Menghasilkan artikel yang SEO Friendly bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sering terjadi beberapa kesalahan yang dilakukan oleh penulis.
Kesalahan saat menulis artikel akan berdampak buruk terhadap website dan artikel itu sendiri. Salah satunya adalah tidak mendapatkan posisi yang bagus di Google, bahkan bisa hilang. Tentunya hal ini akan merugikan website kamu.
Berikut 10 kesalahan yang perlu kamu hindari saat menulis artikel:
Daftar isi
1. Judul Artikel Kurang Menarik
Judul artikel yang kurang menarik akan memberikan dampak buruk terhadap isi artikel kamu. Pasalnya jika judul artikel kamu kurang menarik, Akan membuat pembaca malas untuk melanjutkan membaca artikel.
Untuk membuat judul artikel yang menarik. Gunakan formula 4U untuk membuat judul artikel yang pernah dibahas pada artikel sebelumnya.
Selain menarik, judul juga sebaiknya mengandung kata kunci dari artikel yang kamu buat. Agar google mudah untuk mengindeks artikel kamu.
2. Keyword Stuffing
Keyword stuffing yaitu penggunaan kata kunci (keyword) yang berlebihan pada isi artikel. Misalnya teks yang terdapat di dalam isi artikel terdiri dari 300 kata dan mengandung 70 kata kunci di dalam nya. Kejadian seperti Ini dinamakan keyword stuffing.
Banyak yang berpikir bahwa dengan banyak menggunakan kata kunci pada isi artikel akan memudahkan Google mengindeks artikel kamu.
Padahal itu sama sekali tidak benar, menggunakan keyword secara berlebihan akan membuat tulisan tersebut susah untuk dipahami. Maka perhatikan penggunaan kata kunci pada artikel yang kamu buat. Tidak perlu menggunakan keyword yang berlebihan, cukup gunakan kata kunci pada judul, struktur url, dan beberapa di dalam isi artikel.
Perhatikan contoh dibawah ini:
A. Contoh penggunaan kata kunci yang berlebihan
Promosi melalui media sosial dapat dilakukan melalui Facebook. Promosi melalui media sosial juga dapat dilakukan melalui Instagram, Twitter dan LinkedIn. Budget yang digunakan untuk melakukan promosi melalui media sosial juga dapat diperkirakan dan tidak terlalu besar. Sehingga kamu dapat mengalokasikan budget kamu untuk keperluan lain dengan melakukan promosi melalui media sosial.
B. Contoh penggunaan kata kunci yang benar
Promosi melalui media sosial dapat dilakukan melalui Facebook, Instagram, Twitter dan LinkedIn. Budget yang digunakan juga dapat diperkirakan dan tidak terlalu besar. Sehingga kamu dapat mengalokasikan budget kamu untuk keperluan lain.
Berdasarkan contoh di atas kamu dapat melihat perbandingan contoh a dengan contoh b. Contoh a menggunakan banyak kata kunci sehingga bertele-tele dan sulit untuk dipahami. Sedangkan contoh b lebih simpel dan mudah untuk dimengerti oleh pembaca.
3. Related Link Tidak Ditemukan
Ketika menggunakan internal link maupun external link pada artikel. Ada beberapa link yang tidak bisa ditemukan. Hal ini biasanya terjadi karena salah dalam memasukkan link, url link sudah diganti atau link tersebut sudah dihapus.
Kejadian seperti ini akan memberikan dampak yang tidak baik bagi SEO.
Penting untuk memastikan link yang dimasukkan pada artikel kamu. Pastikan link tersebut dapat dijalankan dan ditemukan.
4. Penggunaan Anchor Text yang Tidak Tepat
Penggunaan internal link pada artikel memang bagus untuk nilai SEO. Namun, jika kamu menggunakan anchor text yang salah maka akan berdampak terhadap SEO tersebut. Anchor text yaitu teks yang berisi suatu link tertentu.
Anchor text yang salah yaitu anchor text yang tidak memberikan nilai terhadap pembaca. Misalnya penggunaan kata “di sini”, “di sana” atau “ini”.
Gunakan anchor text yang tepat. Misalnya kamu memasukkan link artikel mengenai “Tips Menulis Artikel”. Maka gunakan “tips menulis artikel” pada anchor text kamu.
Perhatikan contoh anchor text yang salah berikut ini:
Internal link penting untuk artikel dan SEO kamu. Kenapa? Untuk penjelasannya kamu dapat membaca artikel sebelumnya mengenal pentingnya internal link untuk artikel kamu.
Pada contoh diatas, dapat dilihat penggunaan anchor text diletakkan pada kata “artikel sebelumnya”. Seharusnya anchor text diletakkan pada “mengenal pentingnya internal link untuk artikel kamu”.
