SEO (Search Engine Optimization) menjadi hal yang dapat membantu untuk membuat website kita bisa berada di peringkat teratas halaman Google.
Meskipun SEO biasanya lebih sering digunakan untuk optimalisasi website, ternyata juga bisa diimplementasikan di platform media sosial, seperti Instagram.
Nah, pada artikel ini kita akan membahas apa itu optimalisasi SEO pada Instagram, tujuan, dan cara melakukan optimalisasi SEO di Instagram.
Baca juga: Apa itu SEO? Jenis dan Alasan Penting SEO!
Daftar isi
Apa Itu Instagram SEO?
Instagram SEO adalah sebuah proses optimasi konten instagram, yaitu strategi untuk meningkatkan peringkat profil di Instagram kamu pada hasil Instagram search engine.
Dengan menerapkan Instagram SEO ini, maka konten kamu akan lebih mudah ditemukan oleh calon followers kamu. Jika profil Instagram kamu mudah ditemukan, maka banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti menambah jumlah followers, hingga meroketkan engagement konten.
Belum lagi, di dalam bisnis, followers inilah yang bisa kamu prospek menjadi pelanggan kamu. Jadi ada banyak keuntungan dari Instagram SEO ini, kan?
Tujuan Optimasi SEO pada Instagram
Tujuan optimasi SEO pada Instagram yaitu untuk menambah kedatangan pengunjung menuju ke akun instagram kamu. Tentu saja hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan akun Instagram tersebut.
Cara Optimasi SEO di Instagram
Bagi kamu yang ingin melakukan optimasi SEO di Instagram, baik untuk keperluan personal maupun bisnis, berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk melakukan optimasi SEO di Instagram yang bisa kamu coba:
1. Optimalkan Profil Instagram
Profil Instagram sangatlah penting apalagi untuk kamu yang ingin berbisnis. Untuk memunculkan profil di hasil pencarian, kamu perlu mengoptimasi profil Instagram bisnis kamu.
Bagaimana caranya? ikuti langkah berikut ini :
- Ubah pengaturan profil kamu menjadi publik.
- Pilih foto profil yang menarik, penuh warna dan sesuai dengan bisnismu.
- Buat username atau nama pengguna yang mudah dikenali dan dicari.
- Daftarkan akun Instagram kamu ke akun Instagram bisnis.
- Lalu jangan lupa sertakan tautan website atau link bisnis onlinemu pada bio Instagram kamu.
2. Masukkan Kata Kunci Utama ke Username dan Display Name
Jika ingin bisnis cepat berkembang dan dikenal, maka pilihlah display name atau username yang sangat menarik. Karena hal ini juga menjadi bagian dari optimasi SEO Instagram yang perlu kamu ketahui.
Kamu perlu menentukan kata kunci utama untuk digunakan pada username dan display name, seperti misalnya, kamu memiliki usaha Coffee Shop.
Ketika para pengguna ingin mencari Coffee Shop, maka akun Instagram kamu akan muncul di hasil pencarian tersebut.
3. Maksimalkan Alt Text
Fitur ini adalah fitur baru pada Instagram yang memiliki beberapa kegunaan, seperti :
- Bermanfaat bagi para tuna netra yang ingin menikmati pengalamannya saat menggunakan media sosial.
- Membantu struktur Instagram pada foto sehingga foto tersebut akan muncul ke para pengguna yang menyukai konten yang sama.
- Lalu, penggunaan Alt text ini juga bisa digunakan agar foto yang di upload dapat ditemukan dengan mudah menggunakan mesin pencarian di luar instagram seperti google.
Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur Alt Text ini, caranya cukup mudah. Pada layar sebelum kamu berbagi foto, biasanya muncul pilihan “pengaturan lanjutan”.
Kemudian kamu bisa menemukan kolom “Tulis alt texts kamu”. Nah, buatlah deskripsi untuk menerangkan gambar kamu sehingga mudah ditemukan oleh para pengguna Instagram lain.
