Pekerjaan di dunia digital marketing memang menuntut untuk selalu bersikap dinamis. Salah satu bentuk kedinamisan dalam dunia digital marketing adalah bagaimana cara optimasi konten pemasaran. Sebelum memahami tentang optimasi konten pemasaran, kamu harus mengerti perbedaan antara search queries vs keywords terlebih dahulu.
Daftar isi
Apa Itu Search Queries dan Keywords?
Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan search queries vs keywords, berikut ini adalah pengertian dari masing-masing istilah tersebut:
A. Search Queries
Menurut SERP, search queries yaitu kumpulan kata atau frasa yang diatur dalam kolom pencarian di search engine. Kumpulan kata tersebut merupakan hasil kombinasi dari berbagai macam keyword.
Ketika kamu memasukkan kata-kata dalam search query ke dalam mesin pencarian, maka harapannya, hasil yang keluar bisa muncul dalam bentuk Search Engine Result Page atau SERP.
Hampir semua mesin pencarian sudah mendukung penggunaan search query. Beberapa mesin pencarian tersebut, yaitu Google, Yahoo, Bing, Baidu, dan masih banyak lagi.
B. Keywords
Sementara itu, menurut Yoast, keyword adalah kumpulan kata atau frasa yang merupakan deskripsi dari suatu konten. Pada umumnya, seorang Search Engine Optimization Specialist atau SEO Specialist akan mengoptimalkan penggunaan keyword di berbagai bagian dalam suatu konten.
Beberapa bagian atau komponen suatu konten yang bisa kamu lakukan optimasi menggunakan keyword, yaitu judul, meta deskripsi, alt gambar, dan isi konten. Tujuan optimasi keyword di berbagai bagian tersebut adalah agar konten yang telah kamu buat bisa menduduki urutan teratas dalam SERP.
Jika konten kamu menempati urutan teratas dalam proses pencarian, maka konten kamu memiliki potensi untuk mendapatkan banyak kunjungan dari audiens. Dengan begitu, maka konten kamu akan lebih cepat terkenal dan audiens akan bisa menemukannya dengan lebih mudah.
Perbedaan Search Queries vs Keywords
Setelah mengetahui pengertian antara search queries dan keywords, berikut adalah perbedaan antar search queries vs keywords yang perlu kamu ketahui:
1. Perbedaan Pengguna
Perbedaan utama antara search queries vs keywords, yaitu terletak pada siapa penggunanya. Dari definisi sebelumnya, dapat terlihat jika search query digunakan oleh para audiens untuk melakukan pencarian dalam search engine. Sementara itu, keywords digunakan oleh para pelaku pemasaran digital dalam pembuatan konten.
Para digital marketer bisa menggunakan keywords dalam strategi pemasaran SEO dan PPC (Pay-Per-Click). Kenapa perlu SEO untuk bisnis-mu? SEO merupakan aspek penting untuk mengoptimasi konten pemasaran suatu bisnis. Dalam implementasi SEO, para digital marketer biasanya menggunakan keywords di beberapa bagian konten.
Beberapa bagian tersebut, yaitu judul, meta deskripsi, alt gambar, isi konten, dan juga alamat URL konten. Sementara itu, dalam implementasi PPC, para pelaku pemasaran digital biasanya menggunakan keywords dalam website landing page dan ads agar bisa mendapatkan posisi teratas di SERP.
2. Perbedaan Penerapan
Perbedaan antara search queries vs keywords selanjutnya terletak pada penerapannya. Kamu bisa mengetahui perbedaan antara search query dan keyword dari beberapa contoh kasus berikut ini.
Sebagai contoh, kamu bekerja di sebuah perusahaan pakaian yang memproduksi aneka item pakaian, seperti baju, celana, tas, sepatu, dan aksesoris. Kemudian, sebagai pelaku pemasaran digital, kamu ingin memasarkan produk-produk pakaian di perusahaan kamu kepada masyarakat melalui konten digital.
Sebagai seorang digital marketer atau pelaku pemasaran digital, kamu harus memikirkan keyword apa yang sesuai dengan konten pakaian yang akan kamu pasarkan.
