Sekarang ini, dunia digital telah menguasai hampir semua aspek kehidupan, mulai dari ekonomi hingga politik. Salah satu posisi yang cukup penting saat ini adalahΒ social media specialist.Β Ada beberapaΒ contoh portofolioΒ social media specialistΒ yang harus menjadi perhatian kamu jika ingin terjun ke dunia satu ini.
Untuk mengetahui cara membuat portofolio yang tepat bagi seorangΒ social media specialist, yuk simak penjelasannya di bawah ini!
Daftar isi
Memahami Portofolio Social Media Specialist
Secara garis besar, portofolio merupakan sebuah dokumen pelengkap yang berisikan daftar kegiatan yang telah kamu lakukan sebagai pengalaman bekerja. Kamu dapat menentukan portofolio yang sudah kamu susun sedemikian rupa untuk menjadi sebuah pelengkap kemampuan yang dimiliki.
Salah satu pekerjaan yang membutuhkan portofolio adalahΒ social media specialist.Β Pada dasarnya, seorangΒ social media specialistΒ merupakan seorang yang ahli dalam dunia digital terutama media sosial. Posisi ini memiliki ketentuan yang berbeda dalam pengisian portofolionya.
Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dan gambaran utamaΒ skillΒ dari seorangΒ social media specialistΒ yang perusahaan butuhkan. Mulai dariΒ backgroundΒ pendidikan, pelatihan yang pernah kamu ikuti, hingga kualifikasi yang sesuai. Jadi, kamu harus paham betul apa sajaΒ requirementsΒ yang dibutuhkan perusahaan.
Personal brandΒ dari seorangΒ social media specialistΒ juga umumnya akan dimasukkan dalam portofolio. Ini termasuk pencapaian-pencapaian yang sudah kamu capai selama menjadiΒ social media specialist.
Fungsi dari Portofolio Social Media Specialist
PembuatanΒ portofolioΒ social media specialistΒ memiliki fungsi sebagai berikut.
1. Menjadi Wadah Penunjuk Hasil Kerja
Portofolio seorangΒ social media specialistΒ menjadi wadah yang tepat untuk menunjukan hasil karya dan pencapaian selama bekerja. Pencapaian yang tinggi akan menjadi pertimbangan utama bagiΒ recruiterΒ untuk kelayakan kamu mengisi posisiΒ social media specialist.Β
2. Personal Branding
Selanjutnya, fungsi dari portofolio sebagai sarana untuk menggambarkanΒ personal brandingΒ yang dimiliki. Penggambaran branding yang menarik akan menjadi kesempatan baik bagi kamu untuk memikat ketertarikan HRD.
3. Menarik Perhatian Klien
Fungsi lainnya dari portofolioΒ adalah sebagai alat untuk menarik perhatian calon klien. Dengan adanya portofolio, maka calon klien kamu akan meneliti dan melihat bagaimanaΒ skillΒ kamu selama bekerja.
Selain itu, klien dapat mempertimbangkan karya-karya atau pencapaian apa saja yang sudah pernah kamu selesaikan. Tulis sedetail mungkin deskripsi dari pencapaian kamu selama ini, sehingga klien dapat memahami lebih baik tentangΒ skillΒ kamu.
4. Memberikan Kesan Baik
Penggunaan portofolio yang rapi, dan memuat informasi lengkap tentang pencapaian kamu akan memberikanΒ first impressionΒ yang baik bagi HRD. Oleh sebab itu, kamu harus membuatΒ portofolioΒ social media specialistΒ dengan desain yang menarik dan rapi.
Apa Skill Wajib Social Media Specialist?
Meskipun secara umum tugas dari seorangΒ social media specialistΒ adalah untuk mengatur dan menjadi penyusun strategiΒ konten pilar sosial media. Tetapi, adaΒ skillΒ yang menjadi kewajiban bagi seorangΒ social media specialist. Apa saja kemampuan wajib bagi ahli media sosial?
