Dalam dunia bisnis, seringkali kita mendengar istilah bisnis “franchise (waralaba)”. Apa itu bisnis franchise?

Bisnis franchise adalah metode bisnis yang menjual barang atau jasa kepada orang lain (konsumen) dengan memberikan hak berupa merek, nama, sistem, serta tata cara penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, telah banyak pebisnis yang menjalankan bisnis franchise, apakah kamu salah satunya?

Sebagai bisnis franchise, kamu harus tahu bahwa persaingan bisnis franchise mengharuskan kamu untuk menggunakan strategi marketing yang tepat. Tujuannya agar kamu dapat memenangi persaingan dengan kompetitor.

Salah satu strategi marketing yang tepat untuk kamu lakukan yaitu “online marketing”. Online marketing membantu bisnis franchise kamu untuk lebih mudah ditemukan oleh banyak konsumen, meningkatkan pendapatan, dan membantu bisnis kamu lebih unggul dibanding kompetitor.

Ada 6 tips online marketing untuk bisnis franchise kamu:

1. Google Bisnisku

Google bisnisku adalah tools Google yang digunakan untuk mempermudah calon konsumen mengetahui berbagai informasi bisnis franchise kamu. Misalnya nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, alamat website, jam operasional, bahkan review konsumen yang pernah menggunakan franchise kamu.

Google bisnisku juga dapat menjadi salah satu media komunikasi dengan calon konsumen, mempermudah kamu mendapatkan review dari konsumen, serta membantu bisnis franchise kamu muncul di Google Maps.

Location3 mengatakan bahwa, 86% orang mengetahui sebuah bisnis melalui Google Maps, itu artinya sangat penting bisnis franchise kamu muncul di Google Maps.

Kamu bisa melihat faktanya pada gambar dibawah:

Sumber: Location3

2. Google Ads

Google Ads adalah salah satu jenis iklan PPC (Pay Per Click) yang disediakan oleh Google untuk mempromosikan bisnis franchise kamu melalui mesin pencari google.

Melalui Google Ads, kamu bisa menampilkan iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis franchise kamu, sehingga bisnis franchise kamu mudah ditemukan di Google.

Kamu juga bisa menentukan target audiens yang tepat untuk mendapatkan konsumen yang lebih tertarget (berpotensial), serta membantu website kamu berada pada halaman pertama Google.

Untuk mendaftarkan bisnis kamu pada Google Ads, kamu bisa melakukan pendaftaran pada website resmi Google Ads.

Berikut contoh Google Ads:

3. Content Marketing

Content marketing adalah strategi online marketing yang berfokus dalam merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian audiens agar tertarik menggunakan produk atau jasa franchise kamu.

Webfx mengatakan bahwa 90% perusahaan (organisasi bisnis) sudah menggunakan content marketing untuk kemajuan bisnis mereka. Dan 82% konsumen lebih percaya dengan sebuah bisnis setelah membaca konten yang disediakan.

Kamu bisa lihat pada gambar dibawah:

Sumber: Webfx

Maka dari itu, kamu juga harus membuat content marketing demi kemajuan bisnis franchise kamu. Berikut 7 tips melakukan content marketing:

  • Tentukan tujuan marketing.
  • Tentukan buyer persona.
  • Buat konten yang berkualitas dan sesuai tren.
  • Distribusikan konten di berbagai media sosial.
  • Lakukan evaluasi konten untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Baca juga: 7 Tools Untuk Memaksimalkan Content Marketing .

4. Social Media Marketing

Social media marketing adalah metode promosi (pemasaran) produk atau jasa dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApp atau platform media sosial lainnya.

Social media marketing membantu kamu mendapatkan calon konsumen yang baru, meningkatkan pengunjung website dan peringkat website pada mesin pencarian.

Bukan hanya itu, Sprout Social mengatakan, 75% orang-orang akan melakukan pembelian setelah melihat suatu produk melalui media sosial.

Kamu bisa melihat pada gambar dibawah dibawah:

Sumber: Sprout Social

Untuk melakukan social media marketing, ada 7 tips yang perlu kamu perhatikan:

  • Riset konsumen.
  • Buat goals (tujuan) iklan yang jelas.
  • Analisa kompetitor.
  • Buat konten yang relevan dan menarik.
  • Tentukan waktu posting yang tepat.
  • Manfaatkan Ads (Facebook Ads atau Instagram Ads).
  • Lakukan evaluasi.

Nah, apakah kamu sudah mengetahui waktu posting yang tepat pada media sosial? Atau cara menganalisa kompetitor? Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 7 tips diatas, kamu bisa membaca artikel mengenai 7 tips sukses melakukan social media marketing.

5. Optimalisasi Website

Tips online marketing selanjutnya melakukan optimalisasi website bisnis franchise kamu. Optimalisasi website adalah proses membuat perubahan pada website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada Search Engine Result Page (SERP).

Apa saja yang harus dilakukan untuk optimalisasi website?

6. Email Marketing

Email marketing adalah strategi marketing dengan cara mengirim email kepada konsumen atau calon konsumen. Email dapat berisi deskripsi produk, penawaran produk, atau penawaran harga diskon (promo).

Untuk membuat email marketing, kamu tidak lagi menggunakan aplikasi Gmail atau Yahoo, karena kamu akan mengirim email dalam jumlah yang banyak. Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan, seperti Mailchimp, BenchMark, atau VerticalResponse.

Ketiga tools diatas, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya, kamu bisa membaca lebih lengkap pada artikel mengenai apa itu email marketing.

Melalui email marketing, kamu dapat memberi informasi penting mengenai bisnis franchise kamu secara personal, sehingga membuat kamu memiliki hubungan yang lebih dekat (engaging) dengan mereka.

Hal ini tentunya juga akan mendorong mereka untuk menggunakan bisnis franchise kamu.

Tips melakukan email marketing:

  • Pilih tools email marketing yang tepat (Mailchimp, BenchMark, atau VerticalResponse).
  • Buat email list (email calon konsumen yang menjadi target kamu).
  • Lakukan segmentasi konsumen untuk meningkatkan efektivitas email marketing yang akan kamu lakukan.
  • Buat konten yang menarik.
  • Pelihara komunikasi yang baik dengan konsumen.
  • Terus lakukan evaluasi email marketing.

Baca juga: Tips Sukses Melakukan Email Marketing .

Nah itulah 6 tips digital marketing yang dapat membantu bisnis franchise kamu lebih unggul dari kompetitor. Sebagai agensi digital marketing yang kompeten, Whello memiliki jasa online marketing untuk bisnis franchise. Whello akan memberikan strategi online marketing yang tepat dan sesuai untuk bisnis franchise kamu, serta memastikannya agar berjalan dengan lancar, sehingga kamu dapat fokus menjalankan bisnis.

Ready to Grow?