Saat berjualan menggunakan Facebook dan Instagram, kebanyakan pemilik bisnis juga bertanya, apakah bisnis saya juga membutuhkan website? Apakah website benar-benar penting bagi bisnis saya? Apakah ada dampak khusus dengan menggunakan website terhadap bisnis saya?
Banyak perusahaan maupun pemilik bisnis masih ragu untuk membuat website, biasanya keraguan tersebut dikarenakan belum sadarnya mereka akan manfaat dari memiliki sebuah website itu sendiri.
Padahal website memberikan berbagai dampak positif terhadap bisnis online kamu. Website membantu meningkatkan kredibilitas konsumen terhadap bisnis kamu, menjadi media promosi yang efektif, menjangkau target pasar yang lebih luas, dan masih banyak yang lain.
Artikel ini akan menjelaskan alasan-alasan mengapa kamu harus membuat website.
Daftar isi
10 Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Website
Saat ini, dunia bisnis semakin didominasi oleh kehadiran digital. Semua bisnis, baik besar maupun kecil, harus beradaptasi dengan tren teknologi terkini agar tetap relevan dan bersaing di pasar global. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keberadaan digital bisnis kamu adalah dengan membuat website.
Membuat website memiliki banyak alasan yang kuat dan relevan, terutama di era digital saat ini. Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk membuat website:
1. Menampilkan Informasi yang Lebih Lengkap
Website bukan hanya platform yang digunakan sebagai media penjualan secara online. Website juga bisa menampilkan berbagai informasi yang lebih lengkap dibandingkan platform online lainnya (media sosial misalnya).
Kamu bisa membuat berbagai informasi yang lengkap yang mungkin dibutuhkan oleh calon konsumen sebelum melakukan pembelian.
2. Meningkatkan Kredibilitas
Di era digital ini, banyak orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah produk atau jasa. Apabila bisnis kamu mempunyai website, maka calon pelanggan bisa mencari informasi mengenai bisnis kamu dan beranggapan bisnis kamu dapat dipercaya.
Kredibilitas atau kepercayaan pelanggan akan meningkat karena mereka bisa melihat berbagai informasi mengenai bisnis kamu dari website yang kamu buat.
3. Sebagai Media Promosi yang Efektif
Website dikatakan sebagai media promosi yang efektif karena dapat “bekerja” selama 24 jam penuh. Website juga bisa diakses dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun. Kamu bisa menargetkan calon konsumen yang kamu inginkan sesuai target bisnis kamu dengan tepat.
Bahkan ketika kamu sedang bepergian atau tidur sekalipun, website bisa memproses transaksi jual beli secara otomatis. Nah, website menjadi media promosi yang efektif kan?
4. Mencapai Target Pasar yang Lebih Luas
Mengingat website yang bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun, tentu ini menjadi kesempatan kamu untuk mencapai target pasar yang lebih luas. Bukan hanya target pasar yang berada di daerah domisili tempat tinggal kamu, kamu juga bisa menjangkau target pasar ke luar daerah domisili, bahkan luar negeri.
5. Meningkatkan Volume Penjualan
Website menjadi peluang besar untuk meningkatkan kepuasan konsumen, misalnya dengan menambahkan fitur online chat, formulir pembelian, serta FAQ (Frequently Asked Questions) yang bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen mengenai bisnis kamu.
Jika konsumen merasa puas, sangat memungkinkan untuk mereka melakukan konversi (pembelian). Belum lagi mereka juga akan merekomendasikan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada kerabat atau teman terdekat.
6. Meningkatkan Pelayanan pada Konsumen
Setiap bisnis memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ada bisnis yang menjual produk yang ramah lingkungan dan berbagi tips mengenai cara mendaur ulang. Atau bisnis kamu bergerak dibidang financial dan ingin memberikan tips atau cara pembukuan keuangan yang efektif kepada konsumen.
