7 Trend Desain Website yang Akan Mendominasi di Tahun 2020

4 menit

Desain (tampilan) merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah website. Desain website menggambarkan karakteristik sebuah brand dan memberikan kesan sebuah brand terhadap pengunjung website.

Bukan hanya itu, desain website juga dapat mempengaruhi kenyamanan pengguna ketika berada di website. Dengan desain yang menarik dan mudah digunakan, akan membuat mereka betah berlama-lama di website kamu.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tren desain website selalu mengalami perubahan dan perkembangan setiap tahun. Para web designer juga terus menciptakan teknik-teknik baru untuk menghasilkan desain website yang menarik, unik, dan powerfull.

Lalu apa saja tren desain website di tahun 2020? Berikut penjelasannya:

1. Dark Mode

Dark mode (mode gelap) adalah sebuah fitur website yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tema warna menjadi warna hitam (gelap). Dark mode membuat website kamu terlihat lebih modern dan nyaman untuk dilihat, terutama ketika website diakses pada OLED screen.

Dark mode juga membuat elemen yang terdapat pada website menjadi lebih menonjol, seperti navigator, sidebar, CTA dan lain-lain.

Berikut salah satu contoh website yang menyediakan dark mode:

2. Penggunaan Elemen 3D

Pada tahun 2020 kamu akan melihat banyak desain website yang menggunakan elemen 3D, baik itu desain statis, animasi, maupun interaktif. Elemen 3D adalah sebuah elemen yang diciptakan dalam ruang digital 3 dimensi. Konsep dari elemen 3D sendiri yaitu sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang.

Penggunaan elemen 3D akan membuat objek pada website kamu terlihat lebih menarik dan lebih nyata. Dibawah ini salah satu contoh desain website yang menggunakan elemen 3D.

Design by: Pinch Studio

3. Menggunakan Skema Warna Luminous

Warna merupakan hal penting dan unik dalam dunia desain visual. Warna tidak memiliki bentuk, simbol ataupun ukuran untuk menyampaikan pesan. Tetapi warna mampu mempengaruhi pikiran dan suasana hati orang yang melihatnya.

Dalam desain website, skema warna menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Salah satu skema warna yang menjadi tren desain website di tahun 2020 yaitu skema warna luminous.

Skema warna luminous adalah skema yang menghasilkan warna terlihat lebih bercahaya (bersinar). Melalui skema warna ini, website kamu akan terlihat lebih unik dan powerfull.

Kamu bisa melihat contohnya pada gambar berikut:

Design by: MercClass

4. Memadukan Foto dan Ilustrasi

Foto atau gambar merupakan sarana komunikasi visual yang kuat karena dapat menggambarkan ribuan kata (pesan yang ingin disampaikan). Sedangkan ilustrasi diartikan sebagai sesuatu yang unik dan menarik.

Nah dengan memadukan foto dengan sebuah desain ilustrasi yang menarik, artinya kamu menyampaikan sebuah pesan pada website dengan cara yang unik dan menarik perhatian pengunjung website.

Untuk menghasilkan perpaduan yang unik dan menarik, kamu harus mencocokkan gaya ilustrasi dengan gambar yang kamu gunakan. Berikut salah satu contoh perpaduan foto dan ilustrasi yang cukup menarik:

Design by: Ashish Rai

5. Gunakan White Space (Ruang)

White space adalah suatu jarak yang memisahkan suatu elemen dengan elemen lain. Dengan menambahkan white space membantu pengguna website memahami isi website. Selain itu, membuat tampilan website kamu menjadi lebih rapi dan minimalis.

Meskipun disebut “white space”, tetapi bukan berarti ruang yang kosong tersebut harus diisi dengan warna putih. White space dapat diisi dengan warna apapun asalkan bebas dari elemen-elemen yang ada pada website seperti teks, gambar, dan sebagainya.

Contoh penggunaan white space yang paling familiar adalah Google. Homepage google penuh dengan spasi sehingga kamu bisa fokus pada kolom pencarian.

Dan dibawah ini contoh desain website yang juga menggunakan white space:

Design by: Malzi

6. Ekspresif

Ekspresif disini maksudnya adalah desain yang mengekspresikan berbagai gaya secara bebas, namun memiliki makna. Misalnya gambar yang ditampilkan jarang ditemukan pada website lain, begitu juga dengan font, warna, dan tata letak yang asimetris.

Hal ini menjadi salah satu cara untuk membuat website kamu lebih menonjol dan unik daripada desain website orang lain. Tren ini juga sudah mulai dikenal publik, di tahun 2020 diperkirakan juga menjadi tren desain website terbaru.

Kamu bisa melihat contohnya pada gambar berikut:

 

Design by: SixDesign

7. Menggunakan Video Background

Penggunaan video background sebenarnya sudah menjadi sebuah trend pada tahun sebelumnya. Dan pada tahun ini, trend ini akan terus digunakan oleh para designer website. Karena dengan menerapkan konsep seperti ini tampilan website akan semakin dinamis dan tentunya tidak bosan untuk dilihat oleh pengguna.

Berikut contoh video background untuk sebuah website:

Design by: Zhenya Rynzhuk

Itulah 7 desain website yang akan menjadi trend pada tahun 2020. Dalam menentukan desain website yang akan kamu gunakan, kamu juga harus menyesuaikan desain dengan karakteristik brand (bisnis) kamu. Jika kamu kesulitan atau bingung dengan desain website yang akan kamu gunakan, kamu bisa meminta bantuan Whello. Whello adalah salah satu agensi digital marketing yang menyediakan jasa pembuatan website dengan tim developer pembuatan website dan website designer yang sudah berpengalaman serta profesional dalam bidang mereka masing-masing. Jangan khawatir, hubungi kontak whello sekarang.

Semoga bermanfaat.

0

Tutorial Wordpress

Baca artikel tutorial wordpress lainnya dalam bahasa Indonesia hanya di Whello.

Baca selengkapnya

Mau Buat Website?

Ingin punya tim SALES yang bisa bekerja 24 jam secara otomatis untuk menjual produk kamu? Website lah jawabannya!

Hubungi kami


Design Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *