Bagaimana Tren Webdesign 2019

1 menit

Webdesain UI adalah tren yang paling cepat berkembang dan berubah karena desainer dituntut terus-menerus meningkatkan tingkat kreativitas sehingga untuk mendapat promosi dan perhatian dari khalayak. Setelah melalui tren 2018 ui situs web yang bagus dari grid dan gambar statistik yang minimalis dan sesuai tren perkembangan dan juga warna pantone ditahun itu disebut “Ultra Violet” yaitu rona violet.

Bagaimana dengan tren ui situs web untuk tahun ini, dimana sudah banyak desainer yang memiliki keahlian baik tanpa lagi memerhatikan aturan-aturan baku dalam desain. Sehingga dapat memadukan antara teknologi dan estetika dengan sangat baik.

Berikut telah dirangkum tentang Webdesign Trend Center 2019.

  1. Serif font
  2. Tipografi Tebal
  3. Gradasi warna
  4. Gambar Ilustrasi
  5. Desain 3D
  6. Video background

Bonus!! Warna pantone pilihan untuk tahun ini.

1. Reuni dengan Font Serif

tremd-serif
Sumber Gambar : laman dari http://laurent.fyi/

Selama bertahun-tahun, seorang teman lama yang bisa dipercaya telah dijauhi, disebut pengap dan tidak praktis, dan dibiarkan mengumpulkan debu di sudut oleh komunitas desain pada umumnya. Tentu saja itu merupakan gambaran cerita tentang font serif. Akan tetapi salah satu tren desain yang paling tidak diharapkan yakni font serif. Mereka telah muncul kembali dan digunakan oleh beberapa pemain besar di industri ini.

Serif dan sans serif dapat digabungkan untuk membuat dokumen yang ramping dan modern namun mudah dibaca, mereka dapat membantu kata-kata penting menonjol dari kerumunan dan membuat keseluruhan pengalaman membaca lebih menarik.

Alasan lain mengapa serif di layar adalah pilihan yang lebih baik untuk digunakan sekarang adalah karena aksesibilitasnya yang lebih baik di layar dan opsi Google Font. Perlu diingat setiap elemen desain, Anda harus bertanya pada diri sendiri pendekatan apa yang paling sesuai untuk menjangkau audiens target Anda.

Untuk membantu memilih font serif yang akan digunakan pada website anda, berikut font serif pilihan yang baik untuk visual website.

  1. Caslon
  2. Garamond
  3. Freight Text
  4. Tiempos Text
  5. Minion
  6. Calluna
  7. GT Sectra
  8. FF Tisa
  9. Plantin
  10. Stanley

2. Judul Kreatif dengan Bold Typografi

Sumber Gambar : laman dari http://www.benmingo.com/

Sudah merambah kedalam banyak website menggunakan judul dari website mereka dengan membuat tebal dan besar sehingga menjadi hal yang pertama kali dibaca oleh pengunjung saat mengunjungi suatu laman. Tipografi yang berani bekerja sangat baik dalam desain situs web karena memancarkan kekuatan dalam pesan, membantu merek menonjol dan memperkuat identitas mereka. Ini tipografi sempurna untuk situs web minimalis, yang mempertahankan popularitasnya sebagai yang paling bersih, paling elegan, dan berorientasi UX.

Dalam beberapa kasus, judul website dibuat menjadi seperti itu memiliki beragam alasan, beberapa diantaranya adalah mendapatkan perhatian tersendiri dari beberapa pengunjung kalangan tertentu yang pemalas sehingga mengharuskan memberikan perhatian ekstra tersendiri. Bold Tipografi yang berani mengesankan penonton, juga font yang dipilih dengan hati-hati dapat menyampaikan emosi yang Anda butuhkan dan membangun hierarki visual yang kuat.

3. Variasi Warna dengan Gradient

trend-gradient
Sumber Gambar : laman dari http://melanie-f.com/

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak desainer yang mengadopsi gradasi warna dalam desain. Pada 2018, gradien fluida cukup populer. Bahkan jika hanya satu warna yang digunakan, itu dapat membuat struktur berlapis yang kaya dengan bantuan gradien dan gambar yang berbeda, menghasilkan pengalaman estetis yang menyenangkan.

Penggunaan gradien cerah dan ilustrasi tebal akan menjadi salah satu kombinasi warna utama di tahun 2019.

Semakin banyak orang menggunakan warna-warna berani, baik dikombinasikan atau monokrom. Melalui penggunaan teks berukuran besar, desainer telah menemukan cara terbaik untuk membatasi permainan warna yang ekstrem. Ini mengurangi pengguna dengan elemen sekunder, membiarkan mereka fokus pada apa yang seharusnya.

