Apa itu Nofollow Link? Definisi, Manfaat & Dampak SEO-nya

Gampangnya,

Kayak kamu lagi jalan-jalan, terus ada temanmu nunjuk satu jalan sambil bilang, “Eh, jangan lewat jalan itu ya, nggak ada apa-apa di sana.”

Nah, si nofollow ini fungsinya mirip kayak gitu. Dia “ngasih tau” crawler Google untuk nggak meneruskan otoritas atau nilai SEO dari halaman yang menempatkan link tersebut.

 

Manfaat Nofollow Link

  • Menghindari Penalti dari Google
    Google bisa “ngasih penalti” kalau kamu punya terlalu banyak link yang terlihat mencurigakan, apalagi yang sifatnya spam atau berbayar. Nah, dengan nofollow, kamu bisa menyertakan tautan seperti itu tanpa takut kena masalah.
  • Membangun Link Profile yang Natural
    Profil link website-mu itu harus kelihatan alami. Jadi, dengan mengkombinasikan antara dofollow dan nofollow, profil link-mu terlihat lebih organik dan nggak mencurigakan di mata mesin pencari.
  • Mengontrol Crawl Budget
    Dengan nofollow link di link-link yang nggak terlalu penting, kamu bisa “menghemat” crawl budget, jadi Google akan fokus nge-crawl halaman-halaman yang benar-benar kamu inginkan untuk di indeks dan di ranking.

Bagaimana Nofollow Link Mempengaruhi SEO?

  • Tidak Meneruskan Link Juice
    Ketika sebuah link diberi atribut ‘nofollow’, mesin pencari tidak akan menghitungnya sebagai “rekomendasi” dari website sumber ke website tujuan. Artinya, link tersebut tidak berkontribusi langsung pada peningkatan Domain Authority (DA) atau Page Authority (PA) website yang di-link.
  • Tidak Berdampak Langsung pada Ranking
    Karena tidak meneruskan link juice, nofollow link secara langsung tidak akan membantu ranking halaman tujuan di hasil pencarian.
  • Tetap Mendatangkan Traffic
    Nofollow link tetap bisa mendatangkan pengunjung ke website-mu. Traffic ini bisa mengirimkan sinyal positif ke Google bahwa kontenmu relevan dan berguna bagi pengguna. Pada akhirnya bisa berdampak tidak langsung pada performa SEO.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Nofollow Link

  • Konten Berbayar atau Bersponsor
    Setiap link yang kamu terima atau berikan karena adanya kompensasi (iklan, guest post berbayar, dan lain-lain.) wajib diberi atribut ‘nofollow’ atau ‘sponsored’. Ini untuk menjaga transparansi dan menghindari manipulasi ranking.
  • Konten Buatan Pengguna (UGC)
    Kamu tidak bisa sepenuhnya mengontrol kualitas dan niat dari link yang dibuat oleh pengguna lain. Makanya, dengan memberi atribut ‘nofollow’ kamu bisa mencegah spam dan link berkualitas rendah mempengaruhi website-mu.
  • Link ke Website yang Kurang Terpercaya atau Tidak Relevan
    Kalau kamu terpaksa harus link ke sumber yang kredibilitasnya diragukan, atau ke website yang kurang relevan dengan niche-mu, Menggunakan nofollow bisa melindungi reputasi dan otoritas website-mu sendiri.

Kesimpulan

Nofollow Link adalah atribut penting yang memberitahu mesin pencari untuk tidak meneruskan link juice.

Meskipun tidak secara langsung meningkatkan ranking, nofollow link punya manfaat besar dalam menghindari penalti Google. Selain itu, tautan ini juga membantu membangun profil link yang natural dan mengontrol crawl budget.

Untuk beberapa kasus, kamu wajib menggunakan nofollow untuk menjaga kesehatan SEO website-mu. Jadi, wajib untuk paham kapan dan bagaimana menggunakan nofollow dalam strategi digital marketing.

Kalau masih bingung dalam mengoptimasi website, kamu bisa menggunakan jasa seo, lho!

Apapun tujuan brand kamu, Whello siap membantu!

Ingin Kesuksesan Lebih Besar?

Try our add-ons to dominate your niche.

Jasa

Google Ads

Percepat pertumbuhan bisnismu dengan iklan berbayar yang efektif.

Jasa

Pembuatan Website

Dapatkan website profesional yang SEO-friendly untuk membantu menaikkan peringkat di Google.

Jasa

Social Media Ads

Jangkau audiens yang lebih luas melalui iklan di platform media sosial.
damar lingkaran besar damar atas

Damar Anggoro

Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?

Kapan kamu bisa dihubungi?(Required)

Ready to Grow?