk platform LinkedIn.

Kamu harus menguasai jenis konten yang cocok untuk masing-masing jenis media sosial agar tidak salah dalam penggunaan konten.

4. Memiliki Follower Berbayar

Saat ini banyak penyedia jasa yang menjual follower bagi pengguna media sosial. Ketika banyak follower atau like memberikan pengaruh pada bisnis kamu, tetapi nyatanya tidak membantu meningkatkan hubungan yang lebih engaging dengan calon klien.

Justru membeli follower atau like akan menurunkan rasa kepercayaan calon klien terhadap bisnis kamu. Oleh karena itu, tetaplah fokus dalam menjalin hubungan dengan calon klien daripada fokus ke jumlah follower atau like.

5. Tidak Memberikan Informasi yang Lengkap

Kesalahan terakhir yang sering terjadi yaitu tidak memberikan informasi yang lengkap mengenai brand bisnis kamu secara lengkap, baik itu di Facebook, Instagram, LinkedIn atau jenis platform media sosial lainnya.

Bagaimana bisa calon customer atau follower kamu mengenal bisnis kamu jika kamu tidak memberikan informasi yang lengkap. Oleh karena itu, jangan lupa mencantumkan informasi yang singkat dan lengkap mengenai brand bisnis kamu.

Kamu bisa membuat informasi mengenai bisnis kamu pada profile media sosial. Berikut contoh profile di Instagram:

Nah, itulah 5 kesalahan yang harus kamu hindari ketika melakukan social media marketing. Selain menghindari 5 hal di atas, kamu juga harus tetap fokus dan konsisten dengan social media marketing yang kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *