Daftar isi
Apa Itu PPC?
PPC (Pay Per Click) adalah salah satu bagian dari “internet marketing” dimana sebuah bisnis hanya perlu membayar iklan ketika target klien mengklik iklan bisnis tersebut. Model periklanan ini disediakan oleh beberapa perusahaan seperti Google, Facebook, dan Instagram.
Berikut contoh iklan bisnis yang menggunakan PPC melalui Google:
Pada gambar diatas, kamu dapat melihat sebuah bisnis yang menggunakan model iklan PPC akan ditandai dengan logo “ad” di sebelah kiri alamat website.
Kenapa Penting Menggunakan PPC?
Agar lebih mengenal PPC, kamu perlu mengetahui manfaat dan alasan mengapa kamu harus menggunakan iklan PPC. Berikut 4 alasannya:
1. Dapat Mengatur Target Audiens
Dengan menggunakan iklan PPC, kamu dapat mengukur berapa banyak audiens yang akan kamu targetkan dalam sebuah iklan, karena semakin banyak audiens yang mengklik iklan kamu, maka semakin banyak pula biaya yang akan kamu keluarkan. Misalnya kamu menargetkan 5.000 audiens, 7.000 audiens, atau 10.000 audiens.
Iklan PPC juga dapat menargetkan audiens yang lebih tepat sasaran, misalnya kamu mempunyai bisnis perlengkapan sekolah, berarti target bisnis kamu adalah siswa atau mahasiswa.
2. Mudah di Temukan pada Mesin Pencari
Saat menggunakan iklan PPC, dalam waktu cepat kamu akan berada pada page one di halaman pencarian. Berbeda ketika kamu melakukan optimalisasi SEO yang membutuhkan waktu yang tidak terukur atau bahkan bisa lama.
Sehingga jika bisnis kamu sudah menggunakan iklan PPC, secara otomatis akan berada berada pada posisi yang bagus di halaman pencarian, kamu bisa mendapatkan calon klien yang lebih banyak dalam waktu singkat.
3. Algoritma Tidak Mempengaruhi PPC
Google, Facebook, dan Instagram memiliki algoritma tersendiri mengenai hasil pencarian user. Algoritma ini akan terus berubah sesuai dengan minat dan aktivitas user (pengguna). Sehingga bisa saja user atau follower kamu melewati postingan atau promosi bisnis kamu. Pastinya bisa merugikan bisnis kamu bukan?
Nah, dengan PPC kamu tidak perlu khawatir, karena iklan PPC tidak berpengaruh pada algoritma Google, Facebook, dan Instagram. Iklan kamu akan tetap tersampaikan kepada target audiens atau follower kamu.
4. Dapat Melakukan Anggaran Biaya
Setelah membaca ketiga poin diatas, apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai iklan PPC? Apakah kamu berpikir biaya untuk melakukannya mahal? Murah? atau bagaimana? Jawabannya adalah “tergantung anggaran yang kamu miliki”.
PCC mempunyai sistem iklan online yang memungkinkan kamu mengatur biaya iklan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Kamu bisa membuat iklan PPC dengan biaya puluhan juta rupiah atau ratusan ribu rupiah saja.
PPC untuk Memasarkan Online
Setelah membaca 4 alasan diatas, apakah kamu tertarik menggunakan iklan PPC untuk bisnis kamu? Lalu, bagaimana cara melakukannya? Kamu bisa baca pada artikel selanjutnya mengenai 3 jenis iklan PPC untuk melakukan iklan PPC.
Bingung untuk Melakukan Iklan Sendiri?
Jika kamu ingin memasarkan produkmu namun bingung atau ragu untuk melakukan iklan, kamu bisa menggunakan jasa iklan google dari Whello Indonesia.
Jasa iklan google dari Whello dapat membantumu untuk membantu memasarkan bisnis dan mencapai target yang kamu inginkan. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik!
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!