Saat ini sudah banyak pebisnis online yang menggunakan media sosial Youtube untuk mempromosikan produk mereka. Dengan adanya Youtube kamu dapat membuat konten video mengenai bisnis kamu. Misalnya video tentang review produk, tutorial cara penggunaan produk, hingga pengenalan produk.
Melalui video-video tersebut akan membantu calon konsumen mengingat produk kamu. Youtube juga dapat membantu meningkatkan trafik website dengan menampilkan alamat website di bagian tertentu pada video kamu. Kamu juga bisa mencantumkan alamat website pada bagian deskripsi video.
Bukan hanya itu, Youtube juga jenis media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sehingga memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak calon konsumen. Kamu bisa lihat faktanya pada gambar berikut:
Sumber: we are social
Sama dengan jenis media sosial lainnya, Youtube juga memiliki berbagai fitur, salah satunya yaitu Youtube Analytics.
Youtube analytics adalah fitur yang digunakan untuk mengukur performa channel dan video kamu di Youtube. Misalnya jumlah orang yang menonton (view), jumlah orang yang berlangganan (subscriber) hingga berapa lama seseorang menghabiskan waktu saat menonton video kamu (watch time).
Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengetahui karakter penonton. Mulai dari usia dan jenis kelamin (age and gender), lokasi mereka (top countries), hingga jenis perangkat yang mereka gunakan (device type).
Daftar isi
Cara Menggunakan Youtube Analytics
Lalu bagaimana cara menggunakan Youtube Analytics?
1. Buka Youtube.
2. Login ke akun channel Youtube kamu.
3. Klik logo akun kamu di pojok kanan atas dan pilih “Youtube Studio”.
4. Masuk ke dashboard Youtube dan klik “Analytics”.
5. Sekarang bisa melihat grafik hasil analisa channel Youtube kamu. Ada 4 tab analytic yang akan kamu temukan, yakni Overview, Reach, Engagement, dan Audience.
Berikut Penjelasannya:
A. Overview
Pada bagian tab ini, kamu bisa meninjau metrik-metrik utama pada channel youtube kamu. Ada 3 metrik yang bisa kamu temukan:
- Watch Time: mengukur lama waktu yang dihabiskan audiens saat menonton video kamu.
- View: Menampilkan berapa kali video kamu di tonton.
- Subscriber: Menampilkan jumlah penonton yang sudah berlangganan dengan channel Youtube kamu.
B. Reach
Tab ini menampilkan bagaimana dan berapa banyak penonton yang menemukan video kamu, baik itu dari video rekomendasi, website, atau hasil browsing melalui Google Search atau Youtube Search.
Pada tab ini terdapat 4 menu yang bisa kamu temukan:
- Impressions: Menghitung berapa kali video kamu muncul di penonton (baru muncul, tanpa di tonton).
- Impressions Click Through Rate (CTR): Menghitung persentase impression yang berubah menjadi view. Artinya jika ada penonton kamu mengklik video setelah melihat thumbnail, maka CTR nya akan bertambah.
- Views: Jumlah orang yang menonton video kamu.
- Unique viewers: Jumlah orang yang menonton video kamu dalam rentang waktu tertentu.
Setelah menu diatas, kamu juga bisa melihat informasi lain mengenai sumber trafik (Traffic Source). Melalui sumber trafik tersebut, kamu bisa mengetahui dimana pengguna menemukan video kamu:
- Traffic source: External: Traffic yang berasal dari website atau aplikasi yang menampilkan video kamu. (misalnya melalui link yang dicantumkan pada blog pribadi kamu).
- Traffic source: Playlists: Traffic yang berasal dari sebuah playlist video di Youtube. Kamu juga bisa melihat playlist yang menyajikan video kamu.
- Traffic source: Suggested Video: Traffic yang berasal dari rekomendasi Youtube.
- Traffic source: Youtube Search: Traffic yang berasal dari hasil pencarian Youtube Search.
C. Engagement
Engagement adalah tab yang menampilkan respon yang dilakukan oleh penonton pada video atau channel Youtube kamu dan melihat durasi yang dihabiskan audiens untuk menonton video kamu.
Pada tab ini kamu bisa menemukan 2 menu:
- Watch Time : Lama waktu penonton menonton video kamu.
- Average View Duration: Rata-rata durasi menonton video kamu.
Setelah menu diatas, kamu juga bisa mengetahui menu berikut:
- Top Videos: Menampilkan video yang paling banyak ditonton pada periode waktu tertentu.
- Top Playlist: Menampilkan playlist kamu yang paling banyak ditonton dalam periode waktu tertentu.
- Top Cards : Menampilkan cards yang paling sering diklik oleh penonton.
- Top Videos By End Screen: Menampilkan video yang paling sering diklik di end screen.
D. Audience
Audience adalah tab yang menampilkan tab demografi audiens seperti gender, umur, hingga lokasi penayangan penonton .
Pada tab ini, ada 3 menu yang bisa kamu temukan:
- Unique viewers: Menampilkan penonton yang menampilkan video kamu.
- Average views per viewer: Menampilkan rata-rata penonton yang menampilkan video kamu.
- Subscribers: Menampilkan grafik subscribers.
Disini kamu juga bisa menemukan beberapa informasi mengenai audiens (penonton):
- Age and gender: Menampilkan informasi mengenai umur dan jenis kelamin audiens (penonton).
- Top countries: Menampilkan informasi mengenai lokasi (kota) audiens (penonton) berada.
- Top subtitle/CC languages: Menampilkan informasi mengenai bahasa yang digunakan audiens (penonton).
Yuk Kembangkan Akun Youtube Kamu!
Bagi kamu yang memiliki youtube channel atau menggunakan Youtube sebagai media promosi bisnis. Kamu juga bisa meningkatkan akun kamu dengan menggunakan Jasa Social Media oleh Whello Indonesia. Whello memiliki spesialis digital marketing yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman dalam social media marketing.
Dengan bantuan Whello, kamu akan mendapatkan engagement yang lebih baik dan sesuai dengan target audiens kamu. Tunggu apalagi? Yuk hubungi kontak Whello sekarang dan konsultasikan kebutuhanmu!
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!