1. Menguasai dan Memahami Media Sosial
Sebagai ahli dalam dunia digital termasukΒ digital marketing,Β seorangΒ social media specialistΒ harus menguasai penggunaan segala jenis media sosial. Selain menguasai penggunaan dan fungsi masing-masingΒ platform,Β ahli media sosial juga harus memahami kerja sistemΒ platformΒ media sosial.
2. Mengerti Penggunaan Tools Media Sosial
SelainΒ platformΒ yang kamu gunakan, terdapat pula jenis-jenisΒ toolsΒ yang menjadi alat bantu pengoperasian media sosial. Penggunaan alat tersebut dapat menjadi senjata utama untuk mengelola media sosial kamu secara maksimal. Ada pulaΒ toolsΒ yang penting untuk kamu kuasai, sepertiΒ Hootsuite, Tweetdeck,Β dan alat lainnya.
3. Pengetahuan Dasar Seputar Desain dan Gadget
Kemudian,Β social media specialistΒ harus memiliki kemampuan dasar dalam mengoperasikanΒ gadgetΒ terutama komputer atau PC. Kemampuan ini diperlukan karena kamu akan terus menerusΒ bekerja secaraΒ digital.Β
Selain itu,Β skillΒ desain juga diperlukan karena kamu akan berfokus padaΒ platformΒ yang mementingkan estetika gambar seperti Instagram.
4. Berpikir Kreatif dan Tanggap
Menjadi seorangΒ social media specialistΒ mengharuskan kamu berpikir kreatif dan aktif akanΒ tren media sosial. Ingat untuk selaluΒ up to dateΒ terhadap segala jenis konten yang sedang ramai menjadi bahan perbincangan. Sehingga kamu wajib berpikir kreatif dalam memproduksi konten yang beragam.
5.Β Manajemen Waktu Yang Baik
Dalam menjalankan tugas, seorangΒ social media specialistΒ tidak hanya mengawasi dan bekerja pada satu media sosial saja.Β Social media specialistΒ seringkali harus memegang kendali terhadap banyakΒ platformΒ media sosial dan harus memenuhi tanggung jawab lainnya, termasukΒ editingΒ dan revisiΒ campaign.Β
Oleh sebab itu, paraΒ social media specialistΒ harus mampu mengatur waktu dengan baik dan efektif agar tugas dan tanggung jawab dapat terpenuhi dengan maksimal.
6. Kemampuan Menulis dan Storytelling
Selain kemampuan dalam mengawasi berjalannya sistem media sosial, salah satu kemampuan penting untuk mengisiΒ portofolioΒ social media specialistΒ adalah kemampuanΒ storytelling.Β
Pembawaan pribadi seorangΒ social media specialistΒ identik dengan individu yang kreatif, santai, dan cenderung dapat beradaptasi dengan baik terhadap budaya media sosial. Oleh sebab itu, kamu harus menjadi representasi perusahaan yang dapat menyatu dengan banyak audiens di media sosial.
Contoh Portofolio Social Media Specialist
PortofolioΒ social media specialistΒ harus memuat beberapa elemen informasi penting agar dapat menunjukkanΒ skillΒ dirimu. Di bawah ini merupakan hal penting yang harus ada pada portofolio kamu:
1. Identitas
Isi pertama dariΒ portofolioΒ social media specialistΒ adalah identitas yang jelas dan lengkap. Identitas tentu saja berisikan nama asli, tempat tanggal lahir atau usia, jenjang pendidikan, dan domisili. Kamu juga perlu menambahkan informasi kontak pribadi yang dapat dihubungi oleh pihakΒ recruiter.Β
2. Riwayat Pekerjaan
Selain identitas, kamu juga perlu memasukkan riwayat pekerjaan sebelumnya. JelaskanΒ jobdescΒ posisi kamu saat itu dengan jelas. Jadi, pihakΒ recruiter tahu apakah kamu punya bakat dan minat yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
3. Kemampuan
Elemen terpenting dalamΒ contoh portofolioΒ social media specialistΒ adalahΒ skillΒ yang kamu miliki. Kemampuan yang relevan dengan duniaΒ digital,Β terutama media sosial danΒ digital marketingΒ akan menjadi poin plus.
4. Hasil Karya
Kemudian, kamu harus melampirkan hasil karya dalam portofolio. Pemilihan karya harus mendapat perhatian yang lebih karena hal ini menjadi kunci impresi awal yang baik dari HRD terhadap kinerja kamu.
Apa Saja yang Menjadi Perhatian Social Media Specialist?
Social media specialistΒ memiliki tanggung jawab penuh terhadap berjalannya sistem diΒ platformΒ media sosial, termasuk dalam menjalankanΒ campaignΒ hinggaΒ ads. Oleh sebab itu, dalam pengisianΒ portofolioΒ social media specialistΒ terdapat elemen-elemen penting yang relevan pada duniaΒ digital marketing.Β
Contoh Portofolio Social Media Specialist
Sebagai acuan, berikut contoh portofolio social media specialist oleh Bayoe Firdause.
Source :Β Behance Bayoe
Seperti yang bisa kamu lihat, portofolio Bayoe sangatlah lengkap. Mulai dari identitas diri, skills yang dimiliki, hingga bukti proyek-proyek yang pernah ia tangani. Tidak hanya Instagram, Bayoe juga mengikutsertakan proyek Youtube yang iaΒ handle. Jadinya, sebagai klien, kita pun akan lebih percaya terhadapΒ skillΒ yang dimiliki Bayoe.
Tertarik Untuk Membuat Portofolio Social Media Specialist?
Membangun portofolio sebagai seorang spesialis media sosial adalah langkah penting untuk menarik perhatian klien potensial dan membuktikan kemampuan kamu dalam mengelola berbagai platform media sosial dengan efektif. Agar kamu tidak kesulitan membuatnya, Whello Indonesia hadir untuk membantu kamu dalam membuat portofolio yang mencerminkan keahlian dan pengalaman Anda dalam media sosial.
Dengan layanan jasa sosial media marketing yang disediakan, Whello dapat membantu kamu menyusun portofolio yang menarik, menampilkan karya-karya terbaik kamu, dan menonjolkan kemampuan kamu sebagai seorang spesialis media sosial. Tunggu apa lagi? hubungi kontak Whello sekarang dan berdiskusi dengan salah satu tim Whello.
Social media specialist harus memiliki skill apa saja?
Skill utama bagi seorang social media specialist tentu saja pemahaman dan kemahiran dalam pengoperasian media sosial. Selain itu, kemampuan dalam menggunakan alat-alat pembantu seperti Hootsuite juga menjadi syarat utama untuk menjadi social media specialist.
Apa itu portofolio sosial media?
Portofolio sosial media merupakan sebuah lampiran dokumen lengkap tentang pencapaian di bidang digital marketing. Dalam portofolio ini berisi informasi yang relevan dengan dunia media sosial.
Berapa gaji seorang social media specialist?
Bekerja pada bidang social media specialist merupakan sebuah posisi yang menantang dan cukup banyak peminatnya. Pada era digital seperti sekarang ini, range gaji seorang social media specialist berkisar dari sekitar Rp7.000.000,00 - Rp10.000.000,00. Namun semuanya juga tergantung dari skill dan pengalaman kerja yang dimiliki.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Ketahui Jenis-Jenis Video Ad Format di Youtube
Jelajahi berbagai format iklan video di YouTube, mulai dari TrueView hingga bumper ads. Pilih sesuai dengan kampanye kamu.
Mengenal Demand Gen Campaigns pada Google Ads
Kenali strategi Demand Gen Campaigns pada Google Ads untuk menjangkau target pasar dengan efektif untuk bisnis kamu.
Google Ads Experiments: Cara Efektif Untuk Test Campaign Kamu!
Ketahui Google Ads Experiments yang efektif untuk menguji dan meningkatkan kinerja iklan kamu, temukan langkah praktisnya dalam artikel ini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!