Bagaimana Google Menentukan Peringkat Website-mu?
Meskipun Google tidak pernah merilis daftar resmi semua faktor yang mempengaruhi ranking, dan algoritmanya dijaga sangat ketat sehingga mustahil mengetahui seluruh detailnya, tetap saja ada beberapa faktor yang secara umum berkontribusi terhadap peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, seperti:
-
Kualitas Konten & Relevansi
Relevansi konten dan kualitas konten adalah beberapa faktor ranking SEO yang dikonfirmasi oleh Google. Kontenmu harus benar-benar relevan dengan search intent pengguna, memberikan informasi yang lengkap, akurat, dan bermanfaat.
-
E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)
Ini sangat krusial, terutama untuk topik YMYL (Your Money Your Life). Google ingin memastikan kontenmu dibuat oleh orang yang berpengalaman, ahli, punya otoritas di bidangnya, dan yang paling penting: bisa dipercaya.
-
Backlinks
Backlinks berperan sebagai “suara” dari halaman lain, dan secara historis, ini adalah cara paling kuat untuk mendapatkan ranking lebih tinggi. Jadi, semakin banyak dan berkualitas backlinks yang kamu miliki, semakin tinggi otoritas website-mu di mata Google.
-
Technical SEO
Ini adalah hal-hal “di balik layar” website-mu yang memastikan Google bisa dengan mudah merayapi (crawl) dan meng-index kontenmu. Website yang ramah pengguna, cepat, dan mudah diakses dari ponsel cenderung mendapat ranking lebih tinggi.
-
Pengalaman Pengguna
Konten yang menarik pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktu di halaman, berbagi informasi, dan kembali lagi ke situs, semuanya berkontribusi pada kinerja pencarian yang lebih baik.
-
Otoritas Domain & Halaman
Menurut Moz, ini adalah faktor non-langsung yang terkait dengan kualitas backlink dan E-E-A-T secara keseluruhan.
Kesimpulan
Ranking SEO adalah posisi website-mu di hasil pencarian Google, yang sangat mempengaruhi kemungkinan website-mu di klik. Meskipun algoritma Google dijaga ketat, ranking ini ditentukan oleh berbagai faktor kunci.
Faktor-faktor utama termasuk kualitas konten dan relevansi dengan search intent, penerapan prinsip E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness), kualitas dan kuantitas backlinks, Technical SEO yang baik, serta pengalaman pengguna yang positif dan otoritas domain & halaman website-mu.
Kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan untuk optimasi performa website, kamu bisa menggunakan jasa SEO, lho!