Nah, website memungkinkan kamu untuk membuat menu (fitur) yang berisi halaman tanya jawab, menulis blog (article), hingga memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan konsumen.
Itu artinya kamu telah memberikan pelayanan yang sangat baik kepada konsumen dan membuat mereka selalu up to date.
7. Media untuk Menunjukkan Produk
Selain media informasi yang lebih lengkap, website juga bisa dijadikan sebagai media untuk menunjukkan produk secara detail kepada banyak orang. Apapun jenis bisnis kamu, kamu bisa menunjukkan testimoni atau galeri foto mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Ini juga akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, serta menunjukkan hal yang membuat produk kamu berbeda dengan kompetitor.
8. Meningkatkan Perkembangan Bisnis
Website memungkinkan konsumen untuk memberikan review atau rate setelah menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Melalui review atau rate yang mereka berikan bisa menjadi bahan untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.
Contohnya seperti meningkatkan kualitas produk yang memiliki rate yang rendah, atau meningkatkan pelayanan yang lebih baik jika ada konsumen yang memberikan review yang kurang baik.
9. Menghemat Waktu
Memberikan informasi kepada setiap konsumen tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Baik itu melalui telepon, chatting, maupun bertemu secara langsung.
Melalui website, kamu dapat memberikan informasi yang lengkap mengenai produk atau jasa kamu. Setelah website selesai dibuat dan dijalankan, semua informasi akan tersedia untuk banyak orang. Sehingga kamu bisa menghemat banyak waktu untuk melakukan hal lain.
10. Membuat Website itu Murah
Dengan segala manfaat yang diperoleh dari memiliki website yang sudah disebutkan diatas, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk menyiapkan budget membuat sebuah website profesional untuk bisnis kamu. Sebenarnya membuat website itu cukup murah kok.
Coba kamu hitung, berapa biaya yang kamu butuhkan untuk membuat atau menyewa sebuah bangunan kantor atau toko untuk menjalankan bisnis kamu? Belum lagi kamu harus membuat promosi agar produk dikenal banyak orang, membayar karyawan, membayar biaya operasional kantor atau toko. Jika dibandingkan dengan pembuatan website bisnis untuk mempromosikan bisnis kamu, tentu akan jauh lebih murah.
Tertarik Membuat Website?
Membuat website juga bisa dilakukan sendiri. Atau jika kamu ragu melakukannya sendiri, banyak agensi digital marketing yang menyediakan jasa pembuatan website.
Salah satunya Whello, kamu tidak perlu khawatir mengenai desain, promosi dan cara menjalankan website kamu. Whello mempunyai berbagai penawaran menarik yang siap membantu kamu untuk mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa memilih paket pembuatan website sesuai dengan budget yang kamu miliki. Segera hubungi contact center Whello untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.
Berapa biaya rata-rata untuk membuat sebuah website bisnis?
Biaya pembuatan website bisnis bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kompleksitas desain, fitur yang diperlukan, dan penyedia hosting yang dipilih. Secara umum, biaya pembuatan website bisa berkisar dari beberapa ratus ribu hingga jutaan.
Apakah saya perlu mengerti pemrograman untuk membuat website?
Tidak harus. Dengan platform website seperti WordPress, kamu dapat membuat website tanpa perlu memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam. Platform tersebut menyediakan alat yang mudah digunakan untuk membangun website tanpa kode.
Berapa lama proses pembuatan website biasanya berlangsung?
Lama proses pembuatan website tergantung pada kompleksitas dan ukuran website yang diinginkan. Website sederhana mungkin bisa selesai dalam beberapa hari, sementara website yang lebih kompleks bisa memakan waktu beberapa minggu.
Apakah saya bisa mengubah konten website setelah website tersebut di-publish?
Tentu saja! Setelah postingan website di-publish, kamu dapat dengan mudah mengedit dan memperbarui konten kapan pun diperlukan. Platform website umumnya menyediakan panel administrasi yang memudahkan untuk melakukan perubahan.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!