4. Gunakan Kata Kunci Turunan pada Bio instagram
Tidak masalah jika username dan display name kamu tidak mengandung kata kunci utama pada Instagram. karena kamu masih bisa kok menambahkan kata kunci utama dan turunan bio Instagram bisnismu.
Misal, sebagai contoh, kamu memiliki usaha coffee shop, tambahkan kata kunci turunan bio kamu seperti: “jual kopi terbaik Pekanbaru”. Begitu ada followers yang sedang ingin membeli kopi, maka profil kamu punya peluang muncul pertama di hasil pencariannya.
5. Menggunakan Kata Kunci pada Hashtag
Menggunakan kata kunci pada hashtag sangatlah penting. Dengan menggunakan hashtag pada setiap postingan di Instagrammu, maka kamu bisa berpotensi untuk membawa para pengunjung menuju akun Instagram kamu.
Itulah mengapa sangatlah penting menyiapkan hashtag sebaik mungkin pada postingan kamu, karena hashtag merupakan bagian dari optimasi SEO pada Instagram. Carilah hashtag yang relevan dan sesuai dengan postingan kamu.
6. Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption
Selain meningkatkan pencarian melalui hashtag, kamu bisa juga dengan menggunakan caption. Menggunakan caption pada postingan dan konten yang kamu upload juga penting. Tujuannya, agar para pengguna mengetahui maksud dari konten yang kamu posting. Selain itu, dengan menggunakan caption bisa juga memaksimalkan optimasi Instagram.
Dalam optimasi SEO Instagram rupanya kita juga harus menggunakan kata kunci dalam caption. Karena hal ini akan dapat mengoptimalkan postingan kita agar bisa dengan mudah ditemukan oleh para pengguna. Jadi mulai sekarang buatlah caption yang menarik dan mengandung kata kunci.
7. Memanfaatkan Tag dan Mention Instagram
Menggunakan dan memanfaatkan fitur tag dan mention pada Instagram juga bisa membuat konten dan profil kamu lebih mudah untuk ditemukan oleh para pengguna lainnya.
Semakin banyak kamu mendapatkan tag dan mention dari profil lain, maka Instagram akan menilai bahwa konten kamu relevan. Dengan begitu, konten kamu akan punya peluang besar muncul di Instagram search engine followers kamu.
Cara Mendapatkan Tag Dan Mention
Ini ada beberapa cara mudah untuk memanfaatkan tag dan mention Instagram.
- Membuat konten kerjasama
Agar kamu mendapatkan tag dan mention, maka buatlah konten kerjasama atau konten yang sesuai dengan bisnis kamu.
- Tag dan mention user lain yang bekerjasama dengan kamu
Adanya kerjasama dengan user lain, akan mempermudah kamu untuk bisa tag user lain dan mencantumkan username mereka di caption. Tujuannya adalah agar konten kamu masuk di kumpulan foto fitur tagging user lain.
- Tag Lokasi
Lalu, kamu bisa juga menggunakan tag lokasi, dengan kamu menggunakan tag lokasi maka konten kamu akan lebih mudah untuk ditemukan.
8. Perhatikan dan Lihat Perkembangan Instagram pada Analitik
Setelah kamu melakukan cara optimasi SEO pada Instagram seperti cara di atas, maka jangan lupa untuk selalu perhatikan perkembangannya di analitik. Instagram mempunyai fitur analitik yang akan mempermudah kamu untuk memperhatikan perkembangan akun Instagram kamu.
Jadi, kamu bisa dengan mudah menganalisa performa akunmu yang berguna untuk dijadikan bahan penyusunan strategi bisnis di Instagram kamu.
Sudah Berhasil Melakukan Optimalisasi SEO di Instagram?
Demikianlah, beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melakukan optimasi SEO pada Instagram. Dengan mencoba 8 cara cara seperti di atas, maka konten di Instagram akan lebih mudah ditemukan oleh para pengguna lain pada mesin pencari. Semoga bermanfaat ya.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!