SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang tujuannya untuk melakukan optimasi pada website agar menempati posisi teratas di search result pada keyword yang relevan sehingga berdampak positif pada revenue perusahaan.
Saat ini SEO menjadi salah satu channel marketing terbaik untuk perusahaan karena hampir semua orang mencari informasi di Google dan jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun karena itu juga banyak agensi digital marketing yang memiliki layanan jasa SEO termasuk Whello.
SEO sendiri sebenarnya sudah populer lebih dulu di Amerika dan Eropa mengingat perkembangan digital marketing selalu berawal dari Amerika dan Eropa. Namun yang unik, ada salah satu fenomena dimana agensi menawarkan ‘garansi halaman 1’ dalam jasa SEO mereka.
Definisi ‘garansi halaman 1’ yang dimaksud adalah adanya garansi bahwa website kita akan berada di halaman 1 dalam waktu tertentu dengan keyword tertentu, dan jika tidak halaman 1 klien bisa melakukan klaim atas garansi tersebut.
Dikatakan unik karena memang sangat jarang ditemui agensi menawarkan ‘garansi halaman 1’. Alasannya kenapa? Mari kita bahas.
Daftar isi
Google said “No one can guarantee a #1 ranking on Google”
Google sendiri mengatakan di Google Search Central bahwa tidak ada seorangpun yang mampu memberikan jaminan untuk berada di halaman 1 Google. Alasannya? Karena rumitnya algoritma search engine Google dan banyaknya faktor yang digunakan. Dan sehebat-hebatnya SEO specialist, tetap ada faktor yang juga mempengaruhi hasil optimasinya dan itu diluar kontrol seorang SEO specialist.
“Beware of SEOs that claim to guarantee rankings, allege a “special relationship” with Google, or advertise a “priority submit” to Google. There is no priority submit for Google. In fact, the only way to submit a site to Google directly is through our Add URL page or by submitting a Sitemap and you can do this yourself at no cost whatsoever.” – Google
Kita buat contoh skenario, misalkan kami berhasil mengoptimasi website A dan berhasil berada di halaman 1 Google. Namun beberapa minggu kemudian rankingnya turun, karena apa? Karena kompetitor berhasil melakukan optimasi yang lebih bagus ketika tahu ranking websitenya turun ketika website A tadi naik. Dan ini bisa terjadi kapan saja.
Bukan berarti optimasi yang kita lakukan gagal, namun memang proses optimasi SEO itu berkelanjutan seperti menjalankan sebuah bisnis. Kita bersaing dengan jutaan website lain yang juga memiliki SEO specialist. Ketika website kita berada di posisi teratas, kompetitor akan tahu dan mulai menganalisa kenapa website mereka turun sedangkan kami naik. Dari sana mereka akan mulai mengoptimasi dan mengambil tindakan, begitu seterusnya. Karena itu SEO itu fair dan netral karena siapapun bisa mengalahkan satu sama lain. Tidak peduli perusahaan besar ataupun hanya blog perorangan sekalipun. Di mata Google semuanya sama dan hanya kualitas konten dan optimasi yang menentukan.
Tips Menilai Kinerja Jasa SEO
Kami paham betul sebenarnya orang meminta garansi dalam jasa SEO adalah untuk menilai kinerja agensi yang menyediakan layanan jasa SEO. Hanya saja, salah jika hanya menggunakan ‘ranking keyword’ untuk menilai secara keseluruhan kinerja dari jasa SEO.
Di Whello sendiri setiap bulannya klien akan mendapatkan monthly report yang datanya berasal dari Google Analytics, Google Search Console, dan tools third-party lain yang semuanya dihubungkan menggunakan Google Data Studio. Sehingga semua data tadi real tidak bisa diubah secara manual. Dan monthly report ini juga akan dipresentasikan langsung oleh SEO specialist Whello.
1. Tanya Planningnya
Di tahap awal saat kickoff meeting, tanya ke agensi yang akan kamu gunakan apa planningnya untuk mengoptimasi website kamu. Dari sana kamu akan mendapatkan overview apa saja yang akan mereka lakukan selama 1 bulan. Jadi setelah 1 bulan, kamu bisa menanyakan progress tentang apa yang mereka lakukan sesuai dengan planning yang mereka buat di awal bulan sebelumnya. Jika menurut kamu planningnya kurang pas, diskusikan dan tanyakan langsung.
Metrik yang Bisa Digunakan Untuk Menilai Kinerja SEO
Menilai kinerja SEO hanya berdasarkan posisi ranking salah satu keyword merupakan tindakan yang kurang tepat. Namun sebaliknya, posisi ranking teratas untuk salah satu keyword merupakan goals jangka panjang yang mungkin bisa dievaluasi tiap 3 atau 6 bulan sekali tergantung bagaimana keyword yang kamu target tersebut.
Lalu dalam monthly report apa yang bisa dijadikan metrik untuk menilai kinerja SEO dalam 1 bulan? Jawabannya cukup banyak. Hampir semua metrik yang jumlahnya puluhan di Google Analytics berguna, namun akan kami permudah dan pilih yang penting untuk diketahui business owner. Berikut beberapa contoh metrik yang bisa dijadikan acuan:
1. Jumlah Organic Traffic
Karena tujuan utama SEO adalah meningkatkan performance website di search engine, maka salah satu metrik yang paling tepat untuk menilai adalah dengan melihat jumlah organic traffic. Kita bisa mendapatkan metrik ini dari Google Analytics di bagian overview. Bisa disort berdasarkan sessions, users, pageviews, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa untuk dibandingkan datanya dengan periode sebelumnya. Jadi misal kita ingin melihat performance bulan ini, maka aktifkan juga perbandingannya dengan periode sebelumnya. Dengan begitu kita bisa melihat apakah performance bulan ini mengalami penurunan atau peningkata
A. Search Visibility
Search Visibility yang kami maksud disini adalah overall performance dari Google Search Console. Di search console terdapat 4 metrik penting yaitu Impressions, Clicks, CTR, dan Avg. Position.
