Perbedaan Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing

1 menit

SEO dan SEM bukanlah suatu hal yang baru di kalangan pebisnis online. Keduanya memang terlihat sama persis namun ternyata ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakan antara keduanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa suatu kata yang kelihatannya sama ternyata berbeda. Perbedaan SEO dan SEM inilah yang membuat beberapa orang awam maupun pebisnis baru harus memahami istilah antara keduanya. Apalagi kedua istilah ini sangat berpengaruh besar terhadap bisnis yang sedang dijalankan di internet. Maka dari itu sebelum kamu lebih dalam terjun ke dalam bisnis online maka kamu perlu memahami dulu perbedaan keduanya.

5 Perbedaan SEO Dan SEM Bagi Bisnis Online

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Sedangkan SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Berdasarkan singkatannya saja sudah jelas bahwa adanya perbedaan antara SEO dan SEM memang besar. Namun perbedaan istilah ini nyatanya belum banyak diketahui banyak pihak. Itulah mengapa kedua istilah ini perlu dijelaskan lebih lanjut. Berikut perbedaan antara keduanya:

1. Pengertian

Pengertian menjadi dasar utama dalam membedakan dua hal yang terlihat sama. Dengan mengulas pengertian dari keduanya secara benar maka perbedaan terlihat jelas. SEO adalah pengertian dari sebuah teknik periklanan yang menempatkan suatu website ke dalam posisi SERP. Posisi SERP adalah posisi search engine result yang tepat dan strategis. Kata kunci atau keyword yang ada disesuaikan agar apa yang diiklankan bisa menjadi pencarian utama. Sedangkan SEM merupakan teknik periklanan yang berusaha menempatkan website di posisi pertama dari suatu hasil pencarian.

2. Tujuan

Tujuan penggunaan SEO adalah untuk menjadikan keyword berada di tempat yang strategis. Maksudnya ketika kamu sedang melakukan pencarian terhadap suatu kata maka yang muncul adalah website kamu. Namun tidak bisa dipastikan bahwa berada di halaman pertama, karena ada target tertentu dari SEO. Pastinya tempatnya strategis dan sudah diperhitungkan sebelumnya. Untuk SEO sudah ditargetkan untuk menempatkan posisi berapa, berbeda dengan SEM. Meskipun SEM juga memiliki tujuan untuk hal yang sama namun menempatkannya pada halaman pertama pencarian.

3. Media

Media yang digunakan pada penggunaan SEO dan SEM berbeda. Kalau dengan menggunakan SEO kamu tidak perlu menggunakan media khusus. Sedangkan SEM membutuhkan media khusus untuk mengoptimalkan website kamu. Kamu bisa menggunakan jasa sebuah agensi digital marketing untuk masalah SEO. Pencariannya juga cukup mudah jika dibandingkan dengan SEM. Banyaknya media yang menawarkan jasa digital marketing yang perlu diseleksi terlebih dahulu. Maka dari itu banyak yang lebih menggunakan SEO dibandingkan SEM untuk pebisnis online pemula.

4. Biaya Optimalisasi

SEO maupun SEM memang merupakan sarana optimalisasi dalam pencarian website. Keduanya menggunakan cara yang berbeda namun tujuannya hampir sama. Biaya optimalisasi menggunakan SEO adalah gratis, artinya jika kamu melakukan optimalisasi menggunakan SEO maka kamu tidak akan mengeluarkan biaya apapun. Ada banyak website yang menawarkan jasa optimalisasi. Namun jika kamu melakukan optimalisasi website menggunakan SEM maka kamu akan membutuhkan biaya. Ada media tertentu yang menawarkan optimalisasi yang berbayar. Memang hasilnya tidak bisa diragukan lagi karena memang bisa di halaman pertama pencarian.

5. Objek Yang Diiklankan

Perbedaan lainnya yang mencolok adalah adanya perbedaan objek yang diiklankan. Jika dalam mengiklankan SEO cenderung pada isi dari sebuah website maka SEM berbeda. SEO lebih banyak mengoptimalisasi sebuah objek melalui tulisan, jadi bagi kamu yang berusaha mengoptimalisasi tulisan bisa menggunakan SEO. Namun SEM terfokus pada pengiklankan produk. Penawaran produk diiklankan semenarik mungkin agar bisa terjual banyak. Inilah mengapa SEM berbayar karena memang tujuannya menjual produk, tidak hanya konten. Tidak semua SEM melakukan optimalisasi untuk produk saja, melainkan juga ada yang berupa tulisan. Artinya kalau SEO hanya untuk tulisan namun SEM berbeda, sedangkan SEM bisa digunakan untuk konten dan juga produk.

Perbedaan SEO dan SEM di atas merupakan perbedaan mendasar. Kamu bisa menggunakannya untuk memahami apa bisnis online. Bisnis online memerlukan optimalisasi website karena sudah banyak yang menjalankan bisnis online.  Nah, jika kamu tidak melakukan optimalisasi ditakutkan nanti kamu tidak bisa menjual produk. Optimalisasi website merupakan cara jitu untuk mendapatkan pelanggan. Sebagai pebisnis online kamu harus memahami tentang hal ini, Jika kamu masih bingung dengan kedua istilah di atas maka kamu bisa bertanya pada penyedia jasa digital marketing.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *