SEO Youtube adalah metode optimasi agar konten video di Youtube dapat tampil dalam urutan teratas pencarian. Sama seperti SEO pada mekanisme mesin pencari Google. Youtube juga mempunyai tools dan standar sendiri untuk proses indexing konten video di platform nya.
Melalui struktur yang tepat, konten Youtube akan teroptimasi dan berpotensi untuk mendapatkan banyak penonton. Bagi kamu yang penasaran tentang cara optimasi pencarian konten di platform Youtube, yuk simak artikel ini selengkapnya!
Daftar isi
Apa itu SEO Youtube?
SEO Youtube adalah sebuah teknik optimasi konten video untuk dapat tampil secara maksimal di urutan teratas pada platform Youtube. Kenapa optimasi ini penting? Tujuannya adalah agar video mendapat banyak impresi atau interaksi dari pengguna Youtube. Sehingga, dengan keyword tertentu, video dapat tampil di posisi teratas.
Kemudian, Youtube sendiri merupakan platform mesin pencari yang punya struktur mekanisme kerja yang serupa dengan Google. Apa saja yang tersedia dalam basis datanya, bisa kamu temukan dengan kata kunci tertentu.
Karena konsep ini sama dengan SEO website, maka konten video di Youtube juga butuh optimasi tambahan seperti pemberian kata kunci, tag, kategori, dan lain sebagainya.
Selain itu, efektivitas optimasi inilah yang nantinya berpengaruh terhadap jumlah adsenses dan viewers dari sebuah konten di platform Youtube.
Cara Optimasi SEO Youtube
Setelah mengetahui definisinya, berikut adalah cara optimasi SEO di platform video Youtube.
1. Riset Keyword
Optimasi Youtube juga mengenal istilah kata kunci (keyword). Sama halnya dengan optimasi konten pada mesin pencari website, kamu perlu menempatkan kata kunci yang tepat.
Hal tersebut berlaku untuk kata kunci utama, kata kunci turunan, hingga sinonim keyword atau LSI. Namun, pastikan sebelum kamu menggunakan sebuah kata kunci pada konten. Lakukan riset keyword terlebih dahulu untuk mengetahui kata kunci apa yang paling relevan dengan konten kamu.
Karena kata kunci relevan inilah yang nantinya akan mempengaruhi optimasi konten pada mesin pencari. kamu bisa menggunakan toolKeyword Planner untuk melakukan riset.
2. Temukan Keyword Sesuai dengan Niche
Jika kamu ingin menjadi Youtuber profesional, maka hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu niche atau tema konten yang kamu kuasai. Pemilihan niche keyword sangatlah penting untuk menarik minat dari para viewers. Terlebih lagi, jika channel YouTube kamu masih terbilang baru.
Karena itu, kamu bisa menggunakan tool seperti Google Trends untuk mengetahui keyword serta keyword (frasa) turunannya. Melalui tools ini, kamu akan tahu bagaimana potensi persaingan dari kata kunci yang kamu pilih.
Selain itu, kamu juga dapat menentukan kata kunci apa yang sekiranya paling intens dicari oleh audiens dalam kurun waktu tertentu. Namun, pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan niche konten kamu.
3. Analisis Konten Terpopuler
Setelah melakukan riset keyword, tahapan ketiga dalam optimasi SEO Youtube adalah dengan melakukan analisis terhadap jenis konten terpopuler. Karena itu, kamu bisa melakukannya dengan cara menganalisa berbagai konten yang sesuai dengan kata kunci yang telah kamu riset sebelumnya.
Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan fitur pencarian di Youtube dan melakukan riset terkait konten mana yang sekiranya memiliki jumlah view terbanyak. Selain itu, pastikan juga konten populer yang kamu pilih ini merupakan jenis konten terbaru.
Sehingga, tren dari konten tersebut masih viral dan tingkat ketertarikan audiensnya juga masih tinggi. Setelah menentukan jenis konten yang tepat sebagai referensi, lakukan improvisasi serta optimasi konten. Sehingga hasilnya jadi jauh lebih berkualitas dari jenis konten sebelumnya.
4. Eksekusi dan Buat Konten yang Berkualitas
Sama seperti Google, algoritma pada platform YouTube juga terbilang rumit dan sering kali berubah-ubah. Meskipun memiliki keyword yang sama, bisa jadi konten kamu akan tampil di urutan kesekian atau di bawah konten milik orang lain.
Tak hanya itu, kualitas editing video juga akan menentukan apakah video bisa berada di peringkat atas atau justru malah paling bawah.
Kemudian, durasi video juga penting untuk mengetahui apakah konten tersebut mudah di indeks dengan jenis keyword tertentu atau tidak.
Selain itu, kemasan video juga harus menarik dan membuat audiens menjadi penasaran. Namun, hindari penggunaan thumbnail berlebihan karena akan terkena clickbait dan konten kamu tidak bisa termonetisasi.
5. Optimasi Metadata
Cara optimasi SEO Youtube selanjutnya adalah dengan Metadata. Pada tahap ini, kamu perlu melakukan rangkaian optimasi terkait struktur dalam konten tersebut. Sisipkan keyword pada judul. Pemetaan judul dan keyword merupakan aspek Struktur tersebut mencakup beberapa aspek, yakni sebagai berikut:
pertama yang menjadi struktur indexing Youtube. Keyword pada judul inilah yang nantinya akan berperan sebagai senjata konten untuk dapat tampil optimal dalam mesin pencarian.
- Optimasi deskripsi video. Selain judul, keyword juga harus muncul dalam deskripsi konten. Kemudian, usahakan agar kolom deskripsi video selalu memuat kalimat yang mengandung unsur keyword.
- Masukkan tag yang tepat. Tag video akan membantu Google dan YouTube dalam memahami konteks atau kategori video kamu. Melalui tag, konten kamu akan tampil dengan jangkauan luas untuk berbagai jenis kata kunci. Untuk menemukan tag yang tepat, kamu bisa menggunakan tool RapidTags.
- Berikan hashtag yang sesuai. Hashtag biasanya muncul di bagian atas judul yang berupa tanda pagar lalu diikuti dengan rangkaian kata yang sesuai. Sama halnya dengan tag, hashtag berfungsi sebagai penanda atau kategori tambahan terhadap konten untuk bisa tampil dengan berbagai jenis kata kunci.
- Terakhir categories, tentukan juga kategori yang sesuai dengan jenis konten yang akan kamu unggah. Misalnya, kamu membuat konten “cara berolahraga di rumah”. Maka, buatlah kategori video tersebut dalam kategori “sport” atau “olahraga”.
6. Promosikan Konten di Media Sosial
Terakhir, cara optimasi video di Youtube adalah dengan mempromosikan konten kamu di berbagai media sosial. Contohnya, buat konten di Instagram maupun TikTok yang menampilkan cuplikan dari video Youtube kamu. Sehingga, audiens penasaran dan akan menonton konten tersebut secara penuh di kanal Youtube.
Nantinya, kamu juga bisa melakukan evaluasi untuk melihat apakah optimasi berjalan dengan baik atau tidak. Salah satu tool yang dapat kamu gunakan untuk evaluasi ini adalah Youtube Analytics. Tool ini akan menyediakan laporan dan data lengkap untuk meningkatkan kualitas konten.
Sudah Tahu Bagaimana Cara Optimasi SEO Youtube?
Intinya, SEO Youtube adalah metode optimasi berdasarkan kata kunci dan struktur algoritma mesin pencari. Nah, bagi kamu yang butuh jasa optimasi SEO, kamu bisa mendapatkannya hanya di Jasa SEO Youtube dari Whello. Seluruh layanannya terbukti optimal dengan mekanisme dan pengerjaan yang profesional.
Apa itu SEO pada platform video Youtube?
SEO pada platform video Youtube adalah teknik optimasi konten agar tampil di urutan teratas pencarian Youtube.
Apa langkah pertama dalam optimasi konten Youtube?
Lakukan riset kata kunci yang relevan dengan jenis konten.
Apa saja skema metadata pada Youtube?
Skema metadata pada Youtube antara lain adalah keyword, meta description, tag, hashtag, dan categories.
Berapa durasi video yang tepat untuk monetisasi Youtube?
Durasi video yang sesuai dengan standar monetisasi Youtube yakni video dengan durasi lima menit ke atas.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!