Crawling budget merupakan hal yang sangat penting untuk website bisnis, terutama untuk situs web bisnis besar yang sudah memiliki banyak halaman. Karena percuma punya jutaan konten dan halaman, tapi indexing Google justru masih buruk. Oleh karena itu, Anda wajib pelajari tips optimasi crawling budget berikut ini!
Pentingnya Mempelajari Crawling Budget
Pernahkah Anda bertanya kenapa perlu SEO untuk bisnis Anda? Apa hubungan crawling dan juga SEO? Lalu, kenapa mempelajari crawling penting untuk bisnis? Jawabannya sangat simpel, hal tersebut bisa sangat berpengaruh untuk bisnis karena pengaruh dari kemajuan teknologi.
Karena di era digital seperti sekarang ini, mengharuskan semua bisnis untuk mengikuti arus dan perkembangan zaman. Salah satu opsi terbaik untuk bisnis adalah mengembangkan website dengan optimasi crawl budget yang terdukung dengan berbagai konten SEO yang berkualitas.
Pada dasarnya crawling budget adalah total URL atau halaman dari website yang mendapatkan perhatian dari mesin pencarian Google. Nantinya, SERP (Search Engine Result Page) akan melakukan crawling pada website yang sudah terindeks oleh Google.
Jadi, bisa Anda simpulkan bahwa, semakin banyak URL yang bersahabat dengan SERP, maka akan semakin besar pula website Anda jadi top rekomendasi oleh mesin pencarian Google. Oleh karena itulah, mempelajari tips optimasi crawling budget bisa jadi solusi terbaik untuk meningkatkan ranking website Anda!
Sayangnya, fakta yang terjadi malah sebaliknya. Banyak bisnis yang mengembangkan website acuh terhadap kapasitas crawling budget pada situsnya. Sehingga banyak pebisnis yang mengacuhkan optimasi crawling budget yang membuat website stuck dan kalah dengan web kompetitor.
Tips Optimasi Crawling Budget
Melihat peranan optimasi crawling budget untuk bisnis, ada baiknya Anda mempelajari beberapa tips di bawah ini:
1. Membuat Website yang Lebih Ramah Pengguna
Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah membuat website Anda lebih ramah pengguna. Sehingga pengguna dan tentunya mesin Google akan lebih bersahabat pula dengan website Anda. Membuat website settle dengan memperbaiki semua error dan bug juga cukup penting.
Hal tersebut berkaitan erat dengan pengalaman pengunjung, terutama dari timing jelajahnya pada website yang Anda kembangkan. Pastikan juga bahwa semua tautan sudah sesuai ke halaman yang ingin Anda arahkan. Misal, tombol “lihat lebih lanjut” sudah mengarah ke artikel secara lengkap bukan malah kembali ke halaman utama.
2. Kelola Akses Crawling melalui Robot.txt
Tips optimasi crawling budget berikutnya adalah melakukan penyesuaian akses dengan mengelola robot.txt pada website yang Anda kelola. Melalui tools tersebut, Anda bisa melakukan penyesuaian halaman mana saja yang bisa pengunjung akses dan juga tidak. Hal tersebut juga berlaku untuk sistem pencarian dari SERP.
Karena pada dasarnya SERP akan melakukan perayapan sebelum melakukan indexing. Oleh karena itu, Anda memerlukan semacam satpam yang menjaga akses dari para tamu. Sehingga Google akan lebih mudah memahami aturan dari website Anda, sekaligus menerjemahkan dan menyampaikannya pada calon audiens Anda.
3. Membuat dan Mengelola Sitemap
Agar proses indexing dari Google lebih mudah dan cepat selesai, Anda perlu membantu proses crawling dengan membuat dan mengelola sitemap. Mudahnya, sitemap adalah peta yang membantu SERP untuk merayapi setiap halaman dalam website. Ketikan menerapkan tips ini, proses perjalanan crawling akan lebih cepat.
Anda juga harus melakukan updating sitemap secara rutin, baik secara manual maupun menggunakan bantuan tools SEO marketing. Sehingga Google bisa tahu apa saja aktivitas website Anda, sekaligus bisa berkenalan dengan halaman-halaman baru yang akan Anda index.
