Apa itu ARPU? Definisi, Contoh & Cara Menghitungnya! | Whello Indonesia

Manfaat Penting ARPU untuk Bisnismu

  • Sebagai Indikator Mengukur Kesehatan Bisnis
  • Mengevaluasi Strategi Monetisasi
  • Membandingkan Kinerja Perusahaan Dengan Kompetitior
  • Identifikasi Segmen Pelanggan
  • Membuat Kebutuhan Bisnis Lebih Baik
  • Merencanakan Pertumbuhan Pendapatan

Rumus ARPU

Rumus:

ARPU = Total Pendapatan/ Jumlah Pengguna

Contoh: 

Perusahaan A punya aplikasi game populer. Di bulan Mei, Perusahaan A berhasil meraih total pendapatan Rp500.000.000. Di bulan yang sama, jumlah pemain aktif yang menghasilkan pendapatan adalah 1.000.000 pengguna.

Maka:

ARPU = Total Pendapatan/ Jumlah Pengguna

ARPU = 500.000.000 / 1.000.000 = 500

Jadi, ARPU perusahaan A pada bulan Mei adalah 500, atau artinya perusahaan A menghasilkan Rp. 500 dari setiap penggunanya.

Kesimpulan

Average Revenue per User (ARPU) adalah metrik yang menunjukkan pendapatan rata-rata yang kamu hasilkan dari setiap pengguna atau pelanggan dalam periode tertentu. Ini penting banget karena jadi indikator kesehatan bisnismu, terutama yang berbasis langganan atau aplikasi.

ARPU memiliki banyak manfaat, mulai dari membantu kamu mengukur kesehatan bisnis, mengevaluasi strategi monetisasi, membandingkan kinerja dengan kompetitor, mengidentifikasi segmen pelanggan yang paling berharga, hingga membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan merencanakan pertumbuhan pendapatan di masa depan.

Masih bingung? Yuk, konsultasikan kebutuhan digital marketing kamu bersama Whello!

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Ingin Kesuksesan Lebih Besar?

Try our add-ons to dominate your niche.

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.

Jasa

Pembuatan Website

Dapatkan website profesional yang SEO-friendly untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?