Instagram stories merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengupdate foto dan video, bersifat sementara dan tidak dapat dilihat setelah 24 jam.
Dalam laporan keuangan Facebook untuk periode Q4 2018 yang dirilis pada pada Januari, 2019 oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menjelaskan bahwa 500 juta pengguna Instagram aktif membagikan foto dan video berdurasi lebih dari 15 detik melalui fitur Instagram Stories.
Hal ini membuat banyak para pebisnis yang memanfaatkan fitur ini sebagai bagian strategi social media marketing mereka. Instagram stories membantu mereka menjangkau lebih banyak calon konsumen serta dapat menjadi cara untuk menjalin hubungan yang lebih dekat (engaging) dengan konsumen.
Instagram stories dapat digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, seperti memperkenalkan produk terbaru, mengadakan promo (giveaway), berbagi tips, atau memberi tahu konsumen mengenai informasi terbaru tentang bisnis kamu.
Berikut contoh instagram stories untuk untuk berbagi tips dengan konsumen:
Berikut ada 5 tips promosi bisnis melalui Instagram story:
Daftar isi
1. Manfaatkan Fitur Q & A
Saat ini, Instagram telah meluncurkan fitur terbaru mereka yaitu fitur Q & A (Questions and answers). Dengan fitur ini kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada konsumen, atau memberikan kesempatan untuk mereka bertanya.
Instagram Stories yang berisi fitur Q & A merupakan salah satu cara untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, mereka dapat berpartisipasi dalam Q & A dengan mengirim langsung berbagai pertanyaan.
Berikut contohnya:
Atau konsumen juga bisa bertanya mengenai bisnis kamu:
2. Adakan Polling
Polling merupakan fitur instagram stories yang telah banyak digunakan para pebisnis. Polling bertujuan untuk mendapatkan feedback dari konsumen mengenai bisnis kamu.
Perhatikan contoh berikut:
Berdasarkan contoh diatas, ketika kamu ingin mengetahui produk yang paling banyak disukai oleh konsumen, kamu bisa membuat polling mengenai perbandingan dua produk, dan melihat hasil polling dengan nilai persentase tertinggi.
Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan produk yang kurang disukai oleh konsumen (produk dengan nilai polling yang lebih rendah).
3. Tampilkan Feeds Terbaru
Salah satu kelebihan instagram stories yaitu bisa menampilkan postingan feed terbaru yang kamu buat untuk dijadikan stories. Hal ini bertujuan agar konsumen lebih aware tentang postingan kamu.
Ini juga menjadi peluang yang besar untuk meningkatkan jumlah like atau komentar pada postingan. Berikut contoh postingan feed yang di posting pada instagram stories :
4. Gunakan Konten yang Menarik
Membuat konten yang menarik merupakan satu hal yang paling penting agar konsumen juga tertarik untuk melihat stories yang kamu buat, baik konten dengan jenis teks, gambar, atau video.
Selain menarik, konten tersebut juga harus memberikan manfaat bagi mereka agar mereka senang (suka) melihat setiap stories yang kamu bagikan.
Tips membuat konten yang menarik untuk instagram stories:
- Buat caption dengan kata-kata yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti.
- Gunakan emoji yang menarik dan sesuai dengan isi konten yang kamu buat.
- Sesekali gunakan foto atau video dengan backsound musik yang menarik agar konsumen tidak bosan saat melihat stories kamu.
- Gunakan format ukuran dan durasi yang benar, yaitu gambar atau video yang berukuran 1080 x 1920 pixel dengan durasi 15 detik.
- Gunakan berbagai aplikasi untuk menghasilkan foto atau video yang lebih menarik, seperti unfold, inShot, atau StoryArt.
5. Simpan Pada Stories Highlights
Mengingat instagram stories hanya bisa dilihat selama 24 jam, dikhawatirkan tidak semua konsumen melihat instagram stories yang kamu buat. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menyimpan beberapa stories tersebut pada stories highlights.
Kamu tidak perlu menyimpan semua stories, simpanlah stories yang perlu diketahui atau dibutuhkan oleh konsumen, seperti mengenai informasi terbaru, tutorial penggunaan produk, tips penting, atau informasi penting lainnya.
Berikut contoh stories highlights:
Sudah Siap Menggunakan Instagram Stories?
Dengan menerapkan beberapa tips yang telah dibahas di artikel ini, kamu dapat meningkatkan efektivitas promosi bisnis kamu melalui Instagram Stories.
Melalui kreativitas dalam konten, konsistensi dalam posting, penggunaan fitur-fitur yang disediakan, menggunakan konten yang menarik, dan analisis terhadap kinerja konten kamu, kamu dapat menciptakan kampanye promosi yang lebih efisien dan menarik bagi audiens.
Namun, jika kamu kesulitan melakukannya sendiri, kamu bisa menggunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.
Isi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!