Untuk membantu memilih warna dan membantu membentuk gradient pada warna anda dapat mengunjungi https://webgradients.com/

4. Modern dengan Gambar Ilustrasi

trend-ilustrasi
Sumber Gambar : laman dari https://slack.com/security

Pada paruh kedua 2017, perusahaan seperti Slack dan Dropbox mulai menggunakan ilustrasi yang dipersonalisasi untuk menyampaikan karakteristik merek, membuat desain ilustrasi semakin populer. Popularitas ini berguling ke 2018, dan kami berharap desain ilustrasi, sebagai tren desain web baru, akan mencapai ketinggian baru di 2019.

Sebagai bentuk komunikasi visual untuk situs web modern, desain ilustrasi yang dipersonalisasi lebih menarik daripada teks abstrak . Ini memiliki dampak visual yang lebih berat dan lebih banyak fitur merek, yang membantu menyampaikan konsep merek yang lebih dalam. Dengan ilustrasi unik dan warna-warna berani, lebih mudah untuk meninggalkan kesan yang sangat baik pada pengguna.

Statistik menunjukkan bahwa efek visual ilustrasi pada pengguna tujuh kali lebih baik daripada fotografi biasa. Ilustrasi cocok untuk beranda, panduan pengguna baru, menunggu antarmuka, dan halaman kemajuan – hampir semua elemen situs web!

5. Visualisasi Objek Desain 3D

design-3d
Sumber Gambar : laman dari https://deskview.co/

Menggunakan desain 3D pada website terbilang lebih rumit dibandingkan dengan gambar flat seperti website pada umumnya. Akan tetapi website dengan desain berbasis 3D memiliki keseimbangan yang baik di UI dan UX mereka. Beberapa website sudah mulai bermigrasi untuk mengganti tampilan yang sedikit menyenggol dengan tampilan desain 3D karena berbagai alasan dan keperluan mereka.

Seperti pengecer online berupaya menarik pelanggan melalui desain etalase elektronik yang inovatif, beberapa bereksperimen dengan situs web tiga dimensi (3D). Studi ini menguji pengaruh dimensi situs web terhadap penyerapan kognitif, persepsi kemudahan penggunaan, dan, secara tidak langsung, persepsi kegunaan situs web dan niat untuk membeli online menggunakan situs web.

Temuan menunjukkan bahwa situs web belanja yang menggunakan lingkungan 3D dikaitkan dengan persepsi kemudahan penggunaan yang lebih rendah dan penyerapan kognitif yang lebih rendah, dibandingkan dengan situs web 2D tradisional. Efek dimensi situs web terhadap penyerapan kognitif dimoderasi baik oleh pengalaman pengguna.

6. Autoplay Video Background

video-background
Sumber Gambar : laman dari https://adbastiaanse.whellostudio.id

Salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian pelanggan adalah membuat situs web dengan latar belakang video yang dinamis. Benda bergerak cenderung lebih menarik.

Dibandingkan dengan teks atau gambar foto, video pendek adalah cara yang lebih nyaman untuk memberikan lebih banyak informasi, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memahami karakteristik halaman web atau produk.

Video membantu meningkatkan waktu pengguna di halaman, yang bagus untuk SEO dan tingkat konversi. Posting video memprioritaskan Facebook adalah bukti kuat dari efektivitas media. Selain itu, mengingat bahwa kita hidup di era informasi yang beragam, penerapan elemen dinamis seperti latar belakang video akan meningkat secara bertahap.

Warna Pantone tahun ini, 2019 – Living Coral!

Warna adalah cara langsung untuk menjangkau audiens. Pilihan warna yang tepat menyebabkan pengguna lebih banyak tinggal di halaman web Anda sementara pilihan yang salah dapat menyebabkan gangguan dan agitasi.

Tahun lalu, warna Pantone tahun ini adalah “Ultra Violet”. Jika Anda melihat ke belakang sekarang, Anda akan melihat betapa kami melihat rona violet di seluruh web tahun lalu pada tahun 2018.

Dengan 2019, pilihan Pantone untuk warna tahun ini adalah Pantone 16-1546- Living Coral. Warnanya dikaitkan dengan optimisme, kerohanian yang menggembirakan, dan aktivitas yang menyenangkan. Rona oranye-merah muda ini dipilih untuk mempromosikan konektivitas manusia di era digital ini. Jadi tahun ini kita akan melihat lebih banyak warna hangat dan ramah ini meresap ke dalam desain situs web, dekorasi dan cetakan digital.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *