Dalam memasarkan produk atau jasa secara online, Google memberikan sertifikat kepada sebuah bisnis (perusahaan) yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan untuk menjadi mitra Google.
Perusahaan yang mendapatkan sertifikat ini dinyatakan sebagai perusahaan yang dipercaya Google dalam menangani klien (customer) mereka. Hal ini tentunya juga akan memberikan kepuasan kepada para pebisnis dalam mempromosikan bisnis mereka menggunakan layanan Google.
Apakah bisnis kamu layak mendapatkan sertifikat Google Partner? Kita akan membahas beberapa hal mengenai Google Ads dibawah ini.
Daftar isi
Apa Itu Google Partner?
Google Partner adalah program pemasaran yang disediakan Google bagi agensi digital marketing, pemilik bisnis, ataupun pihak ketiga yang mengelola Google Ads untuk para klien mereka.
Google partner tidak berhubungan dengan Search Engine Optimization (SEO), Google Adsense, Gmail, Google Analytics, serta yang lainnya, terkecuali Google Ads tentunya.
Bagi perusahaan yang mendapatkan sertifikat Google Partner, Google juga menyediakan materi edukasi khusus mengenai periklanan Google. Masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika bisnis kamu menjadi salah satu bagian dari mitra bisnis Google.
Manfaat Google Partner
Berikut 4 manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mendapatkan sertifikat Google Partner.
1. Meningkatkan Kepercayaan (Kredibilitas)
Untuk bergabung dengan mitra Google bukan hal yang mudah, kamu harus mampu memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Google. Mengikuti beberapa ujian sertifikasi, memiliki pembelanjaan iklan dengan jumlah yang telah ditetapkan oleh Google (US$10.000/90 hari terakhir). Serta memiliki performa perusahaan yang bagus.
Nah jika kamu berhasil melakukannya, artinya kamu bisa membuktikan pengalaman, keahlian, dan kinerja perusahaan kamu kepada banyak orang dan membuat klien percaya dengan bisnis kamu.
2. Mendapatkan Informasi Terbaru Mengenai Google Ads
Google selalu melakukan perubahan algoritma Google Ads, hal ini tentunya akan menuntut kamu mengikuti perubahan-perubahan tersebut untuk mendapatkan hasil iklan secara maksimal.
Setelah bergabung dengan mitra Google, kamu akan mendapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Google Ads. Google akan mengadakan berbagai pelatihan dan ujian sertifikasi yang dapat kamu ikuti.
3. Membantu Kamu Menyelesaikan Berbagai Masalah Iklan
Saat membuat (menjalankan) iklan, mungkin ada berbagai masalah yang akan muncul. Bisa saja iklan kamu dapat diserang malware yang dapat menghabiskan banyak waktu dan budget.
Tetapi melalui mitra Google, kamu akan dibantu menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut dengan cepat dan biaya yang lebih kecil. Tentunya ini akan menghemat waktu dan pengeluaran kamu kan?
4. Terhubung Dengan Google
Ada banyak perusahaan yang mencoba menghubungi (menjalin koneksi) dengan Google, misalnya untuk menangani berbagai masalah atau meminta bantuan. Namun jarang sekali yang berhasil.
Ketika kamu bergabung dengan mitra Google, kamu memiliki akses langsung dengan Google. Google akan menyediakan tim yang bisa membantu kamu. Kamu juga dapat mengakses penawaran promosi Google Ads untuk klien kamu dengan mudah.
2 Tipe Sertifikat Google Partner
Dalam Google Partner, ada 2 tipe sertifikat yang akan diberikan
Badge Partner Google.
Badge Partner Google Premier.
Kamu bisa melihat perbedaannya pada tabel dibawah.
Kriteria | Badge Partner Google | Badge Partner Google Premier |
---|---|---|
Profile Perusahaan | Membuat dan melengkapi profil perusahaan, perusahaan kamu harus memiliki website dan akun admin AdWords. | Membuat dan melengkapi profil perusahaan, perusahaan kamu harus memiliki website dan akun admin AdWords. |
Performa Perusahaan | Perusahaan kamu telah memenuhi kriteria performa yang telah ditentukan oleh Google, berikut kriterianya:
|
Perusahaan kamu telah memenuhi kriteria performa yang telah ditentukan oleh Google, berikut kriterianya:
|
Sertifikasi | Pastikan ada 1 orang memiliki sertifikasi Adword dan memberikan informasi akun Academy for Ads. | Pastikan ada 2 orang memiliki sertifikasi Adword dan memberikan informasi akun Academy for Ads. |
Pembelajaran | Memenuhi persyaratan pembelanjaan sebesar US$10.000 di seluruh akun terkelola untuk menunjukkan bahwa perusahaan kamu cukup aktif. | Memenuhi persyaratan pembelanjaan lebih dari US$10.000 di seluruh akun terkelola untuk menunjukkan bahwa perusahaan kamu cukup aktif. |
Cara dan Syarat Menjadi Google Partner
Setiap orang berhak bergabung dengan mitra Google, tetapi untuk mendapatkan badge partner Google atau badge partner Google premier, ada beberapa syarat (kriteria) Google yang harus kamu penuhi.
1. Daftar di Google Partner
Sebelum mendaftar di Google Partner, kamu harus memiliki akun Google Manager terlebih dahulu. Kemudian daftarkan perusahaan dan nomor akun kamu pada halaman pendaftaran Google Partner .
2. Ujian Sertifikasi
Setelah mendaftar di Google Partner, langkah selanjutnya yaitu mengikuti ujian sertifikasi.
Ada 2 ujian dari 6 ujian yang harus kamu ikuti yaitu Google Ads Fundamental, Google Ads Search, Google Ads Display Network, Google Ads Mobile, Google Ads Video, Google Ads Shopping.
Ujian ini perlu dilakukan minimal 1 tahun sekali, bisa kamu ikuti pada Academy for Ads.
3. Pembelanjaan Iklan
Google menerapkan besarnya anggaran pembelanjaan iklan minimal US$10.000 dalam waktu 90 hari untuk memastikan bahwa perusahaan kamu cukup aktif.
4 .Performa Perusahaan
Cara terakhir untuk menjadi Google Partner yaitu memenuhi ketentuan yang telah ditentukan oleh Google, serta menunjukkan performa perusahaan kepada Google. Biasanya Google akan menilai berdasarkan 4 kriteria berikut:
- Apakah klien kamu melakukan penambahan budget?
- Apakah klien tetap berlangganan dalam 12 bulan terakhir?
- Bagaimana pendapatan perusahaan kamu secara keseluruhan?
- Apakah jumlah klien kamu semakin meningkat?
Jika kamu memenuhi 4 kriteria di atas, biasanya kamu bisa menjadi bagian dari mitra bisnis Google.
Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Google Partner. Apakah Google Partner penting untuk bisnis kamu? Jawabannya sangat penting. Dan jika kamu menggunakan salah satu jasa agensi digital marketing, kamu juga perlu memperhatikan apakah agensi digital marketing tersebut merupakan Google Partner?
Misalnya Whello merupakan salah satu agensi digital marketing yang telah mendapatkan sertifikat Google Partner jenis Badge Partner Google Premier. Whello telah membantu dan dipercaya oleh klien mereka.
Kamu bisa melihat portofolio Whello atau langsung menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi secara gratis dengan salah satu team Whello yang telah berpengalaman dalam hal ini.
Semoga bermanfaat
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!