4. Jangan Acuh dengan Redirect Chains
Tips optimasi crawling budget yang tak kalah penting lainnya adalah website besar tidak dapat terhindar dari redirect chain 301 dan juga 302. Karena bukan tidak mungkin jika sebuah URL dari ribuan halaman yang Anda kelola mengalami kerusakan dan harus Anda alihkan pada halaman lain.
Sehingga Anda perlu memberikan peringatan para Google dan juga para pengunjung, dengan mengelola code status redirect 301 (pengalihan permanen) dan juga 302 (pengalihan sementara). Hal tersebut juga membantu SERP untuk tidak mengklasifikasikan halaman serupa, sebagai halaman yang sudah tak ternilai.
5. Gunakan Backlink Internal Untuk Membuat Lalu Lintas Organik
Salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan traffic sebuah URL adalah membuat tautan internal link yang tepat dan sesuai dengan konteks pada artikel konten. Anda bisa menggunakan bantuan anchor text yang menjual atau kata asing pada artikel. Sehingga dapat Anda kaitkan dengan URL yang ingin Anda tingkatkan.
Anda juga perlu menambahkan tag robot yang diperlukan, serta melakukan penyesuaian ulang pada sitemap web yang Anda kelola. Semakin besar attention SERP dan juga audiens, pastinya akan membantu bisnis Anda untuk makin berkembang.
6. Kelola Konten Secara Berkala
Anda harus memperhatikan setiap konten dan memilahnya menjadi beberapa kategori. Khusus untuk URL yang memiliki lalu lintas tinggi maupun berpotensi, Anda bisa melakukan iklan maupun backlink organik untuk meningkatkan lalu lintasnya.
Namun, jika Anda mendapati ada halaman dengan performa yang buruk atau sudah tidak Anda perlukan lagi, maka Anda bisa menghapusnya saja. Tips optimasi crawling budget ini berguna untuk mengurangi beban website yang memengaruhi page load times pada saat indexing.
7. Membuat Artikel SEO Berkualitas
Selain 6 cara sebelumnya, ada satu tips optimasi yang paling penting, yaitu membuat artikel SEO berkualitas. Hal tersebut pastinya berkaitan dengan tata cara penulisan yang menganut dukungan penuh SEO pada URL Anda.
Tak hanya itu, artikel SEO juga harus menghindari plagiarisme. Satu hal yang perlu Anda tahu, sistem pencarian Google sangat membenci duplikasi. Sehingga Anda harus membuat sesuatu yang original.
Sudah Tahu Tips Optimasi Crawling Budget yang Efektif?
Nah, itulah beberapa tips optimasi crawling budget baik untuk website kecil maupun besar. Selain melakukan optimasi mandiri, Anda juga bisa menggunakan bantuan agensi. Salah satu contohnya adalah jasa SEO Whello. Karena dengan bantuan profesional, peluang website mendapatkan ranking 1 akan lebih besar.
Apa itu Crawling Budget?
Pada dasarnya crawling budget adalah adalah jumlah URL yang mendapatkan perhatian dari mesin pencarian Google.
Apa yang memengaruhi crawl dari SERP?
Faktor utama dari proses crawl adalah formula pembentuknya, yaitu crawl rate limit (jumlah maksimum pengaksesan) dan juga crawl demand (permintaan indexing). Selain itu, kondisi kesehatan web dan juga kualitas konten juga berpengaruh.
Mengapa optimasi crawling budget penting untuk bisnis?
Pada dasarnya, semakin besar URL yang dikenali Google akan semakin meningkatkan peluang website muncul di rekomendasi utama. Jadi, dengan traffic yang meningkat, peluang konversi juga akan semakin besar.
Seberapa penting crawling budget untuk sebuah website?
Cara kerja SERP adalah berdasarkan crawling-indexing-serving (ranking). Sehingga sudah jelas bahwa optimasi crawling budget tidak bisa Anda sepelekan jika ingin mendapatkan ranking tinggi.