Bagaimana Konten Mempengaruhi Pengunjung Website?

2 minutes

Konten merupakan sarana informasi yang disediakan oleh pemilik website. Peran konten dalam sebuah website bukan hanya untuk membantu website berada pada posisi yang bagus di mesin pencarian, tetapi juga dijadikan sebagai sales.

Ada beberapa jenis konten yang bisa kamu gunakan, seperti konten video, artikel, infografis, atau audio.

Berikut contoh konten infografis:


Sumber: Pinterest

Konten dapat mempengaruhi pengunjung website untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan. Bagaimana bisa? Berikut 4 alasannya dibawah ini:

1. Konten Dapat Meningkatkan Traffic Website

Traffic website merupakan jumlah orang yang mengunjungi website, halaman website yang mereka lihat, dan durasi saat berkunjung ke website kamu. Setiap website membutuhkan traffic website yang bagus agar peringkat website selalu meningkat di mesin pencarian.

Bagaimana cara meningkatkan traffic website? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu menyediakan artikel di website kamu. Dengan membuat artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat, akan membuat banyak pengunjung datang ke website kamu. Sehingga traffic website kamu akan terus meningkat.

Sebelum membuat artikel yang dapat meningkatkan traffic website, kamu bisa baca artikel saya mengenai 5 tips menulis konten berkualitas untuk optimalisasi SEO.

2. Konten Membuat Pengunjung Menjadi Pelanggan

Selain bisa membantu meningkatkan traffic website, konten juga dapat membuat pengunjung menjadi pelanggan dalam bisnis kamu.

Bagaimana bisa? Dalam salah satu metode pemasaran digital marketing yang mampu banyak menarik pelanggan yaitu Inbound Marketing. Pada metode ini, konten (artikel) dibuat lebih menarik dengan bahasa yang lebih persuasif agar pembaca percaya dan tertarik untuk membali maupun menggunakan produk kamu.

Untuk lebih mengenal inbound marketing, kamu bisa baca artikel saya sebelumnya mengenai apa itu inbound marketing.

3. Konten Membantu Kamu Memahami Calon Klien

Untuk memahami keinginan calon pembaca, kamu tidak perlu menghubungi beberapa calon klien kamu sebelum melakukan pemasaran (promosi) bisnis kamu. Kamu hanya perlu membuat artikel yang lebih engaging.

Dengan artikel yang engaging, akan menimbulkan reaksi yang positif dari calon klien kamu. Misalnya calon klien kamu akan meninggalkan komentar setelah membaca konten yang kamu buat. Dengan komentar-komentar tersebut, kamu bisa memahami keinginan calon klien kamu.

Jika kamu mampu memenuhi keinginan mereka, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi klien baru kamu.

Agar artikel yang kamu lebih engaging, kamu harus baca artikel saya mengenai 5 Cara membuat artikel kamu semakin engaging.

4. Membuat Konten Lebih Efisien dari Sisi Biaya

Hal yang juga tidak kalah penting dalam sebuah bisnis adalah “biaya”. Dengan membuat konten, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun dan tetap bisa mendapatkan banyak calon klien. Hanya saja kamu harus mampu menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat.

Berbeda jika kamu melakukan promosi bisnis melalui metode iklan seperti Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads. Tentunya kamu harus mengeluarkan biaya untuk melakukannya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan calon klien, konten dikatakan lebih efisien dari segi biaya, bahkan sangat efisien.

Nah, itulah 4 alasan bagaimana konten mempengaruhi pengunjung kamu. Apakah kamu sudah menyediakan konten-konten yang bermanfaat pada website kamu?

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *