Cara Mempercepat Loading Website Menggunakan AMP pada WordPress

1 menit

AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan suatu halaman website yang didesain khusus untuk memaksimalkan kecepatan website jika diakses pada mobile.

Kecepatan akses website biasanya ditandai dengan lama loading ketika diakses. Neil Patel mengatakan dalam blognya, 73% pengguna mobile akan meninggalkan website ketika loading time yang lama (lebih dari 2 detik).

Maka dari itu, memperhatikan kecepatan akses website merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan, terutama ketika diakses pada mobile. Dengan kecepatan website yang baik, tentunya dapat membantu menambah trafik website serta menaikkan rangking website kamu pada mesin pencari. Untuk mewujudkan hal ini, kamu dapat menggunakan AMP.

AMP juga sangat didukung oleh mesin pencari, seperti Google. Sehingga banyak perusahaan besar di Indonesia yang juga menggunakan AMP, seperti Liputan 6, Kompas, Tribun News, dan lain-lain.

Keuntungan Menggunakan AMP:

Ada 3 keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan AMP. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Waktu Loading Lebih Cepat

Ketika kamu membuat konten yang berkualitas, namun tidak banyak yang membaca konten tersebut? Salah satu penyebabnya adalah karena loading website kamu yang lama, terutama ketika diakses melalui mobile.

Sebagai pengunjung website, tentunya mereka menginginkan website yang memiliki loading yang cepat. Oleh karena itu, dengan AMP kamu dapat meningkatkan loading website menjadi lebih cepat.

2. Meningkatkan Rangking Website

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 1 (Waktu Loading Lebih Cepat) disebutkan bahwa dengan loading website yang cepat dapat membuat banyak pengunjung website mengunjungi website kamu.

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang datang mengunjungi website kamu, maka website kamu akan mendapatkan penilaian yang baik di mata Google dan menaikkan rangking website.

3. Visibilitas Website yang Tinggi

Google menampilkan hasil yang berbeda pada website atau halaman website yang menggunakan AMP. Biasanya akan muncul tanda “petir” pada bagian kanan nama domain website. Hal ini menandakan bahwa halaman tersebut menggunakan AMP untuk mempercepat loading website.

Berikut contohnya seperti gambar dibawah ini:

Bagaimana Cara menggunakan AMP pada WordPress?

Untuk menggunakan AMP pada wordpress, maka kamu dapat menggunakan plugin “AMP”. Kemudian kamu tinggal menginstall plugin tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Buka dashboard wordpress, pilih menu “Plugin” dan klik “Add New”. Kemudian ketikkan “AMP” pada kolom pencarian plugin, setelah menemukan plugin tersebut, klik “Install Now” untuk menginstall plugin.

Lihat pada gambar di bawah ini:

b. Setelah menginstall plugin AMP, kemudian masuk ke menu “Appearance” dan klik “AMP”. Disini kamu mengatur tampilan AMP kamu.

Berikut contohnya pada gambar di bawah:

c. Pastikan AMP Bekerja di Website Kamu

Setelah melakukan instalasi plugin AMP dan mengatur tampilan AMP (style desainnya, pastikan lagi AMP dapat bekerja dengan baik pada website kamu. Caranya dengan menambahkan “/amp” di akhir link halaman kamu.

Misalnya seperti contoh di bawah:

Jika tampilan website kamu muncul dengan tampilan minimalis, itu artinya kamu sudah berhasil menginstall plugin AMP, dan loading website kamu akan berjalan lebih cepat.

Itulah cara mengoptimalisasi SEO menggunakan AMP pada wordpress. Sangat mudah bukan? Jika kamu mengalami permasalahan ketika melakukannya. Kita bisa sharing di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *