Banyak orang mulai mempelajari konsep social commerce, terutama para pelaku bisnis media sosial yang menginginkan bisnisnya berkembang dan memberikan keuntungan lebih. Namun, seperti apa konsep tersebut dan bagaimana cara kerjanya? Ketahui lebih lanjut melalui artikel ini!
Daftar isi
Mengenal Social Commerce
Media sosial telah bertransformasi dan berkembang menjadi sebuah wadah interaktif untuk melakukan transaksi jual beli dengan lebih mudah dan praktis. Fenomena tersebut merupakan bagian dari Social Commerce yang telah menjadi bagian dari banyak transaksi bisnis di media sosial.
Secara sederhana, Social Commerce dapat dijelaskan sebagai keseluruhan proses jual beli antara pemilik bisnis dan pembeli melalui media sosial. Fenomena ini memungkinkan pembeli untuk merasakan pengalaman yang berbeda selama bertransaksi di media sosial.
Melalui platform jual beli media sosial, kamu dapat melihat wujud dan kualitas barang yang ditawarkan melalui postingan media sosial. Bukan hanya itu, kamu pun dapat berinteraksi dengan penjual secara langsung melalui fitur live chat serta mendapat kemudahan dalam proses pembelian, pembayaran, hingga `pelacakan pesanan.
Bagaimana Social Commerce Mengoptimalkan Bisnis Kamu?
Social Commerce disediakan oleh pihak media sosial untuk memudahkan proses belanja. Pembeli tidak akan diarahkan menuju laman eksternal, melainkan dapat menyelesaikan seluruh transaksi belanja langsung di dalam aplikasi. Sehingga, pembeli tidak perlu merasa bingung dengan keseluruhan proses jual beli yang tengah berlangsung.
Selain kemudahan dalam bertransaksi, berikut adalah cara fitur ini dapat bermanfaat bagi bisnis kamu:
1. Social Commerce dan Brand Awareness
Apabila produk kamu banyak dikenal konsumen dan terdapat banyak ulasan positif, maka peluang calon pembeli untuk membeli produk kamu akan semakin meningkat.
Karena hal ini memungkinkan peningkatan brand awareness terhadap produk-produk kamu melalui fitur-fitur editing dan penayangan konten serta iklan yang disediakan oleh media sosial.
Lebih lanjut lagi, kamu juga dapat memanfaatkan fitur iklan yang ditawarkan pihak media sosial. Fitur ini memungkinkan produk kamu untuk lebih menjangkau target potensial dan membuat produk kamu lebih dikenal orang banyak. Selain itu, fitur iklan juga dapat meningkatkan kesan positif terhadap produk kamu.
2. Meningkatkan Potensi Target Konsumen
Karakteristik pengguna di tiap media sosial tentunya berbeda-beda. Apabila kamu ingin meningkatkan penjualan, maka kamu harus memilih media sosial yang cocok dengan target pasar produk kamu. Dengan begitu, kamu mampu merencanakan jenis konten yang cocok dengan pemirsa dari media sosial yang digunakan.
Selain itu, kamu juga harus mampu meningkatkan pengalaman interaktif dengan pembeli. Pengalaman interaktif antara penjual dan pembeli merupakan salah satu komponen penting dari social commerce.
Kamu dapat memulainya dengan memberikan pelayanan responsif melalui kolom komentar, pesan pribadi, dan live chat.
3. Jejak Digital
Segala hal yang ada di dunia digital tidak akan dengan mudah dihapus dan akan selalu meninggalkan jejak digital sampai kapanpun. Oleh karenanya, kamu harus menampilkan profil media sosial yang positif sekaligus menarik dan memberikan pelayanan optimal untuk konsumen kamu.
Pengalaman pelanggan yang baik akan memberikan pengaruh positif kepada penjualan produk kamu, karena persepsi positif konsumen terhadap produk kamu telah terbentuk.
Mengapa Harus Memilih Media Sosial untuk Menjalankan Bisnis?
Media sosial dapat menjadi sebuah platform yang bagus untuk memasarkan produk secara optimal. Ditambah dengan adanya fitur social commerce yang membuat kegiatan berbelanja semakin mudah dan menyenangkan. Berikut alasan lain mengapa kamu harus menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis kamu:
1. Jangkauan Konsumen Lebih Luas
Bila target konsumen kamu adalah penduduk dengan rentang usia muda (18–35 tahun), maka media sosial merupakan tempat yang baik untuk memasarkan produk kamu.
Hal ini dikarenakan target konsumen dengan rentang usia tersebut merupakan kelompok pengguna sosmed dengan persentase terbanyak dari total keseluruhan pengguna.
2. Social Commerce dan Pengalaman Sosial
Pengalaman interaktif antara penjual dan pembeli merupakan salah satu komponen utama dalam berjualan di sosial media. Tetapi, pengalaman interaktif antar sesama pembeli juga merupakan hal yang penting.
Sebagai contoh, seorang pembeli mampu bercerita dan menanyakan pendapat kepada temannya mengenai suatu produk melalui postingan media sosialnya. Selain itu, pembeli juga dapat memberikan ulasan produk secara langsung di akun mereka dan dapat berinteraksi secara langsung dengan brand produk kesukaannya.
Penceritaan pengalaman berbelanja di pusat perbelanjaan seperti inilah yang dicari pembeli. Mereka dapat mencari produk yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang-orang terdekat mereka, seperti halnya ketika berbelanja langsung.
3. Ulasan Instan dan Keuntungan Fantastis
Tidak hanya memiliki sistem yang sederhana, Social Commerce juga mampu memberikan tanggapan pelanggan yang lebih cepat. Melalui fitur katalog yang telah tersedia sebelumnya, kamu akan mampu memperoleh tanggapan langsung dari konsumen kamu perihal produk yang mereka sukai ataupun tidak.
Selain itu, kamu memiliki kesempatan untuk berbicara lebih dekat lagi dengan konsumen kamu mengenai produk yang mereka sukai serta kritik dan saran untuk pengembangan bisnis kamu. Kamu dapat melakukan hal ini melalui fitur pesan pribadi ataupun kolom komentar di setiap postingan produk kamu.
Selanjutnya, jika kamu mampu mengoptimalkan pelayanan konsumen dan konten produk, maka potensi mendapat keuntungan besar juga semakin tinggi. Hal ini terjadi karena lebih dari 85% penduduk Indonesia menggunakan media sosial untuk berbelanja. Sebuah nilai keuntungan yang menjanjikan, bukan?
Tertarik Mencoba Social Commerce ?
Pengalaman social commerce yang baik tidak didapatkan begitu saja. Pengelolaan media sosial yang optimal harus dilakukan dengan baik, agar konsumen memiliki pengalaman berbelanja menggunakan media sosial dengan kesan yang menyenangkan dan memuaskan.
Bagi kamu yang ingin mengoptimalkan potensi social commerce, Whello Indonesia menyediakan jasa sosial media marketing yang dapat membantu kamu mengoptimalkan strategi social commerce bisnis kamu.
Whello meliliki spesialis digital marketing yang sudah tersertifikasi dan berpengalaman dalam social media marketing. Whello akan membuat strategi yang dipersonalisasi untuk membantu mencapai tujuan bisnis kamu. Mulai dari membuat konten yang menarik hingga menjalankan kampanye iklan yang tertarget. Selain itu, Whello juga telah membantu berbagai bisnis melakukan social media marketing, hubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dan dapatkan informasi penting lainnya.
Apa saja platform yang cocok untuk social commerce yang optimal?
TikTok, Facebook dan Instagram.
Produk apa yang sering dibeli melalui platform-platform tersebut?
Pakaian, Produk Kecantikan, Makanan dan Minuman.
Bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan social commerce?
Menggunakan chat bot agar pembeli tidak merasa diabaikan saat kamu sedang sibuk melayani pembeli lain. Membangun kedekatan dengan pelanggan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan. Meminta ulasan dari pembeli untuk ditampilkan pada calon pembeli lain sebagai testimoni dan untuk kemajuan bisnis kamu.
Apa saja fitur-fitur unggulan dari masing-masing platform media sosial untuk pengoptimalan social commerce?
TikTok memiliki Fitur Live Shop untuk mengadakan siaran langsung sambil berjualan secara real time. Sedangkan Facebook memiliki Fitur Marketplace untuk menemukan dan menjual barang-barang ke target pasar lokal secara langsung. Dan Instagram memiliki Fitur Instagram Shopping yang memungkinkan penjual menambahkan tag harga pada postingan produk untuk memudahkan proses jual-beli.
Bagaimanakah cara berinteraksi dengan konsumen yang dapat meningkatkan pengalaman social commerce?
Bersikap ramah dalam menjawab setiap pertanyaan dan keinginan konsumen. Aktif membalas komentar ataupun pesan pribadi dari setiap konsumen. Aktif menawarkan produk kepada konsumen, baik melalui pesan pribadi, live shopping, ataupun postingan rutin. Responsif terhadap keluhan konsumen.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!