Dalam mengembangkan bisnis, penting untuk melakukan strategi penulisan press release yang baik. Press Release merupakan sarana untuk menyampaikan informasi ke khalayak ramai. Ini juga bisa dijadikan sebagai promosi bisnis dan meningkatkan kredibilitas perusahaan.
Hal ini karena semakin banyak informasi mengenai kegiatan perusahaan, nama baik perusahaan semakin meningkat. Sehingga investor dan konsumen akan lebih mudah percaya kepada perusahaan.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang strategi dan manfaat press release, kamu bisa membaca penjelasan dibawah ini. Terlebih dahulu kamu juga perlu mengetahui pengertian press release.
Daftar isi
Pengertian Press Release
Press release adalah alat yang digunakan untuk tujuan memberikan informasi ke banyak orang (secara public). Biasanya press release ini dibuat oleh perusahaan untuk mengumumkan kegiatan apa yang dilakukannya.
Biasanya terkait dengan acara besar yang melibatkan banyak orang atau berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat dalam sebuah perusahaan.
Dengan demikian, orang bisa mengetahui aktivitas apa yang dilakukan oleh suatu perusahaan, hal ini bisa meningkatkan branding agar perusahaan lebih dikenal lebih luas lagi.
Media untuk pemberitaan ini bisa dari berbagai bentuk, mulai dari koran, televisi, pamphlet, sosial media, blog website, dan media online lainnya.
Isi press release juga harus jelas dan singkat karena press release tidak boleh sampai disalah pahami agar informasi bisa diterima dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembuatan press release.
Oleh sebab itu, penting untuk membuat strategi press release yang sesuai dengan konteks tujuan. Contohnya untuk branding perusahaan, membuat banyak orang memahami informasi penting perusahaan, sampai dengan pemberitahuan adanya event tertentu secara jelas.
Biasanya press release hanya terdiri dari satu sampai dua halaman saja.
Jenis-jenis Press Release
Setelah mengetahui apa itu press release, saatnya mempelajari jenis-jenis press release yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu:
1. General News
General news adalah jenis press release yang umum digunakan. Sesuai dengan namanya, press release ini berguna untuk mengumumkan informasi yang penting atau mengenai sebuah peristiwa untuk konsumsi publik.
Biasanya jenis press release ini digunakan oleh narasumber untuk menyampaikan berita dengan membuat press release. Bisa dilakukan oleh pemerintah, lembaga, hingga perguruan tinggi.
General News ini bisa digunakan untuk memberikan informasi positif tentang perusahaan. Misalnya, memenangkan penghargaan, akreditasi naik, sehingga juga meningkatkan profesionalitas dan kepercayaan masyarakat.
Untuk contohnya, kamu bisa melihat press release yang dibuat oleh BMKG Indonesia.
2. Event Press Release
Untuk jenis ini berguna untuk menyajikan informasi yang berkaitan dengan event atau acara yang sedang berlangsung. Formatnya menuliskan tentang kegiatan apa saja yang terjadi selama acara secara terperinci.
Untuk lebih menarik pembaca, digunakan list, bulleting, atau poin agar pembaca bisa memahami informasi kegiatan tersebut dengan baik.
Salah satu contoh event press release dibuat oleh Property Makassar ketika mengadakan anniversary perusahaan mereka dengan menyediakan berbagai acara.
3. Launch Release
Sesuai namanya, jenis ini digunakan sebagai strategi press release yang bertujuan untuk mengumumkan peluncuran produk baru, situs, pegawai baru, teknologi baru, dan hal-hal lainnya yang memiliki sifat “baru dirilis”.
Format penulisannya sama dengan general news, akan tetapi ada perbedaan dari segi pembahasannya. Launch release lebih memberitahukan informasi tentang sesuatu hal yang baru dan itu yang dijadikan sebagai topik utamanya.
Selain itu, press release dengan jenis ini juga bisa dilakukan untuk menjelaskan ide baru sebagai inovatif. Bisa juga menceritakan tentang kelebihan sampai fitur baru yang menjadi unggulan perusahaan.
Kamu bisa melihat conto launch release oleh Academia.
4. Executive, Staff, dan Employee
Jika kamu memiliki bisnis yang besar dan dalam perekrutan pekerja, strategi press release jenis ini bisa dipakai. Masukkan informasi penting mengenai direktur yang dilantik, contohnya dengan menuliskan biografi dari karyawan hingga tujuannya.
Hal ini penting terutama yang memiliki perusahaan besar dengan perekrutan jabatan sehingga bisa mengetahui siapa yang bertanggung jawab, mengelola, hingga bekerja di perusahaan tersebut.
Kualitas dari karyawan juga perlu diketahui orang banyak agar semakin mudah mempromosikan bisnis kamu profesional. Bisa dilihat contohnya pada press release yang di ditulis oleh Jotform.
