Feed Instagram adalah beranda atau halaman profile yang menampilkan foto dan video yang telah diunggah ke Instagram. Feed Instagram bisa dilihat saat seseorang mengunjungi halaman profile kamu.
Feed Instagram yang bagus dan menarik dapat meningkatkan jumlah pengikut (followers) dan juga meningkatkan jumlah like, comment, share hingga save.
Oleh karena itu, saat membuat postingan di Instagram, postingan tidak bisa asal-asal. Kamu bisa membuat dengan lebih rapi, konsisten, dan dengan strategi tertentu sehingga feed Instagram menjadi lebih menarik. Terlebih jika akun Instagram kamu digunakan untuk kebutuhan bisnis.
Mungkin kamu juga bisa melihat, salah satu alasan followers mengikuti Instagram seorang public figure, influencer, ataupun selebgram bisa jadi karena feed mereka yang rapi sehingga betah dilihat berkali-kali.
Nah, bagaimana cara membuat feed Instagram saya menjadi lebih bagus dan menarik perhatian banyak orang? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.
Daftar isi
1. Memilih Tema Postingan yang Menarik
Langkah pertama untuk membuat feed Instagram yang bagus dan menarik yaitu dengan memilih tema postingan. Pilih tema yang sesuai dengan niche dan personalitas kamu.
Dengan penggunaan tema foto yang konsisten akan menciptakan kesan tersendiri kepada followers dan menjadikan identitas brand kamu. Kamu juga akan lebih mudah dalam menghasilkan konten yang akan diunggah.
Ada banyak opsi tema yang bisa kamu pilih, diantaranya:
A. Minimalist
Minimalist menjadi salah satu tema dengan gaya sederhana, bersih, dan rapi. Untuk menerapkannya, perbanyak whitespace pada feed kamu untuk menciptakan calm effect.
B. Black and White
Tema black and white bisa digunakan bagi kamu yang yang ingin feed Instagram kamu terlihat lebih klasik. Tema postingan black and white merupakan timeless design sehingga tidak dianggap ketinggalan zaman.
C. Vintage
Vintage adalah tema postingan yang memberikan kesan antik dan elegan. Bisa kamu gunakan untuk vintage fashion atau vintage decor.
D. Checkerboard
Checkerboard merupakan tema postingan yang membuat postingan feed kamu tampak seperti checkerboard. Salah satunya yaitu dengan memposting quotes di antara foto atau video kamu.
E. Horizontal Lines
Sesuai dengan namanya, tema ini memanfaatkan aturan tiga baris horizontal Instagram untuk mempublikasikan tiga foto dengan warna maupun filter yang sama. Tema warna ini juga akan membuat feed Instagram kamu menjadi lebih menarik dan menunjukkan kesan konsistensi.
2. Gunakan Foto Terbaik
Setelah menentukan tema postingan, kamu juga perlu menggunakan foto dengan kualitas yang baik. Misalnya memiliki pencahayaan yang baik, sudut foto yang bagus, dan gaya foto yang menarik.
Untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang terbaik, kamu tidak perlu mempunyai kamera mirrorless atau DSLR. Cukup memaksimalkan penggunaan smartphone kamu punya, karena saat ini kebanyakan smartphone sudah memiliki kamera dengan kualitas baik.
3. Manfaatkan Filter
Filter juga merupakan salah satu bagian yang bisa kamu gunakan. Filter membuat foto atau video kamu menjadi semakin menarik dan meningkatkan estetika desain feed kamu.
Aplikasi Instagram sendiri menyediakan banyak filter bawaan yang bisa kamu gunakan, tetapi ada tools editor foto lain yang memungkinkan menggunakan berbagai filter sesuai kebutuhan.
Kamu bisa menggunakan beberapa tools dibawah ini.
A. VSCO
VSCO tidak hanya menyediakan koleksi filter yang menarik dan memungkinkan kamu untuk membuat filter sendiri.
B. A Color Story
A color story juga menyediakan berbagai filter dan effect untuk membuat desain feed lebih stylish dan lebih berkualitas. Tools ini menyediakan fitur Instagram Planning dan Custom Filter untuk menjaga konsistensi feed kamu.
C. Snapseed
Snapseed juga menyediakan beberapa tools untuk meningkatkan tampilan feed kamu dalam waktu yang singkat. Snapseed juga memiliki fitur custom filter yang bisa disimpan dan digunakan untuk foto selanjutnya.
D. Foodie
Jika kamu foto feed kamu merupakan foto atau video makanan/minuman, maka Foodie merupakan tools tepat yang bisa kamu gunakan. Tools ini dilengkapi dengan puluhan filter dan menawarkan fitur smart guide untuk membantu kamu mendapatkan angles dan pencahayaan yang optimal.
4. Pilih Skema Warna Terbaik
Menurut Semantic Scholar, warna merupakan salah satu elemen terpenting dari desain feed Instagram. Bagi sebuah brand, warna akan membantu lebih mudah dikenali oleh audiens serta meningkatkan konversi hingga 85%.
Maka dari itu, tentukan skema warna agar feed memiliki tone warna yang selaras. Untuk melakukannya, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut:
A. Gunakan Warna Sesuai Brand
Jika kamu menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan bisnis, kamu bisa menggunakan skema warna yang sesuai dengan brand bisnis kamu. Misalnya sesuai dengan warna logo.
Kamu dapat memanfaatkan Branding Color Quiz dari Grasshopper untuk mengetahui opsi warna terbaik yang merepresentasikan brand kamu.
B. Gunakan Warna Kesukaan
Dan jika kamu menggunakan Instagram untuk kebutuhan pribadi, kamu bisa memilih warna yang kamu sukai (warna favorit) untuk menciptakan tone warna pada feed Instagram.
C. Buat Tone Warna Dari Feed Yang Telah Kamu Publikasikan
Untuk menciptakan tone warna pada feed instagram, kamu bisa menggunakan warna yang sudah ada pada feed kamu sebelumnya. Untuk lebih memudahkan, kamu dapat menggunakan color palette generators (seperti Canva, My Insta Palette, atau Colordot).
5. Konsisten Dengan Background dan Border Foto
Terakhir, perhatikan pula background foto yang akan diunggah. Pilih foto yang memiliki latar belakang yang sederhana agar objek foto lebih menonjol di feed Instagram. Gunakan pula border yang sama pada setiap foto agar tampilan feed lebih konsisten.
Sudah Siap Membuat Feed Instagram yang Menarik?
Dengan konsistensi dalam tema, kreativitas dalam konten, dan perhatian terhadap detail estetika, kamu dapat menciptakan feed yang mampu menarik perhatian follower kamu. Jangan ragu untuk terus eksplorasi dan bereksperimen dengan ide-ide baru, serta memanfaatkan alat-alat kreatif yang tersedia untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik feed Anda.
Jika kamu kesulitan melakukannya sendiri, kamu bisa menggunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.
Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!