Apa itu Google Adwords?

1 menit

Google Adwords adalah program periklanan yang dibuat oleh Google. Adwords menawarkan perusahaan (pengiklan) kemungkinan untuk menjangkau pengguna mesin pencari Google dengan ‘iklan pencarian’. Adwords juga menawarkan kesempatan kepada pengiklan untuk meneliti kata kunci yang paling menarik untuk digunakan. Misalnya, Adwords bisa menunjukkan volume pencarian sebuah kata, biaya beriklan dengan kata tersebut di Google dan berapa banyak perusahaan lain yang ingin beriklan dengan kata tersebut (level kompetisi). Google Adwords juga merupakan sumber pendapatan terbesar Google dan secara luas dianggap sebagai metode periklanan paling efektif di dunia.

Keunggulan Google Adwords

Sebagai sebuah mesin pencarian yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak, tentu Google memiliki banyak data tentang kebiasaan penggunanya dalam melakukan pencarian. Dengan data ini, mereka bisa menampilkan iklan yang sangat bertarget, yang memberikan keuntungan bagi perusahaan (pengiklan). Misalnya, jika kamu ingin menjual kopi, Google dapat menjangkau siapa saja yang mencari penjual kopi atau penikmat kopi yang ingin membeli kopi. Hal ini memastikan iklan akan bekerja dengan sangat efektif. Cara iklan yang sangat efektif ini juga menjadi alasan mengapa Google menjadi sebesar sekarang. Adwords mempunyai jasa sebesar 97% dari total pendapatan Google, ini menghasilkan lebih dari 72 miliar Euro per tahun!

Biaya Google Adwords

Biaya periklanan di Adwords tergantung pada kata kunci yang digunakan. Besarnya nilai kata kunci tersebut tergantung kepada permintaan. Jika ada permintaan yang tinggi untuk sebuah kata, secara otomatis menjadi lebih mahal untuk mengiklankannya. Lagi pula, Google hanya menyediakan tempat terbatas untuk menempatkan iklannya, sementara pada saat yang sama, beberapa pemasang iklan memperjuangkan posisi diatas (terbaik).

Sebagai pengiklan di Google Adwords, kamu bisa memilih tipe pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada beberapa cara pembayaran, yaitu :

  1. Biaya per 1000 impresi (Pay per Thousand Impression)

   Kamu akan membayar setiap ada 1.000 orang yang melihat iklan kamu. Hanya dilihat, bukan meng-klik iklan kamu. Tipe pembayaran seperti ini hanya cocok buat kamu yang ingin membangun Brand.

  1. Biaya per Klik (Pay per Click)

   Kamu akan membayar setiap ada yang meng-klik iklan kamu. Apabila mereka hanya melihat iklan kamu, maka kamu tidak akan dikenanakan biaya apa-apa.

  1. Biaya per konversi (Pay per Conversion)

   Kamu hanya akan membayar ketika goal atau tujuan iklan kamu tercapai. Tujuan iklan bisa berupa pendaftaran anggota baru, penjualan, lama waktu perkunjungan, dan sebagainya.

Google Adwords yang paling menguntungkan

Pada tahun 2017 ada lebih dari 1,2 juta perusahaan yang menerbitkan iklan melalui Google Adwords. Sangat menarik untuk melihat bahwa 1% dari jumlah pelanggan ini mencapai 99% dari total omzet. Google mendapat pendapatan paling banyak dari pelanggan di sektor ‘keuangan dan asuransi’, dengan lebih dari 9 miliar dolar. Kemudian muncul sektor ‘penjualan dan barang dagangan’ dengan jumlah sekitar 7 miliar dolar, diikuti oleh sektor ‘pariwisata dan perjalanan’ dan ‘pekerjaan dan pendidikan’, masing-masing sekitar 6,5 miliar dan 6 miliar dolar. Luar biasa bukan?

Ingin tahu lebih banyak tentang Google Adwords?

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang Google Adwords, kami mengundang kamu untuk datang ke kantor kami atau menghubungi kami via whatsapp. Kami akan menjelaskan bagaimana cara yang tepat untuk memulai kampanye di Google Adwords, apa yang perlu kamu perhatikan dan bagaimana kamu dapat memastikan bahwa iklan yang kamu pasang sukses besar!

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *