Bagi kamu yang ingin mempunyai toko online, tapi tidak mengerti tentang coding dan pemrograman? Jangan khawatir, kamu bisa memiliki toko online tanpa mengerti semua itu. Bagaimana caranya? Ada berbagai platform e-commerce yang bisa kamu gunakan, diantaranya Shopify dan WooCommerce.
Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar atau memakai kedua platform ini? kedua platform cukup populer dan banyak digunakan oleh para pebisnis. Mungkin kamu bisa mengenalnya melalui logo berikut:
Shopify:
Woocommerce:
Shopify dan Woocommerce menawarkan desain yang menarik, variasi produk, pembayaran, fitur SEO dan pemasaran serta ekstensi dan add-on yang berbeda-berbeda. Lalu mana yang harus kamu pilih? Apakah kamu harus menggunakan keduanya?
Tentu tidak, sebelum memilih salah satu platform ini, kamu perlu mengetahui perbedaan keduanya terlebih dahulu.
Shopify | WooCommerce | |
---|---|---|
Abandoned cart email | Bawaan | Add-on |
Export dan import daftar produk menggunakan file CSV | Bawaan | Add-on |
Rating dan review | Bawaan | Bawaan |
Ongkos kirim dan pelacakan pengiriman | Bawaan | Add-on |
Foto produk yang bisa di zoom (diperbesar) | Bawaan | Bawaan |
Upsell | Add-on | Add-on |
Penjualan produk digital | Add-on | Bawaan |
Penjualan produk yang bisa di custom | Add-on | Add-on |
Pencarian produk | Add-on | Bawaan |
Poin reward | Add-on | Add-on |
SEO | Add-on | Bawaan |
Pembayaran berkala | Add-on | Add-on |
Cross-selling | Add-on | Bawaan |
Daftar isi
1. Desain
Tema yang ada di shopify tidak sebanyak tema yang ada di woocommerce. Diketahui dari theme store shopify, ada 73 tema dengan 9 tema gratis, dan 64 tema premium (berbayar).
Sedangkan WooCommerce memberikan lebih banyak tema karena dijalankan dengan WordPress. Saat ini, theme store wordpress memiliki 7.526 tema gratis yang bisa kamu gunakan.
2. Add On
Add on adalah layanan untuk mendapatkan fitur tambahan pada toko online kamu. Namun istilah yang digunakan Shopify dan WooCommerce untuk add-on berbeda. Add on pada Shopify disebut “app”, sedangkan di WooCommerce disebut “extension”.
Shopify App Store menyediakan 34 fitur tambahan dengan 28 fitur gratis dan 6 fitur berbayar. Sedangkan pada Extensions Store WooCommerce kamu bisa menemukan lebih dari 300 fitur tambahan.
3. Metode Pembayaran
“Bagaimana saya dapat menerima pembayaran dari pembeli?” Pertanyaan ini akan muncul sebelum kamu membuat toko online.
Shopify menyediakan Shopify Payments yang memudahkan pembeli untuk membayar melalui kartu kredit.
Namun, jika kamu ingin menggunakan metode pembayaran lain (tidak menggunakan kartu kredit), kamu bisa menggunakan beberapa payment gateway berikut:
- Doku.
- Xendit.
- PayPal Express Checkout.
- 2checkout.
- Midtrans.
- Bitpay.
- MOLpay.
Ketika menggunakan payment gateway di atas, kamu akan dikenai biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan. Besar biayanya tergantung pada paket Shopify yang kamu gunakan. Berikut besarannya:
- Basic Shopify = 2%
- Shopify = 1%
- Advanced Shopify = 0,5%
Sedangkan WooCommerce memiliki dua payment gateway bawaan, yakni PayPal dan Stripe. Jika ingin menambah metode pembayaran lain, kamu bisa meng- install extension atau plugin yang ditawarkan penyedianya.
Berikut beberapa payment gateway yang didukung di Indonesia dan dapat digunakan di WooCommerce:
- Midtrans.
- Faspay.
- iPaymu.
- iPay88.
- Xendit.
- Espay.
- DOKU.
Dan ketika kamu menggunakan payment gateway diatas, WooCommerce tidak menarik biaya apapun saat terjadi transaksi.
4. SEO (Search Engine Optimization)
Shopify memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk menerapkan SEO secara sederhana, baik untuk menentukan judul halaman produk, deskripsi produk, dan penggunaan keyword (kata kunci) .
Bukan hanya itu, Shopify juga mengelola sisi teknis dari optimasi mesin pencarian mengenai kecepatan loading dan keamanan lalu lintas data.
Dengan website yang cepat dan aman, kemungkinan toko online kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian Google juga akan lebih besar.
Optimalisasi SEO untuk WooCommerce juga tidak jauh berbeda dengan di Shopify. Kamu juga bisa mengatur judul halaman produk, deskripsi produk, maupun penggunaan keyword (kata kunci).
Akan tetapi, woocommerce bersifat self hosted, artinya optimasi SEO lainnya merupakan tanggung jawab kamu. Mulai dari membuat loading website yang cepat hingga membeli SSL certificate untuk keamanan yang harus dilakukan sendiri.
5. Keamanan
Selain fitur, keamanan website menjadi hal yang tidak kalah penting untuk bisnis online kamu. Baik keamanan untuk data customer, data transaksi pembayaran, maupun malware.
Ketika menggunakan shopify, pengelolaan keamanan dilakukan oleh Shopify. Sedangkan untuk woocommerce, sistem pengelolaan keamanan ada di tangan kamu.
6. Biaya
Terakhir biaya yang akan kamu keluarkan ketika menggunakan shopify atau woocommerce. Biaya per bulan untuk shopify lebih mahal dibandingkan woocommerce karena biaya shopify sudah mencakup beberapa layanan sekaligus, yaitu hosting, SSL certificate untuk keamanan, dan customer support 24/7.
Sedangkan biaya per bulan untuk woocommerce tergantung dari layanan hosting yang kamu digunakan. Selain hosting, kamu juga harus membeli layanan domain dan SSL certificate sendiri.
Kesimpulan:
Setelah membaca 7 perbedaan di atas, kamu juga bisa melihat tabel berikut :
Shopify | WooCommerce | |
---|---|---|
Fitur | Hampir sama dengan Woocommerce | Hampir sama dengan Shopify |
Desain | Pilihan tema tidak sebanyak Woocommerce | Pilihan tema lebih banyak daripada Shopify |
Add On | Pilihan add on tidak sebanyak WooCommerce | Pilihan add-on lebih banyak daripada Shopify |
Metode Pembayaran | Kamu dikenai potongan biaya untuk setiap transaksi melalui payment gateway pihak ketiga | Kamu tidak akan dikenai biaya transaksi payment gateway dari pihak ketiga |
SEO | Optimasi SEO lebih mudah karena telah dikelola penuh oleh Shopify | Optimalisasi SEO harus dikelola sendiri |
Keamanan | Pengelolaan keamanan dilakukan oleh Shopify | Pengelolaan keamanan ada di tangan kamu |
Biaya | Biaya per bulannya lebih mahal dibandingkan Woocommerce | Biaya per bulannya tergantung dari layanan hosting yang digunakan. Sehingga biayanya bisa lebih murah dibandingkan Shopify |
Sebenarnya Shopify dan WooCommerce sama-sama merupakan platform yang baik untuk membuat toko online. Shopify lebih cocok digunakan untuk pengguna yang kesulitan untuk mengelola toko online sendiri. Sedangkan woocommerce diperuntukkan untuk pengguna yang ingin memiliki kendali penuh atas toko online mereka.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!