Email merupakan aspek yang sangat penting ketika kamu memulai sebuah bisnis. Penggunaan email saat ini bisa dianggap menjadi standar untuk komunikasi atau berkirim file secara formal. Untuk itu setiap pebisnis wajib mengetahui cara membuat email bisnis yang baik dan benar.
Email bisnis berbeda dengan email reguler yang biasanya digunakan untuk keperluan non-bisnis. Meski secara fungsi sama, tapi email jenis ini dianggap lebih professional dan membuat usaha kamu terlihat meyakinkan di mata konsumen. Berikut ini kami bagikan cara untuk membuat email bisnis.
Daftar isi
4 Cara Membuat Email Bisnis Profesional yang Mudah
Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat email bisnis. Berikut penjelasan selengkapnya :
1. Menggunakan cPanel
Jika kamu ingin mengetahui cara bikin email bisnis gratis, maka kamu bisa menggunakan layanan dari cPanel. Selain gratis, cara ini juga bisa dibilang merupakan cara yang paling mudah diantara cara-cara membuat email bisnis yang lainnya.
Akan tetapi sebelum kamu membuat email bisnis di cPanel, pastikan kamu sudah punya domain yang siap digunakan terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan domain gratis maupun berbayar. Berikut cara membuat email bisnis profesional menggunakan cPanel :
- Masuk ke dashboard cPanel dan pilih menu Email Accounts
- Klik Create yang menandakan bahwa kamu akan membuat email baru
- Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi semua data yang diperlukan. Di form inilah kamu harus memasukkan domain yang sudah kami sebutkan tadi
- Jika semua kolom input sudah diisi, selanjutnya silahkan klik tombol Create yang ada di bawah sampai pesan sukses berwarna hijau tampil. Ini tandanya pembuatan email kamu telah berhasil
- Selesai, email bisnis kamu sudah jadi sesuai dengan domain yang telah terdaftarkan sebelumnya.
Setelah email bisnis jadi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan email ini. Untuk memeriksanya, kamu bisa klik tombol Check Email, untuk mengubah pengaturan email bisa dilakukan melalui menu Manage.
Terakhir, kamu juga bisa menghubungkan dengan perangkat yang kamu miliki melalui fitur connect devices.
Walaupun pembuatan email bisnis di cPanel gratis dan terlihat sangat mudah, tapi ada kekurangan jika kamu menggunakan metode ini. Yakni adanya batasan penyimpanan 10 GB saja. Jumlah ini tentu saja cukup sedikit jika kamu menggunakannya untuk keperluan bisnis.
2. Menggunakan Zoho
Zoho adalah platform lain yang bisa kamu gunakan dalam cara membuat email bisnis kali ini. Sama seperti cPanel. Zoho juga menyediakan layanan untuk membuat email bisnis secara gratis. Tapi tetap, kamu harus memiliki domain dan hosting yang siap digunakan untuk bisa membuat email gratis.
Berikut ini tutorial cara membuat email untuk bisnis menggunakan platform Zoho :
- Buka website resmi Zoho dan pilih menu Email Bisnis
- Klik tombol Daftar Gratis
- Pilih paket yang kamu inginkan. Untuk membuat email bisnis gratis, maka pilih opsi Paket Gratis Selamanya
- Klik Daftar Sekarang di bagian bawah pilihan tersebut
- Pada langkah selanjutnya masukkan data-data yang diminta
- Jika sudah klik Sign Up
- Kamu akan menerima kode verifikasi dan masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom input yang tersedia
- Kemudian tambahkan domain yang sudah kamu miliki pada menu Add an existing domain dan klik Add Now
- Masukkan data-data domain dan informasi tentang bisnis kamu pada form yang tampil
- Jika sudah, klik Add
- Terakhir, lakukan verifikasi email dengan cara yang sudah disediakan.
3. Menggunakan Google Workspace
Cara yang juga cukup banyak dipakai untuk membuat email bisnis adalah dengan layanan yang telah disediakan oleh Google. Namanya adalah google Workspace. Perlu diketahui bahwa layanan ini berbayar dengan paket paling murah yang bisa diambil adalah $3 per bulannya.
Tapi jika kamu ingin mencobanya dahulu, kamu bisa menggunakan paket trial yang tersedia untuk 14 hari pertama. Nah, untuk mencobanya ikuti langkah berikut ini :
- Buka website resmi Google Workspace
- Klik opsi Start Free Trial untuk mencoba versi gratis (Trial)
- Masukkan data yang diperlukan seperti nama bisnis, jumlah karyawan, dan region dari bisnis yang sedang kamu jalankan
- Jika sudah, klik Next
- Selanjutnya isikan informasi kontak yang diperlukan sesuai dengan form yang diminta
- Masukkan nama domain dan lakukan konfirmasi nama domain tersebut
- Isikan username dan password Google kamu dan klik Agree and Continue.
- Selesai.
Kenapa Harus Email Bisnis?
Baik email bisnis dan email reguler fungsinya sama, yaitu untuk mengirim atau menerima email. Lalu kenapa harus menggunakan email bisnis? Berikut jawabannya :
1. Lebih Professional
Alasan pertama kenapa kamu harus mengetahui cara membuat email bisnis untuk usaha kamu adalah untuk membuat bisnis terlihat lebih professional. Dengan menggunakan email bisnis, perusahaan kamu akan dipandang lebih baik oleh orang lain.
Calon customer pun akan semakin yakin ketika kamu sudah menggunakan email bisnis dibandingkan masih menggunakan email reguler. Ini juga berlaku ketika kamu hendak merekrut karyawan. Calon karyawan akan lebih yakin ketika kamu menghubungi mereka menggunakan email bisnis.
2. Branding
Branding adalah hal penting ketika kamu memulai atau menjalankan sebuah bisnis. Menggunakan email bisnis adalah salah satu metode branding yang cukup efektif. Karena setiap email yang kamu gunakan, akan ada nama perusahaan atau bisnis kamu di sana.
Dengan cara seperti ini, akan ada lebih banyak orang mengenal perusahaan kamu. Ini akan berimbas positif terhadap perkembangan perusahaan.
3. Mewakili Perusahaan
Ketika kamu menggunakan email bisnis, maka secara tidak langsung kamu akan mewakili perusahaan tempat kamu bekerja. Ini akan membuat self branding kamu menjadi lebih profesional lagi.
Cara membuat email bisnis adalah sesuatu yang mudah karena tidak dibutuhkan skill tertentu. Tapi sangat direkomendasikan untuk menyiapkan sejumlah dana karena layanan email bisnis yang baik umumnya berbayar.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!