Dalam dunia digital marketing, istilah “keyword gap” menjadi sangat penting dalam strategi SEO (Search Engine Optimization). Analisis keyword gap mengidentifikasi keyword yang mengirimkan traffic ke website pesaing kamu.
Sederhananya, analisis keyword gap membantu menemukan peluang kata kunci berharga yang mungkin terabaikan. Dengan ini, kamu dapat membuat daftar kata kunci yang ditargetkan oleh pesaing dan menyesuaikan strategi.
Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam apa itu keyword gap, perbedaannya dengan content gap, manfaatnya, mengapa keyword gap penting, serta cara melakukan analisis keyword gap. Yuk baca lebih lanjut untuk mengetahui penjelasannya!
Daftar isi
Apa itu Keyword Gap?
Keyword gap merujuk pada perbedaan antara kata kunci yang digunakan oleh website kamu dan kata kunci yang digunakan oleh pesaing. Dengan menganalisis keyword gap, kamu dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan peringkat SEO website kamu dengan menargetkan kata kunci yang belum dimanfaatkan oleh pesaing.
Perbedaan Keyword Gap dan Content Gap
Sering kali, istilah keyword gap dan content gap digunakan secara bergantian, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang penting.
Keyword gap fokus pada perbedaan dalam kata kunci yang digunakan antara website kamu dan pesaing, sementara content gap lebih berkaitan dengan kurangnya konten yang relevan atau lengkap dalam website dibandingkan dengan pesaing.
Manfaat Keyword Gap
Dengan menggunakan analisis keyword gap, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menerapkan keyword gap analysis:
A. Identifikasi Peluang
Dengan mengetahui kata kunci yang belum dimanfaatkan oleh pesaing, kamu dapat menargetkan kata kunci ini untuk meningkatkan visibilitas website.
B. Optimasi Konten
Selanjutnya kamu dapat menyesuaikan konten dengan kata kunci yang lebih relevan dan populer, sehingga meningkatkan peluang peringkat yang lebih tinggi di SEO.
C. Mengatasi Persaingan
Dengan memahami kata kunci yang digunakan oleh pesaing, kamu dapat mengembangkan strategi untuk bersaing secara langsung dengan mereka dalam peringkat pencarian.
Mengapa Keyword Gap Penting?
Analisis keyword gap membantu menemukan kata kunci yang relevan. Analisis ini mengungkapkan area peluang dimana kamu dapat membuat konten baru atau meningkatkan konten yang sudah ada untuk meningkatkan peringkat dan traffic.
Analisis keyword gap tidak hanya penting untuk SEO, tetapi juga untuk campaign pencarian berbayar. Kamu dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi istilah pencarian berbayar pesaing juga.
Dengan ini, kamu dapat memahami posisi kompetitif website dalam pasar online. Tanpa pemahaman yang baik tentang kata kunci yang digunakan oleh pesaing, sulit untuk mengembangkan strategi SEO yang efektif dan yang mampu bersaing
Cara Melakukan Analisis Keyword Gap
Ada beberapa langkah yang harus diketahui agar analisis keyword gap dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Caranya cukup gampang karena kamu hanya perlu menggunakan tools untuk mengoptimalkan analisis kamu. Berikut cara melakukan analisis keyword gap :
1. Identifikasi Pesaing
Memilih pesaing kamu mungkin akan bergantung pada situasi, tujuan bisnis, dan sumber daya saat ini. Saat mencari kata kunci atau prospek baru dalam analisis pesaing, kamu mungkin ingin melihat pesaing yang berkinerja lebih baik.
Hal ini karena kamu tidak ingin melihat kata kunci yang tidak memiliki peluang untuk mendapatkan peringkat, setidaknya pada awalnya.
2. Tentukan Tools
Kamu akan membutuhkan setidaknya satu alat SEO untuk melakukan analisis kesenjangan kata kunci. Ada yang menggunakan Semrush, Ahrefs content gap tools dan lain-lain.
3. Temukan Kata Kunci
Pada titik ini, temukan kata kunci, kelompok kata kunci, pola, dan jalan pemikiran yang benar-benar baru. Tidak ada solusi ajaib untuk hal ini, sehingga cobalah untuk mengumpulkan informasi dengan tujuan kamu untuk menentukan kata kunci apa yang harus ditargetkan dan bagaimana cara melakukannya.
