Saat melakukan optimalisasi SEO untuk website, Anchor Text menjadi salah satu bagian penting yang perlu kamu perhatikan. Anchor text adalah text yang berisi link tautan yang mengarah ke website lain (external link) maupun website itu sendiri (internal link).
Dalam sebuah halaman website, anchor text biasanya terdiri dari warna tulisan yang berbeda atau berupa teks yang digarisbawahi. Berikut contoh anchor text dalam sebuah halaman website:
Ketika membuat anchor text, gunakan kata-kata yang memberikan nilai bagi pembaca, karena anchor text yang salah akan memberikan dampak yang buruk terhadap SEO.
Contoh penggunaan kata anchor text yang salah misalnya “disini”, “ini”, “itu”, dan lain-lain.
Google akan menilai penggunaan kata anchor text yang salah tersebut sebagai spam. Karena pada dasarnya, Google menjadikan anchor text untuk mengetahui informasi mengenai isi dari sebuah website atau halaman website. Anchor text juga mendeskripsikan konten dalam halaman website tersebut
Naaah untuk menghindari kesalahan saat membuat anchor text, ada 6 jenis anchor text yang bisa kamu gunakan.
Daftar isi
1. Branded Anchor Text
Branded anchor text adalah anchor text yang terdiri dari nama merk atau brand tertentu. Jenis anchor text ini cukup aman digunakan dan banyak digunakan untuk menunjukkan sebuah brand.
Contoh branded anchor text:
<a href=”https://whello.id”>Whello</a>
2. Generic Anchor Text
Generic Anchor Text adalah anchor text yang digunakan untuk mengajak seseorang melakukan suatu action (tindakan). Misalnya “Klik Disini”, “Baca Selanjutnya”, “Download Disini” atau “Lihat Selengkapnya”.
Berikut contoh penulisan generic anchor text:
<a href=”https://whello.id/tips-digital-marketing/tools-untuk-instagram-marketing/”>Baca Selengkapnya</a>
3. Exact-Match Anchor Text
Exact-Match Anchor Text adalah anchor text yang menggunakan kata kunci yang sama persis dengan tautan (link) yang digunakan. Misalnya kamu ingin menggunakan link yang membahas tentang “Apa itu unique selling point”, maka anchor text yang kamu buat “apa itu unique selling point”.
Berikut contoh penulisannya:
<a href=”https://whello.id/tips-digital-marketing/apa-itu-unique-selling-point/”>Apa Itu Unique Selling Point</a>
4. Partial-Match Anchor Text
Partial-Match Anchor Text adalah anchor text dengan memodifikasi kata kunci link yang digunakan. Misalnya kamu menggunakan kata kunci “Cara membuat Google Sitelink”, maka kamu bisa membuat anchor text “Cara Membuat Google Sitelink Untuk Website Kamu”.
Berikut contoh penulisannya:
<a href=”https://whello.id/tips-digital-marketing/cara-membuat-google-sitelink/”>Cara Membuat Google Sitelink Untuk Website Kamu</a>
5. Naked Link Anchor Text
Naked link anchor text adalah anchor text yang dibuat sesuai dengan link yang kamu gunakan. Jenis anchor text ini biasa digunakan untuk menunjukkan link tertentu.
Berikut contohnya:
<a href=”https://whello.id/portofolio/”>https://whello.id/portofolio/</a>
6. Images Anchor Text
Images anchor text adalah anchor text yang digunakan untuk membuat tautan untuk sebuah gambar. Ketika menggunakan jenis anchor ini, maka kamu bisa mengosongkan anchor text nya.
Berikut contohnya:
<a href=https://whello.id/tips-digital-marketing/”> </a>
Membuat anchor text terbilang cukup mudah, tinggal menentukan kata kunci dan berikan tautan (link). Namun ada baiknya jika kamu memperhatikan hal-hal berikut.
- Gunakan salah satu 6 jenis anchor text diatas sesuai dengan kebutuhan (poin 1 hingga 6). Misalnya jika kamu ingin membuat anchor text untuk menunjukkan brand tertentu, kamu bisa menggunakan jenis anchor text branded. Dan jika kamu ingin membuat anchor text untuk menunjukkan sebuah perintah, maka kamu bisa menggunakan generic anchor text.
- Buat anchor text yang relevan dengan isi konten kamu.
- Jangan salah memasukkan link (tautan) pada anchor text yang kamu buat.
Setelah mengetahui jenis anchor text diatas, apakah selama ini kamu sudah membuat anchor text dengan benar? Mungkin kamu bisa mengevaluasi kembali dan lakukan perbaikan untuk anchor text yang salah. Jangan lupa komen di kolom komentar dibawah ya.
Terimakasih dan selamat mencoba.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!