5. Product Press Release
Ini sebenarnya mirip dengan Launch Press Release yang menerbitkan semua informasi untuk pertama kalinya atau mengenai baru. Namun, untuk product press release ini khusus untuk mendeskripsikan produk dengan lebih detail.
Dari product press release ini, kamu bisa mengetahui kelebihan dari suatu produk dan kamu juga bisa menilainya apakah produk tersebut berkualitas atau tidak. Contohnya bisa dilihat pada press release oleh Slide Share.
6. Rebranding Press Release
Press release ini digunakan apabila perusahaan mengubah citranya berbeda dari sebelumnya. perubahan image ini perlu dikenalkan ke publik agar mengubah image sampai mengenalkan branding terbarunya.
Dengan begitu, perusahaan dapat merepresentasikan dengan baik dan memberitahukan ekspektasi apa yang diinginkan orang pada rebranding tersebut. Penting untuk menjelaskan latar belakang perubahan tersebut serta alasan memilihnya.
Press release rebranding juga pernah dibuat oleh Hero.co.id, kamu bisa melihat sebagai contoh.
7. Partnership Press Release
Jenis ini akan memberitahukan rekan bisnis atau partner kamu dengan perusahaan yang lain. Perusahaan yang berkolaborasi ini perlu diinformasikan ke publik.
Tujuannya agar stakeholder dan konsumen lebih percaya pada perusahaan kamu karena sudah ada partnership dengan perusahaan yang juga memiliki citra baik.
PTPP adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Perindustrian, Konstruksi, dan Engineering Procurement and Construction (EPC). Mulai dari proses perdagangan, pengelolaan kawasan, peningkatan kapasitas jasa di bidang konstruksi, jasa perekayasaan serta perencanaan, pengembangan dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya. Mereka selalu membuat berbagai artikel press release untuk membuat konsumen percaya dengan bisnis mereka.
8. Expert Position Press Release
Berikutnya adalah press release yang menginformasikan biografi seseorang yang ahli di bidang tertentu. Manfaat dari press release ini sebagai referensi perusahaan lain jika mereka membutuhkan keahlian yang dimiliki orang tersebut.
Untuk contohnya, kamu bisa melihat expert position press release yang ditulis oleh Tiqets.
Strategi Press Release yang Baik
Untuk membuat press release tidak boleh sembarangan, berikut tips press release yang baik untuk menghindari berbagai kesalahan dan informasi dapat tersampaikan dengan baik.
- Buat sesuai struktur press release, biasanya ada 3 struktur yaitu: judul (Head) sesuai dengan isi artikel. Portal berita (lead) tuliskan subjek dari topik dan 5W+1H di bagian ini. Isi (body) dengan menggunakan konsep segitiga terbalik dimana yang paling penting ditaruh di atas kemudian di bawah adalah penjelasannya.
- Tambahkan keterangan “Untuk Ditayangkan Segera” agar berita tersebut segera dirilis dan tidak ketinggalan update dari perusahaan.
- Tambahkan logo atau alamat perusahaan di bagian judul agar bisa diketahui dari mana press release itu dibuat.
- Tambahkan pula kontak yang bisa dihubungi agar bisa mengetahui informasi lebih lanjut jika pembaca masih penasaran atau ingin melakukan aksi tertentu. Misalnya, mengikuti event selanjutnya, menjadi investor, dan lain-lain.
- Buatlah judul yang menarik, jelas, dan singkat, hal ini penting karena judul berpengaruh terhadap minatnya membaca seseorang. Jika menggunakan judul menarik, tentu ini akan menjadikan daya tarik tersendiri sehingga penasaran dan ingin mengetahui informasi lengkapnya.
- Untuk lebih terpercaya dan terlihat profesional, cantumkan juga data statistik yang mendukung pernyataan dalam press release tersebut. Tambahkan sumber agar lebih faktual dan kredibel.
- Buatlah isi press release yang tidak terlalu panjang agar membuat pembaca mudah memahaminya. Jika terlalu panjang, tulisan rentan untuk disalahartikan sehingga bisa menimbulkan mispersepsi. Pakai juga bahasa yang umum diketahui banyak orang.
- Tips yang terakhir yaitu membuat sejelas mungkin dan informatif. Fokuslah pada pengembangan paragraf dari topik utama agar tidak menyimpang.
Sudah Siap Menulis Artikel Press Release?
itulah beberapa jenis artikel press release yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Strategi press release di atas memiliki manfaat besar agar bisnis lebih menonjol dibandingkan kompetitor.
Jika kamu kesulitan membuat artikel press release, Jasa Copywriting oleh Whello bisa membantu kamu. Whello telah membantu banyak klein mereka dalam menulis artikel press release. Whello juga memiliki team yang juga profesional dalam menulis artikel, 8 strategi diatas juga digunakan Whello. Tunggu apa lagi? hubungi kontak Whello sekarang, atau kamu juga bisa melihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Semoga bermanfaat.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!