5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Melakukan Optimalisasi SEO

1 menit

Sebagai pemilik website atau blog, tentu kamu menginginkan hasil SEO yang optimal pada website maupun blog kamu. Untuk mencapainya, kamu harus melakukan optimalisasi SEO sebaik mungkin, namun dalam melakukan optimalisasi SEO kamu juga harus memperhatikan beberapa hal agar yang kamu lakukan tidak salah. Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan ketika melakukan optimalisasi SEO :

1. Konten yang Tidak Berkualitas

Konten sangat berpengaruh besar terhadap SEO, konten yang bagus akan membantu meningkatkan peringkat SEO. Kesalahan yang sering terjadi pada saat membuat konten yaitu kebanyakan orang menganggap konten yang panjang dapat membuat SEO akan menjadi lebih baik, namun sebenarnya tidak. Konten yang bagus yaitu konten yang berkualitas, jelas, dan relevan. Selain itu kamu juga harus mampu menghasilkan konten yang membuat pembaca atau pengunjung website kamu ‘betah’ menggunakan website kamu.

2. Kata Kunci Tidak Sesuai

Kata kunci yang kamu gunakan tidak sesuai dengan isi konten yang kamu buat. Hal ini sangat fatal jika dilakukan, menentukan kata kunci yang tepat memang agak sulit, namun sekarang sudah banyak aplikasi atau website yang dapat kamu gunakan untuk menemukan kata kunci yang tepat seperti KWFinder . KWFinder akan membantu kamu menemukan kata kunci yang tepat.

3. URL Terlalu Panjang

Selanjutnya hal yang perlu kamu perhatikan yaitu ketika membuat url atau link. Sama halnya ketika kamu menulis konten, tidak perlu panjang namun jelas. Google tidak menyukai url yang terlalu panjang, buatlah url yang mengandung kata kunci, artinya url yang kamu buat harus berhubungan dengan kata kunci yang kamu gunakan.

4. Loading Website atau Blog yang Lambat

Google sangat memperhatikan kecepatan loading suatu website atau blog, Google akan memberikan penilaian terbaik terhadap website atau blog dengan loading yang cepat. Biasanya website atau blog yang loading lambat dikarenakan kebanyakan kode bahasa pemograman seperti JavaScript, gambar berlebihan, atau menggunakan flash. Semakin cepat loading suatu halaman, maka pengunjung pun juga akan ikut senang mengunjungi website kamu.

5. Tidak Menggunakan Google Webmaster tool

Terakhir, hal yang perlu kamu ketahui ialah, Google menyediakan beberapa tools yang sangat berguna untuk keperluan SEO. Salah satu tools yang wajib digunakan ialah Google Webmaster Tools. Dengan menggunakan Google Webmaster Tools kamu bisa melihat performa website atau blog kamu, dan dari data tersebut kamu bisa gunakan untuk menganalisis dan melakukan perbaikan untuk website kamu kedepannya. Kamu juga bisa mengecek backlink, dan mengetahui berbagai macam error yang terdapat pada website atau blog kamu.

5 kesalahan diatas merupakan kesalahan sering dilakukan. Diharapkan setelah membaca artikel ini, optimalisasi SEO yang kamu lakukan menjadi lebih optimal.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *