Toko online menjadi salah satu media penjualan yang telah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk menjual produk atau jasa mereka. Toko online memberikan berbagai kemudahan bagi pebisnis maupun para pelanggan.
Melalui toko online, seorang pebisnis dapat mengontrol bisnisnya dengan mudah, seperti mengontrol jumlah barang yang tersedia, jumlah barang yang terjual, atau jumlah pesanan customer.
Dan begitupun dengan para pelanggan yang mempermudah mereka untuk melakukan pembelian kapanpun dan dimanapun tanpa harus pergi ke toko fisik.
Namun, untuk memberikan kenyamanan saat belanja melalui website, ada beberapa fitur yang harus ada pada website toko online. Apa saja? Simak penjelasan dibawah ini:
Daftar isi
1. Customer Login
Customer login merupakan salah satu fitur website toko online yang berguna untuk untuk mencatat segala hal yang berhubungan dengan pelanggan, seperti riwayat pembelian, pemesanan, atau tagihan.
Fitur ini juga akan mempermudah kamu untuk mengetahui data pribadi pelanggan, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan lain-lain.
Berikut contoh customer login pada salah satu website toko online:
2. Keranjang Belanja
Keranjang belanja berguna untuk memudahkan customer menyimpan barang-barang yang ingin dibeli sebelum melakukan pembayaran (checkout).
Dibawah ini salah satu contoh fitur keranjang belanja dan produk yang sudah dimasukkan ke dalam keranjang:
3. Wishlist
Wishlist merupakan fitur yang berfungsi untuk menyimpan beberapa barang yang mereka inginkan untuk dibeli di masa yang akan datang. Agar memudahkan mereka ketika ingin melakukan pembelian di kemudian hari.
Contohnya seperti gambar dibawah:
4. Payment Gateway
Payment gateway adalah layanan yang menyediakan proses pembayaran ketika melakukan pembelian, baik pembayaran melalui kartu debit, kartu kredit, dan metode pembayaran lain.
Misalnya seperti gambar dibawah:
5. Pencarian Produk
Mengingat banyaknya produk yang terdapat pada website toko online kamu, fitur pencarian merupakan salah satu fitur yang mempermudah pelanggan mencari sebuah produk yang mereka inginkan.
Cukup dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan produk yang mereka inginkan, misalnya berdasarkan model, merek, atau jenis produk.
Dapat kamu lihat pada gambar dibawah, saya memasukkan kata kunci “lois jeans” yang merupakan salah satu brand, sehingga akan muncul beberapa produk yang merupakan produk brand tersebut.
6. Halaman Promo
Untuk menarik perhatian calon pelanggan, halaman promo (sale) merupakan salah satu fitur yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat membuat sebuah halaman yang berisi produk dengan harga diskon atau produk dengan bebas biaya kirim.
Berikut contoh halaman sale yang menyediakan berbagai produk dengan harga diskon:
7. Informasi Produk Baru
Para pengunjung toko online tentunya sangat menyukai hal-hal yang selalu up to date mengenai produk kamu, mereka akan menjadi semakin penasaran dengan hal-hal baru yang ada pada toko online kamu.
Sehingga menyediakan fitur yang berfungsi menampilkan produk terbaru merupakan cara yang tepat untuk dilakukan agar mereka betah berlama-lama berada di website toko online kamu.
Berikut contoh fitur produk terbaru pada salah satu toko online:
8. Related Items (Produk Terkait)
Dengan menambahkan fitur related items (produk terkait) mengenai suatu produk yang dipilih oleh pengunjung, menandakan bahwa kamu dapat memahami keinginan mereka. Mereka mempunyai pilihan lain yang serupa dengan produk yang mereka pilih.
Contohnya seperti gambar dibawah yang menampilkan “produk serupa” dengan suatu produk yang dipilih:
9. FAQ
FAQ (Frequently Asked Questions) merupakan fitur yang berguna untuk menampilkan berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengunjung website (customer).
Misalnya mengenai cara pemesanan, cara pembayaran, ongkos kirim, metode pengembalian barang, dan lain-lain.
Contohnya seperti gambar dibawah:
10. Prediksi Ongkos Kirim
Ongkos kirim merupakan salah satu pertimbangan calon pelanggan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pembayaran atau tidak.
Dengan menyediakan fitur yang berfungsi untuk memberikan prediksi mengenai ongkos kirim sebelum melakukan pembayaran, tentunya akan sangat bermanfaat. Mereka dapat mengetahui ongkos kirim ke tempat tinggal mereka.
Lihat contoh dibawah ini, dengan memasukkan “nama kota”, pengunjung dapat mengetahui ongkos kirim yang harus mereka bayar:
Sudah mempunyai website toko online tapi belum punya 10 fitur diatas? Whello sebagai agensi digital marketing memiliki jasa pembuatan website toko online yang dapat membantu kesuksesan bisnis kamu. Whello memastikan toko online kamu memiliki 10 fitur diatas. Hubungi call center Whello sekarang!
Apa keuntungan memiliki fitur keranjang belanja yang interaktif?
Fitur keranjang belanja yang interaktif memungkinkan pengunjung toko online untuk menambah dan mengatur produk yang ingin mereka beli dengan mudah. Hal ini mempermudah proses pembelian dan meningkatkan pengalaman belanja pengguna.
Mengapa penting memiliki sistem pembayaran yang aman dan terintegrasi?
Sistem pembayaran yang aman dan terintegrasi memastikan bahwa transaksi pembayaran dilakukan dengan aman dan data pelanggan dilindungi. Fitur ini memberikan kepercayaan kepada pelanggan dan meningkatkan tingkat keamanan dalam bertransaksi.
Mengapa fungsi pencarian yang efektif penting dalam sebuah website toko online?
Fungsi pencarian yang efektif memungkinkan pengunjung dengan cepat menemukan produk yang mereka cari. Ini membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan mempermudah proses pembelian. Dengan adanya fitur pencarian yang baik, pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka inginkan tanpa harus menghabiskan waktu mencari di seluruh situs.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Dapat Traffic Dari AI? Begini Cara Lihatnya di GA4!
Temukan cara efektif untuk mendapatkan traffic dari AI dan cara menganalisisnya menggunakan GA4. Pelajari lebih lanjut di situs kami!
Kenali Apa Itu YMYL di SEO dan Cara Optimasinya
Kenali YMYL dalam SEO dan pelajari cara optimasinya untuk meningkatkan peringkat situs kamu. Temukan strateginya di sini!
Ecommerce Vs Website: Mana yang Baik untuk Brand Fashion?
Jelajahi dunia digital marketing untuk fashion brand. Bandingkan ecommerce dan website untuk menemukan solusi terbaik bagi bisnis kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!