4. Analisis Data
Bandingkan kata kunci yang digunakan, dengan kata kunci pesaing. Identifikasi kesenjangan di antara keduanya. Tools Keyword Gap akan memberikan banyak informasi tentang bagaimana peringkat kamu dibandingkan dengan peringkat pesaing, dan selanjutnya kamu bisa menganalisis hasilnya secara efektif.
5. Prioritaskan Kata Kunci
Setelah menganalisis, tentukan kata kunci yang paling relevan dan berpotensi tinggi untuk meningkatkan peringkat SEO website kamu.
6. Buat Konten Baru dan Kembangkan Konten Lama
Nah, sekarang kamu dilengkapi dengan kata kunci dan ide konten baru yang dapat digunakan untuk membuat konten baru dan memperbarui konten yang sudah ada. Ini dilakukan untuk meningkatkan performa kamu di hasil pencarian dan meningkatkan traffic organik ke website.
7. Monitoring
Terakhir, penting untuk memantau kinerja website dalam hasil pencarian. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan yang kamu lakukan memberikan dampak serta memecahkan masalah yang mungkin terjadi.
Gunakan Keyword Gap Untuk Menganalisis Kompetitor!
Kamu dapat mengoptimalkan strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website dalam hasil pencarian. Dengan melakukan analisis secara berkala dan mengambil tindakan yang sesuai, kamu dapat meningkatkan keberhasilan campaign online marketing kamu.
Dalam membuat suatu konten terutama untuk digital marketing, keyword sangat berperan penting dalam meningkatkan suatu website. Keyword yang bagus memang menentukan perkembangan suatu website tetapi ada hal lain yang harus dipertimbangkan seperti LSI Keyword, keyword mapping hingga riset keyword.
Keyword saja sudah memiliki banyak komponen dan beberapa strategi yang harus diterapkan jika ingin hasil yang maksimal. Untuk itu, Whello hadir sebagai digital marketing agency yang berbasis dari Amsterdam dan sudah berpengalaman dalam mengatasi berbagai kebutuhan klien.
Whello dapat membantu untuk mengembangkan website brand dan menyediakan jasa SEO secara efektif dan efisien. Jadi kamu tidak perlu capek-capek untuk mengurus perihal digital marketing. Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan tim Whello secara gratis loh!
Apa yang dimaksud dengan keyword gap?
Keyword gap mengacu pada perbedaan antara kata kunci yang digunakan oleh website kamu dengan kata kunci yang digunakan oleh pesaing kamu dalam upaya meningkatkan peringkat SEO.
Apa perbedaan antara keyword gap dan content gap?
Keyword gap fokus pada perbedaan kata kunci antara website kamu dan pesaing, sedangkan content gap berkaitan dengan kurangnya konten yang relevan dalam website kamu dibandingkan dengan pesaing.
Mengapa analisis keyword gap penting?
Analisis keyword gap penting karena membantu memahami posisi kompetitif website kamu dalam pasar online. Tanpa pemahaman yang baik tentang kata kunci yang digunakan oleh pesaing, sulit untuk mengembangkan strategi SEO yang efektif dan berdaya saing.
Bagaimana cara melakukan analisis keyword gap?
Langkah-langkahnya meliputi identifikasi pesaing utama kamu, pengumpulan data kata kunci menggunakan alat seperti Google Keyword Planner atau SEMrush, analisis data untuk mengidentifikasi kesenjangan, prioritaskan kata kunci yang paling relevan, dan sesuaikan strategi SEO.
Berapa sering saya harus melakukan analisis keyword gap?
Disarankan untuk melakukan analisis keyword gap secara berkala, terutama saat ada perubahan dalam industri atau persaingan. Hal ini memungkinkan kamu untuk tetap memperbarui strategi SEO kamu sesuai dengan perubahan dalam pasar.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Social Listening: Pahami Audiens Lewat Media Sosial
Manfaatkan social listening untuk memahami audiens Anda. Temukan tren dan opini di media sosial yang dapat mendukung di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!