Setelah membuat konten, tentu kamu ingin konten yang telah kamu buat tersebut dibaca oleh banyak orang kan? Pembaca belum tentu datang dengan sendirinya ke website kamu, terlebih jika website kamu tergolong masih baru dan belum memiliki pembaca sama sekali.
Maka dari itu, setelah membuat konten akan lebih baik jika kamu mempromosikan (mendistribusikan) konten kepada banyak orang. Semakin banyak yang membaca konten kamu, semakin banyak pula kunjungan ke website kamu.
Lalu, bagaimana cara mempromosikan konten dengan tepat? Simak penjelasannya dibawah ini:
Daftar isi
1. Manfaatkan Media Sosial
Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan konten yaitu memanfaatkan media sosial. Ada berbagai media sosial yang bisa kamu gunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau media chatting seperti WhatsApp dan Line.
Banyak cara yang bisa kamu gunakan, seperti membuat link blog pada profile Instagram, Instagram stories, atau Facebook status update.
Berikut salah satu contoh promosi konten melalui profile instagram:
2. Promosi di Forum Online
Ketika bergabung dalam sebuah forum online, tentu kamu akan menemukan banyak orang sebagai anggota forum (members). Apalagi kalau kamu bisa bergabung di forum besar, misalnya Kaskus.
Kaskus dapat membantu kamu meningkatkan jumlah pembaca konten dan kunjungan website, karena kaskus merupakan forum dengan berbagai topik seperti teknologi, kuliner, olahraga, dan topik lainnya.
Selain kaskus, kamu juga bisa bergabung di forum media sosial seperti forum di group Facebook atau group WhatsApp yang relevan dengan topik konten atau niche website kamu.
Setelah bergabung dengan salah satu group online, kamu bisa membuat postingan mengenai konten kamu. Berikut salah satu contoh postingan yang bisa kamu buat.
3. Promosi Di Kolom Komentar
Cara promosi selanjutnya yaitu dengan meninggalkan komentar di blog atau website yang populer dan memiliki banyak visitor (memiliki banyak komentar/aksi dari visitor). Dimana komentar yang akan kamu berikan berisi link yang mengarah pada konten kamu. Misalnya meninggalkan komentar di Medium.
Kamu juga bisa meninggalkan komentar di website tanya jawab seperti Quora . Atau memberi komentar di postingan grup Facebook atau WhatsApp.
Dan perlu diingat, kamu juga tidak boleh memberikan sembarangan komentar di website atau forum tertentu, karena bisa dianggap spam. Tinggalkan komentar pada blog atau postingan yang relevan dengan konten atau website kamu.
Berikut salah satu contoh komentar di salah satu postingan di Group Facebook:
Ketika ada salah satu anggota grup yang bertanya tentang “affiliate marketing”, maka kamu bisa meninggalkan komentar dengan link yang membahas tentang affiliate marketing.
4. Menggunakan Email Marketing
Email juga bisa menjadi salah satu platform yang bisa kamu gunakan sebagai strategi mempromosikan konten. Email marketing cukup efektif untuk meningkatkan trafik atau mendatangkan banyak orang ke blog atau website kamu. Banyak juga pemilik website atau blog yang telah melakukan strategi ini.
Masih ingat bagaimana cara melakukan email marketing? Mungkin kamu bisa membaca kembali artikel sebelumnya mengenai tips sukses melakukan email marketing.
Berikut salah satu contoh promosi konten melalui email marketing:
5. Melalui Paid Ads
Banyak yang mengira promosi konten melalui paid ads (iklan berbayar) menjadi sesuatu yang berlebihan dan menghabiskan biaya. Mereka menganggap masih banyak platform gratis yang bisa digunakan, media sosial misalnya.
Pernyataan tersebut memang benar, tetapi promosi melalui paid ads jauh lebih murah dari yang dibayangkan. Paid ads juga akan menampilkan iklan pada target audiens yang tepat sesuai dengan karakteristik atau niche website/blog kamu. Kamu juga bisa menentukan biaya yang akan kamu keluarkan.
Selain itu, paid ads akan membantu mempromosikan di beberapa platform besar seperti Google, Facebook, dan Instagram sehingga kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas.
Kamu bisa melihat contoh promosi konten melalui Facebook Ads pada gambar dibawah:
Sumber gambar: AdEspresso
Baca juga: Cara Pasang Iklan di Google dan Tutorial Lengkap Membuat Facebook Ads .
Bagaimana dengan konten kamu? Apakah kamu sudah melakukan promosi? Cara apa yang akan kamu lakukan? Tinggal pilih salah satu 5 cara diatas ya.
Semoga bermanfaat.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!