Mengapa Jasa Pembuatan Website Itu Mahal?

3 minutes

“Mengapa jasa pembuatan website itu mahal?” Itulah pertanyaan yang sering dipertanyakan seseorang sebelum membuat website. Mahal atau murahnya sebuah website disebabkan oleh berbagai alasan. Pada artikel ini saya akan bahas, 5 alasan website bisa dikatakan mahal:

1. Desain Website yang Powerful

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah website. Desain website bukan hanya bagus dipandang mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan bisnis.

Biasanya seorang developer jasa pembuatan website akan menghabiskan banyak waktu untuk menyesuaikan desain website dengan brand, goals, dan user experience yang baik bagi bisnis kamu. Tujuannya adalah supaya tampilan website kamu lebih profesional dan powerful.

Ketika menciptakan desain website yang profesional dan powerfull, biasanya seorang developer membuat secara manual dan secara instan.

Membuat desain website secara manual yaitu membuat rancangan desain website sendiri dengan bantuan aplikasi seperti Photoshop, Adobe Dreamweaver, atau Adobe Muse. Kemudian rancangan website tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman seperti HTML atau CSS. Tentunya hal ini bukan hal yang mudah kan?

Sedangkan membuat desain website secara instan maksudnya menggunakan theme (template) website yang sudah tersedia. Saat ini, memang banyak yang menyediakan theme website yang gratis, tetapi terkadang tidak memenuhi kebutuhan website kamu. Sehingga, seorang developer harus menggunakan theme berbayar. Untuk menggunakan theme yang berbayar, mereka membeli dengan biaya yang tidak sedikit.

2. Fitur Website yang Kompleks

Untuk memenuhi kebutuhan klien bisnis kamu, biasanya kamu dituntut untuk membuat website yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang kompleks (lengkap). Semakin kompleks fitur website yang kamu butuhkan, maka harga pembuatan website akan semakin mahal.

Kenapa semakin mahal? Karena untuk menghasilkan sebuah website bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Bahkan untuk menghasilkan fitur-fitur tertentu membutuhkan biaya, misalnya membeli suatu plugin bagi developer yang menggunakan aplikasi pembuatan website yang bersifat open source seperti WordPress.

3. Hosting Website Harus Optimal

Setelah seorang developer berhasil membuat website sesuai dengan kebutuhan kamu, tentunya kamu ingin banyak yang mengunjungi website tersebut dan dapat diakses selama 24 jam secara online. Untuk mewujudkan hal tersebut, seorang developer akan mengupload website kamu ke sebuah hosting.

Oleh karena itu diperlukan sebuah hosting yang optimal agar website kamu mempunyai loading yang cepat dan stabil ketika diakses oleh banyak orang. Hosting yang seperti itu membutuhkan storage/disk dengan space yang besar dan bandwidth yang unlimited dan tentu itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

4. Website Membutuhkan Domain

Setelah mengupload website ke sebuah hosting, ada beberapa penyedia hosting yang tidak dilengkapi dengan pembuatan domain. Sehingga harus membeli domain tersendiri.

Domain adalah alamat dari sebuah website yang dapat diakses oleh pengguna melalui mesin pencarian. Tanpa domain, website kamu tidak akan bisa diakses oleh pengguna secara online.

Untuk mendapatkan domain (alamat website), seorang developer juga harus membeli membelinya di salah satu jasa penyedia domain. Untuk melakukannya, tentu mereka juga mengeluarkan biaya. Harga domain bervariasi, tergantung jenis-jenis domain yang digunakan.

Untuk lebih memahami domain, kamu perlu baca artikel mengenai pengertian dan jenis-jenis domain.

Baca juga: Perbedaan Hosting, Domain, dan Server .

5. Maintenance Website yang Sulit

Maintenance website adalah tindakan yang dilakukan untuk menjaga website kamu tetap berjalan dengan baik. Misalnya menjaga keamanan website agar terhindar dari serangan hacker, melakukan backup data website, dan mengupdate postingan, template atau plugin.

Berikut beberapa alasan pentingnya maintenance website:

  • Hosting website harus selalu diperiksa secara berkala agar kecepatan website tetap stabil.
  • Data website harus selalu di backup.
  • Menghindari serangan virus atau hacker terhadap website.
  • Pengunjung website menginginkan informasi yang selalu up to date.
  • Persaingan website yang semakin sulit di mesin pencarian.

Oleh karena itu website kamu harus selalu di maintenance.Kebanyakan pemilik website tidak bisa melakukan maintenance website sendiri, sehingga developer juga harus bersedia melakukan maintenance website kliennya.

Nah, itulah 5 alasan mengapa jasa pembuatan website itu mahal. Semoga dengan penjelasan diatas, kamu lebih paham mengapa jasa pembuatan website itu mahal. Whello merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan website yang membuat website secara profesional untuk kesuksesan bisnis kamu.

0


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *