Saat ini, WhatsApp tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi seperti chat, voice call, atau video call. WhatsApp juga digunakan untuk keperluan bisnis, sehingga pada tanggal 18 Januari 2018, Facebook resmi merilis WhatsApp Business (WhatsApp Bisnis). Aplikasi ini diperuntukkan bagi pebisnis agar lebih mudah terhubung ke sejumlah besar pengguna atau para pelanggan.
Melalui WhatsApp Business, pebisnis tidak hanya menggunakan aplikasi tersebut untuk mengirim pesan pribadi, tetapi memperkenalkan bisnis kepada para pengguna WhatsApp.
Bagi yang belum mengetahui WhatsApp Business akan berpendapat bahwa menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger pun dapat menjalin komunikasi kepada para konsumen. Namun perlu kamu ketahui, kedua aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda.
Daftar isi
Perbedaan WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business
1. Logo Aplikasi
Pada WhatsApp Messenger, gambar logo berupa icon telepon, sedangkan logo pada aplikasi WhatsApp Business menggunakan huruf B dengan huruf kapital.
Tetapi, background logo kedua aplikasi tersebut tetap menggunakan warna hijau yang menjadi ciri khas WhatsApp.
Logo WhatsApp Messenger:
Logo WhatsApp Business:
2. Profile
Jika profil pada WhatsApp Messenger hanya menampilkan nama, informasi singkat, serta nomor telepon pengguna.
Pada WhatsApp Business bisa menampilkan beberapa informasi tentang bisnis kamu, seperti deskripsi bisnis, lokasi atau alamat, kategori, email, dan website.
Profile pada WhatsApp Messenger:
Profile pada WhatsApp Business:
3. Penggunaan Google Maps
Melalui WhatsApp Business kamu juga bisa menambahkan alamat (lokasi) bisnis yang langsung terhubung ke Google Maps. Dan fitur ini tidak akan kamu temukan pada WhatsApp Messenger.
4. Fitur Pesan Otomatis
WhatsApp Business menyediakan tiga fitur pesan otomatis yang tidak terdapat di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur tersebut adalah sebagai berikut.
-
Away Message
Fitur yang digunakan untuk membalas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari konsumen pada luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi. Kamu dapat membuat isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.
-
Greeting Message
Fitur balas pesan otomatis yang bisa kamu kirimkan saat konsumen pertama kali menghubungi Kamu.
-
Quick Replies
Fitur ini bisa kamu gunakan untuk membuat teks balasan mengenai hal yang sering ditanyakan konsumen. Caranya mudah, buatlah beberapa pesan balasan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh konsumen tentang bisnis kamu.
5. Kategori Bisnis
Pada kolom profil di WhatsApp Business, kamu memilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis kamu.
Sementara pada WhatsApp Messenger, tidak terdapat fitur ini. Fitur ini mempermudah para konsumen untuk mengetahui bisnis apa yang sedang kamu jalankan.
6. Labels
Fitur label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria tertentu.
Pengelompokan pesan yang terdapat pada WhatsApp Business, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat kamu hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda.
Dengan adanya fitur Labels (pengelompokan pesan) sangat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para konsumen.
7. Tanda Centang Akun Bisnis
WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan. Pihak WhatsApp Business akan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi.
Apabila akun kamu sudah terverifikasi secara resmi, konsumen kamu akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di samping judul chat. Selain itu, nama bisnis kamu akan terlihat meskipun konsumen belum menyimpan kontak kamu.
Dengan adanya fitur ini, bisnis kamu terlihat lebih kredibel dan profesional, bukan? Tanda centang ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu masih menggunakan WhatsApp Messenger.
8. Reach More Customer
WhatsApp Business menyediakan fitur ini yang membantu kamu mendapatkan lebih banyak calon konsumen, dimana kamu bisa membuat iklan Facebook, menghubungkan WhatsApp dengan akun Facebook dan Instagram kamu, serta memungkinkan kamu membagikan link WhatsApp dan QR Code kepada banyak orang.
Manfaat WhatsApp Business
Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya WhatsApp Business, diantaranya:
A. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Dengan adanya fitur profil bisnis pada WhatsApp Business, pembeli dapat mengecek informasi bisnis kamu dengan mudah. Kamu bisa meyakinkan calon konsumen bahwa bisnis kamu kredibel dan profesional.
Terlebih jika kamu memiliki toko online sendiri, kamu dapat membangun branding yang lebih baik dan meningkatkan kredibilitas bisnis.
