Facebook Ads merupakan salah satu media iklan yang digunakan oleh pengguna Facebook untuk mempromosikan bisnisnya. Bisnis mereka akan mudah dikenal banyak orang karena Facebook merupakan jejaring media sosial yang sudah lama digunakan dan dapat dijangkau oleh orang-orang di seluruh dunia.
Dan salah satu kelebihan Facebook Ads yang dapat memberikan manfaat terhadap bisnis kamu yaitu kamu dapat membuat iklan yang lebih tertarget. Artinya kamu dapat menawarkan produk kepada orang yang membutuhkan.
Berikut ada 3 cara menentukan target audiens ketika melakukan Facebook Ads:
Daftar isi
1. Gunakan Persona Research
Persona research yaitu cara menentukan target audiens berdasarkan pemikiran seseorang (yang menurut kamu benar). Cara ini juga banyak digunakan oleh banyak orang.
Misalnya jika kamu menjual jilbab, maka target audiens kamu adalah perempuan yang suka memakai hijab, untuk usianya kamu bisa menyesuaikan dengan model hijab yang kamu jual. Atau juga menargetkan untuk semua umur (tergantung model hijab yang kamu jual).
Semakin kamu memahami setiap aspek dari target audiens kamu, maka semakin baik targeting yang akan kamu lakukan.
2. Manfaatkan Google Analytic
Cara kedua untuk menentukan target audiens yaitu dengan memanfaatkan Google Analityc. Google Analytics adalah tools milik Google yang bisa membantu kamu mengetahui secara detail mengenai user yang mengunjungi halaman website kamu.
Kamu bisa lihat contohnya seperti gambar dibawah:
Berdasarkan contoh diatas, kamu dapat melihat audiens yang banyak mengunjungi suatu halaman website yaitu laki-laki yang memiliki umur 18-24 tahun.
Sehingga saat menentukan target audiens ketika melakukan Facebook Ads, dapat disesuaikan dengan data yang kamu dapat melalui Google Analytics (seperti gambar diatas).
3. Gunakan Facebook Pixel
Hampir sama dengan Google Analytic, Facebook Pixel merupakan sebuah kode (javascript) yang diletakkan pada sebuah halaman website untuk merekam data pengunjung website yang datang melalui Facebook.Baik secara organik maupun melalui ads (termasuk Facebook Ads).
Data-data tersebut akan direcord dan dikumpulkan menjadi data audiens khusus. Seperti umur, jenis kelamin, kebiasaan, hobi, dan lain-lain.
Baca juga: Apa Itu Facebook Pixel?
Demikian penjelasan singkat mengenai cara menentukan target audiens ketika membuat Facebook Ads, semoga dapat membantu kamu ketika melakukannya.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Server-Side Rendering Vs Client-Side Rendering. Apa Bedanya?
Bandingskan Server-Side Rendering (SSR) dan Client-Side Rendering (CSR) untuk memahami perbedaan keduanya ketika pengembangan website.
Google Knowledge Panel: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya!
Temukan pengertian Google Knowledge Panel, manfaatnya, dan cara mendapatkannya untuk meningkatkan visibilitas online kamu di artikel ini!
Customer Retention: Definisi, Manfaat, dan Strategi
Pelajari cara mempertahankan dan meningkatkan hubungan jangka panjang dengan memahami definisi, manfaat, dan strategi Customer Retention!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!