5. Terlalu banyak Typo
Typo merupakan kesalahan penulisan ketika menulis artikel. Kesalahan ini biasanya berupa kekurangan huruf, salah huruf atau salah meletakkan huruf.
Setelah menulis artikel, penting memeriksa kembali artikel tersebut. Atau kamu bisa menggunakan microsoft word atau google docs untuk menulis draft tulisan sebelum memindahkannya ke website. Di 2 aplikasi tersebut kamu bisa mengetahui apabila ada kata-kata yang salah pengetikannya.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Optimalisasi SEO dapat dilakukan dengan membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualita dapat menghasilkan SEO yang baik pula.
Pada contoh diatas dapat kamu dapat melihat penulisan kata “berkualitas” yang typo menjadi “berkualita”. Apa makna dari kata-kata tersebut? Hal ini tentu akan merusak citra artikel kamu.
6. Tidak Memperhatikan Kualitas Konten
Meskipun penting untuk mengoptimasi artikel untuk SEO, tidak boleh dilupakan bahwa kualitas konten juga sangat penting. Artikel yang berkualitas rendah akan sulit mendapatkan peringkat yang baik.
7. Isi Konten yang Tidak Relevan
Penting untuk memastikan bahwa konten yang kita tulis relevan dengan kata kunci dan topik yang ditargetkan. Isi konten yang tidak relevan dapat mengacaukan upaya SEO kita.
8. Meta Deskripsi yang Tidak Menarik
Meta deskripsi adalah ringkasan singkat dari isi artikel yang muncul dalam hasil pencarian. Mengabaikan meta deskripsi yang menarik dapat mengurangi jumlah klik ke artikel kamu.
9. Penggunaan Heading Tag yang Salah
Heading tag (H1, H2, H3, H4) digunakan untuk mengatur struktur dan hierarki artikel. Menggunakan heading tag yang salah dapat membuat mesin pencari bingung tentang isi artikel kamu.
10. Teks Anchor yang Tidak Relevan
Penggunaan teks anchor yang tidak relevan dapat membingungkan pembaca dan mesin pencari tentang apa yang sebenarnya akan dijumpai ketika mengklik tautan tersebut.
Hal ini dapat merugikan pengalaman pengguna dan juga dapat mempengaruhi peringkat halaman dalam hasil pencarian, karena mesin pencari akan menilai bahwa halaman tersebut tidak relevan dengan teks anchor yang digunakan.
Hindari 10 Kesalahan Menulis Artikel Diatas!
10 Kesalahan di atas merupakan kesalahan yang sering dilakukan penulis, terutama artikel yang SEO friendly. Buatlah artikel sesuai dengan kriteria SEO yang baik dan benar.
Jika kamu mengalami kesulitan dalam hal ini, Whello merupakan agensi digital marketing yang menyediakan jasa copywriting. Whello dapat membantu kamu membuat konten yang dapat menaikkan trafik website kamu.
Whello juga akan membantu kamu menganalisis target audiens bisnis kamu, kemudian membuat teks copywriting yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Kamu bisa menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi secara gratis dan dapatkan informasi lengkap lainnya.
Apa itu Artikel SEO Friendly?
Artikel SEO friendly adalah artikel yang ditulis dengan memperhatikan teknik SEO untuk meningkatkan peringkat halaman dalam hasil pencarian mesin pencari.
Mengapa penting untuk menulis artikel SEO Friendly?
Menulis artikel SEO friendly membantu meningkatkan visibilitas konten kita di mesin pencari, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pembaca.
Mengapa keyword research penting dalam menulis artikel SEO Friendly?
Keyword research membantu menemukan kata kunci yang relevan dan populer, sehingga artikel kita memiliki peluang lebih tinggi untuk muncul dalam hasil pencarian.
Apa dampak negatif dari over-optimalisasi keyword?
Over-optimalisasi keyword dapat dianggap sebagai praktik spamming oleh mesin pencari, yang dapat menyebabkan penurunan peringkat halaman atau bahkan hukuman.
Mengapa kualitas konten penting dalam artikel SEO Friendly?
Kualitas konten yang baik meningkatkan kepuasan pembaca dan membuat artikel lebih berharga, sehingga lebih disukai oleh mesin pencari.
Mengapa harus memperhatikan relevansi konten dengan kata kunci?
Menggunakan konten yang relevan dengan kata kunci meningkatkan keakuratan halaman dalam hasil pencarian dan membantu menarik pembaca yang tepat.
Mengapa URL harus diatur dengan baik?
URL yang relevan, ringkas, dan mudah dibaca membantu mesin pencari dan pembaca memahami isi halaman sebelum mengaksesnya.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!