B. Lebih Mudah Berkomunikasi Dengan Konsumen
Manfaat utama yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan Whatsapp Business yaitu mudahkan kamu berkomunikasi dengan konsumen.
Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan konsumen.
Selain itu, aplikasi ini menyedia fitur Label dan Statistik. Dengan adanya fitur ini, kamu lebih mudah melakukan follow up konsumen. Misalnya untuk konsumen dengan label “unpaid”, kamu dapat melakukan follow up hanya kepada konsumen berlabel “unpaid”.
C. Mempermudah Mempromosikan Bisnis
Selain berkomunikasi, WhatsApp Business juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing dan promosi.
Aplikasi ini menyediakan fitur catalog yang memungkinkan kamu untuk memasukkan foto produk yang kamu tawarkan. Kamu dapat menyebarkan link produk banyak orang, baik dengan mengirimkan pesan broadcast ataupun media lainnya, seperti instagram atau facebook.
Bukan hanya itu, WhatsApp Business juga menungkinkan kamu membuat iklan Facebook, menambahkan akun Facebook dan Instagram untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Cara Menggunakan WhatsApp Business
Untuk menggunakan WhatsApp Business, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.
1. Unduh WhatsApp Business
Langkah pertama untuk menggunakan WhatsApp Business yaitu mengunduh (download) WhatsApp Business melalui Google Play atau App Store di smartphone kamu.
2. Masukkan Nomor Telepon
Sama dengan WhatsApp Messenger, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang akan kamu gunakan.
3. Tambahkan Profile Bisnis
Kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan foto profile, nama akun, dan kategori bisnis.
4. Lengkapi Profile Bisnis
Pada menu “Setting”, lengkapi profil bisnis dengan menekan tombol “Business Tools”.
Disini kamu bisa menambahkan beberapa informasi mengenai bisnis kamu melalui Profile Business, Catalog, Message Tools, and Reach More Customers.
A. Business Profile
Pada menu ini, kamu bisa menambahkan/ganti foto profile, mengisi Nama bisnis, phone number, Business Hours, Address, Email Address, Website, Catalog, Business Categories, dan About (sekilas tentang bisnis kamu).
B. Catalog
Tambahkan beberapa foto produk bisnis kamu dengan meng-klik tombol “Add new item”.
C. Greeting Message
Langkah selanjutnya yaitu isi form pada fitur pesan otomatis melalui “Greeting Message”. Isi pesan otomatis sesuai dengan keinginan.
D. Away Message
Kemudian masukkan pesan away message jika kamu ingin menggunakan fitur ini.
E. Quick Message
Kamu juga bisa menambahkan quick replies untuk membantu kamu menanggapi pesan konsumen secara cepat.
F. Labels
Isi label untuk pengelompokkan chat.
G. Advertise on Facebook
Untuk meningkatkan penjualan bisnis, kamu juga bisa membuat iklan Facebook (Facebook Ads) dengan mengklik tombol “Create a new Facebook Ad”.
H. Facebook and Instagram
Pada bagian ini, kamu bisa menambahkan link Facebook Page dan link akun Instagram bisnis kamu.
I. Short Link
Fitur ini berfungsi untuk menyediakan link dan QR Code WhatsApp Business kamu yang dapat dibagikan kepada banyak orang.
Nah berikut contoh tampilan kontak WhatsApp Business kamu.
Menggunakan akun WhatsApp Business merupakan hal yang sangat baik untuk membantu menjalankan bisnis. Dengan fitur-fitur yang disediakan, pemilik usaha bisa dengan mudah mengontrol bisnisnya, mulai dari menjaga komunikasi lebih baik, mengatur waktu, serta memudahkan dalam mempromosikan produk.
Kamu salah satu pebisnis online? Yuk mulai cobain WhatsApp Business. Jika ada pertanyaan, tinggal tulis di kolom komentar dibawah ya.
Semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Carousel Ads Instagram: Format Iklan yang Menarik!
Carousel ads instagram, format iklan yang efektif dan efisien bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan brand!
Boost Post Instagram: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya
Boost Post Instagram adalah solusi untuk memperluas audiens kamu. Ketahui lebih lanjut tentang konsep dan cara kerjanya di situs kami!
8 Strategi Promo Liburan untuk Iklan Google Ads
Temukan 8 strategi promo liburan yang efektif untuk meningkatkan iklan Google Ads kamu. Dapatkan tips dan trik menariknya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!