Penentuan keyword tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus melakukan riset terlebih dahulu dan mencari tahu topik atau search query apa yang sedang populer dan banyak dicari oleh masyarakat.
Kamu bisa menggunakan jasa SEO dan aneka tools untuk mengetahui topik apa yang sedang populer dan query apa yang paling banyak dicari. Beberapa tools tersebut, yaitu Google Search Console, Google Trends, atau Google Ads.
Setelah kamu mengetahui query apa yang paling banyak dicari, kamu bisa mulai menyusun keyword apa yang tepat untuk konten pemasaran kamu. Penyusunan keyword yang tepat akan membawa trafik yang tinggi untuk konten pemasaran dalam website kamu.
3. Contoh Kasus
Berdasarkan perbedaan pengguna dan perbedaan implementasi antara search queries vs keywords, berikut adalah contoh kasus bagaimana penerapan query dan keyword yang tepat.
Sebagai contoh, kamu bekerja sebagai digital marketer di perusahaan pakaian yang menjual sepatu sneaker. Untuk produk sepatu sneaker kamu sudah menemukan bahwa ada beberapa query yang sering dicari oleh para konsumen.
Beberapa query tersebut, antara lain “sepatu sneaker wanita”, “sepatu sneaker murah”, “sepatu sneaker wanita terbaik”, “sepatu sneaker wanita terlaris”, dan masih banyak lagi. Berbagai query tersebut kamu dapatkan dari Google Search Console dan observasi melalui e-commerce dan media sosial lainnya.
Dari contoh beberapa query tersebut, ada 2 kemungkinan keyword yang tepat dan bisa kamu gunakan. Kedua keyword tersebut, yaitu “sepatu sneaker” dan “sepatu sneaker wanita”. Setelah kamu mengetahui keyword yang tepat, selanjutnya kamu bisa mulai menyusun konten pemasaran kamu berdasarkan keyword tersebut.
Sesuai dengan ulasan sebelumnya, kamu bisa menggunakan kedua contoh keyword tersebut di beberapa bagian konten. yaitu judul, meta deskripsi, alt gambar, dan isi konten. Tujuannya yaitu agar para konsumen yang sedang mencari sepatu sneaker bisa menemukan konten pemasaran kamu dengan lebih mudah.
Sudah Tahu Perbedaan Antara Search Queries vs Keywords?
Salah satu tips memilih jasa digital marketing adalah mengetahui perbedaan antara search queries vs keywords. Tujuannya, yaitu agar konten pemasaran kamu bisa menghasilkan trafik yang tinggi.
Untuk memudahkan kamu dalam meningkatkan optimasi konten digital marketing, kamu bisa menggunakan jasa SEO Whello. Jasa SEO Whello akan mengoptimasi konten digital marketing kamu agar muncul pada urutan teratas di mesin pencarian. Jadi tunggu apa lagi? Ayo optimasi konten bisnis kamu sekarang juga!
Apa itu search queries?
Search queries, yaitu kumpulan kata atau frasa yang diatur dalam kolom pencarian di search engine. Kumpulan kata tersebut merupakan hasil kombinasi dari berbagai macam keyword. Kumpulan kata tersebut juga merupakan kata-kata yang sering dicari oleh para konsumen untuk menemukan produk atau layanan jasa tertentu.
Apa itu keywords?
Keyword adalah kumpulan kata atau frasa yang merupakan deskripsi dari suatu konten.
Apa perbedaan antara search queries vs keywords?
Search query digunakan oleh para audiens untuk melakukan pencarian dalam search engine. Keywords digunakan oleh para pelaku pemasaran digital dalam pembuatan konten pemasaran digital.
Bagaimana cara membuat konten pemasaran yang menarik?
Ketahui target pasar kamu dengan baik, pilih topik yang akan kamu jadikan konten, lakukan riset search query, tentukan keyword untuk konten berdasarkan search query, gunakan bahasa sesuai dengan persona target pasar kamu, gunakan konsep copywriting hard selling dan soft selling, promosikan konten kamu secara rutin di berbagai media sosial dan media lainnya
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!