Bagi kamu seorang pebisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Google Ads”. Platform iklan yang memberikan berbagai dampak positif terhadap sebuah bisnis. Mulai dari meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, dan masih banyak yang lain.
Google Ads dapat digunakan oleh berbagai kategori bisnis, mulai dari skala besar, menengah, hingga besar. Juga bisa digunakan untuk bisnis yang berasal dari berbagai sektor, seperti kuliner, fashion, hospitality, atau bisnis lainnya.
Google Ads menjadi cara yang sangat efektif untuk mengarahkan user yang relevan dan berkualitas ke website kamu. Kamu akan mendapatkan lebih banyak calon konsumen sehingga penjualan bisnis juga semakin meningkat.
Di artikel ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Google Ads, mulai dari apa itu Google Ads, keuntungan menggunakan Google Ads, biaya untuk membuat Google Ads, dan beberapa hal lainnya tentang Google Ads.
Apa Itu Google Ads?
Google Ads adalah media iklan Google yang memungkinkan kamu untuk untuk menampilkan iklan berbayar pada mesin pencarian Google.
Melalui media iklan ini kamu bisa menampilkan iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. Sehingga kamu bisa menggunakan kaca kunci yang kamu inginkan.
Website yang menggunakan Google Ads biasanya diberi tanda tanda dengan tulisan “ atau Iklan”. Kamu bisa melihat contohnya pada gambar berikut.
Keuntungan Menggunakan Google Ads
Ada 4 keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika membuat iklan di Google.
1. Mendapatkan Pengunjung Sesuai dengan Target Bisnis Kamu
Google akan menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang ditargetkan, misalnya jika kamu memiliki usaha rental mobil di Pekanbaru dan kamu mentarget kata kunci ‘rental mobil murah di Pekanbaru’, maka pengunjung yang datang ke website kamu yaitu mereka yang sedang mencari tempat rental mobil di Pekanbaru.
2. Menaikkan Trafik Website
Dengan membuat iklan yang mudah ditemukan pada mesin pencari, maka akan mempermudah visitor mengetahui website atau bisnis kamu. Trafik website kamu akan meningkat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke website.
3. Omset Penjualan Meningkat
Google Ads juga membantu meningkatkan omset bisnis kamu karena kamu menargetkan iklan kepada mereka yang memang membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan (target iklan yang lebih tepat).
4. Iklan Dapat di Akses Melalui Berbagai Device
Setiap pengguna internet tentu menggunakan berbagai device yang berbeda-beda, mulai dari laptop, tablet, hingga handphone. Iklan kamu juga dapat diakses di berbagai device yang mereka gunakan.
Biaya Google Ads
Biaya Google Ads tergantung pada kata kunci yang digunakan. Besarnya nilai kata kunci tersebut tergantung kepada permintaan. Semakin tinggi permintaan sebuah kata kunci, maka biaya untuk menggunakan kata kunci tersebut juga lebih mahal.
Ada 4 cara pembayaran Google Ads yang bisa kamu lakukan.
A. Biaya per 1000 Impresi (Pay per Thousand Impression)
Kamu akan membayar setiap ada 1000 orang yang melihat iklan kamu. Hanya di lihat, bukan di klik.
B. Biaya per Klik (Pay per Click)
Kamu akan membayar setiap ada orang yang meng-klik iklan kamu. Dan jika mereka hanya melihat iklan kamu, maka kamu tidak akan dikenakan biaya.
C. Biaya per Konversi (Pay per Conversion)
Kamu akan membayar ketika goals (tujuan iklan) kamu sudah tercapai. Baik untuk tujuan iklan pendaftaran anggota baru, penjualan, atau untuk tujuan iklan yang lain.
D. Biaya per tonton (Cost per View)
Kamu akan membayar saat iklan video dilihat minimal selama 30 detik atau saat iklan selesai.
Baca Juga: Berapa Biaya Google Ads?
Jenis-Jenis Google Ads
Sebelum membuat Google Ads, ada 5 jenis Google Ads yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Ada Search Ads, Display Ads, Shopping Ads, Video Ads, dan Universal App Campaign.
1. Search Ads
Search ads yaitu iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari.
2. Display Ads
Display Ads adalah iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens.
3. Shopping Ads
Shopping Ads adalah iklan yang biasa digunakan oleh seorang pebisnis yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual, maka jenis iklan ini cocok kamu gunakan.
4. Video Ads
Video ads adalah jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.
5. Universal APP Campaign
Universal APP Campaign adalah jenis iklan yang biasa digunakan untuk bisnis yang menyediakan aplikasi seluler untuk para konsumen mereka. Dengan iklan ini, kamu dapat mempromosikan aplikasi seluler di mesin pencarian, Play Store, atau YouTube.
Pada artikel sebelumnya, kita juga sudah membahas jenis-jenis Google Ads, disana kamu bisa menemukan berbagai informasi lain mengenai jenis Google Ads, serta melihat contoh untuk masing-masing jenis iklan.
Ingin tahu lebih banyak tentang Google Ads?
Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Google Ads, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai belajar google ads untuk berbagai bisnis. Disana kamu bisa mengetahui cara membuat Google Ads, cara meningkatkan conversion Google Ads, dan masih banyak informasi lainnya.
Semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Cara Meningkatkan Domain Authority, Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Domain authority merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Berikut beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu lakukan.
Panduan Lengkap Memaksimalkan Internal Linking untuk Optimasi SEO
Tingkatkan kualitas SEO dan pengalaman pengguna pada website dengan mengoptimalkan penggunaan internal linking yang efektif. Ini panduannya!
Video Ads: Pengertian dan 7 Manfaatnya untuk Meningkatkan Branding
Sebagai content creator, kamu pasti sudah mengetahui istilah video ads. Yuk, simak penjelasan apa saja manfaatnya untuk tingkatkan branding!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!