1. Impression
Impression merupakan jumlah website kamu dilihat oleh visitor di halaman pencarian Google.
2. Clicks
Clicks merupakan jumlah orang yang mengunjungi website kita melalui halaman pencarian Google.
3. CTR
CTR merupakan singkatan dari Click Through Rate yang merupakan hasil dari pembagian Impression / Clicks. Jadi misalkan website kamu memiliki Impression 10000, Clicks 1000, dapat dipastikan CTRnya 10%.
4. Avg. Position
Average Position merupakan jumlah rata-rata ranking website kamu di halaman pencarian Google. Berdasarkan Google “Position is calculated from top to bottom on the primary side of the page, then top to bottom on the secondary side of the page.”
Sesuai namanya “Average” maka angka yang ditampilkan Google merupakan rata-rata dan tidak menunjukan secara presisi dalam waktu tertentu. Contohnya jika halaman A berada di ranking 3 dalam 1 hari, lalu ranking 7 hari berikutnya, dan ranking ke 4 di hari berikutnya, maka Avg. Positionnya adalah 4.6.
Selain itu di Google Search Console kamu bisa melihat website kamu telah ranking di keyword apa saja. Cek apakah keyword tersebut relevan dengan bisnis kamu, misal tidak beri feedback agensi yang mengerjakan SEO untuk website kamu. Karena percuma jika berada di halaman 1 untuk keyword A dengan search volume puluhan ribu, namun tidak relevan dengan bisnisnya.
B. Goal Completion
Goal Completion harus ditentukan di awal sebelum optimasi SEO dimulai. Contohnya jika website kamu Ecommerce, maka goal completionnya bisa diset sebagai adanya transaksi yang triggernya adalah orang melakukan checkout atau pembayaran. Jadi ketika ada orang yang melakukan pembayaran akan terhitung 1 goal completion. Goal completion bisa diset secara bebas sesuai kebutuhan kita. Contoh, jika di website kita tidak ada proses transaksi, goal completionnya bisa diset untuk orang yang melakukan klik CTA Whatsapp.
Tujuannya adalah kita bisa melihat, setelah orang datang ke website kita apakah dia lanjut menjadi calon customers untuk bisnis kita? Jika iya, bisa dikatakan SEOnya berhasil. Bila tidak perlu dianalisa, apakah keyword yang ditarget tidak sesuai? Atau mungkin websitenya kurang menarik dan lain-lain. Mungkin yang 1 ini tidak di semua agensi ada, namun di Whello sendiri kami mengoptimasi jumlah goal completion karena sekali lagi tujuan utama SEO adalah memberikan dampak positif untuk revenue perusahaan klien kami, bukan sekedar memperbanyak trafik semata.
Dan sebenarnya masih banyak metrik yang bisa digunakan untuk menilai performance SEO, namun dari poin-poin di atas kamu sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana hasil dari SEO kamu.
Whello Bisa Memberikan Garansi
Kami selalu mengatakan kepada klien kami, bahwa kami tidak bisa memberikan garansi karena berbagai faktor. Namun Whello bisa memberikan garansi bahwa Whello tidak akan membiarkan website kamu dioptimasi oleh SEO specialist yang tidak kompeten atau bahkan menggunakan teknik black hat yang berpotensi mendapatkan penalti dari Google.
Whello bisa memastikan bahwa website kamu dioptimasi menggunakan teknik paling up-to-date sesuai update algoritma Google, oleh SEO specialist yang kompeten, dengan tools terbaik di industri digital marketing. Dan kamu bisa menanyakan apapun terkait SEO jika diperlukan untuk menilai seberapa kompeten SEO specialist Whello.
Whello juga menjamin transparansi pengerjaan melalui presentasi report bulanan, jika performance mengalami peningkatan kami akan jelaskan sedetail yang kamu mau, dari mana asal peningkatan tersebut dan karena apa. Begitu juga misalkan ada penurunan, kami akan jelaskan sedetail mungkin dan kamu juga bisa memberikan feedback.
Kesimpulan
Kami sadar bahwa permintaan garansi SEO oleh calon customer datang karena calon customer kesulitan dalam menilai atau memantau kinerja layanan jasa SEO dari agensi. Karena memang pengerjaan SEO itu cukup kompleks dan rumit, beda dengan jasa pembuatan website yang kita bisa memantau dari prosesnya secara langsung.
Karena itu Whello mengutamakan transparansi. Sejak awal kami akan menjelaskan bagaimana kondisi websitenya, goalsnya apa, dan planningnya bagaimana. Dan setiap bulan kami juga akan melakukan presentasi dan kamu bisa secara langsung memberikan masukan ke SEO specialist kami secara langsung. Dengan begitu kamu bisa memantau kinerja tim SEO Whello secara langsung. Dan kembali lagi ranking salah satu keyword hanyalah salah satu dari sekian banyak indikator yang ada. Jadi, transparansi sangatlah penting dalam layanan SEO.
Beberapa artikel yang membahas garansi SEO:
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!