Ada banyak aspek yang harus diperhatikan ketika kamu ingin sukses menjalankan bisnis online. Salah satunya yaitu mengetahui teknik copywriting untuk jualan online. Teknik copywriting sangatlah penting karena kekuatan kata-kata bisa membuat orang terpengaruh dan membeli produk atau jasa kamu.
Copywriting sendiri adalah teknik penulisan kata di berbagai media seperti media sosial, website, dan media lain yang bertujuan untuk menarik atau memberi pengaruh kepada orang lain. Agar usaha online kamu berjalan dengan baik, berikut 10 rahasia teknik copywriting yang bisa kamu contoh.
Daftar isi
1. Manfaatkan Data dan Statistik
Data adalah suatu hal yang sangat powerful saat ini dan akan sayang sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Kamu bisa menggunakan data untuk membuat copywriting yang bagus. Jika kamu memiliki data yang bagus mengenai produk atau fenomena yang berhubungan dengan produk, maka ini menjadi keuntungan tersendiri.
Artinya kamu memiliki senjata untuk mempengaruhi dan meyakinkan calon konsumen bahwa produk kamu memiliki kualitas baik dan akan berpengaruh baik bagi mereka. Apalagi didukung dengan adanya data yang membuat calon customer mudah percaya.
Contohnya ketika kamu memiliki bisnis aplikasi atau website, kamu bisa menyajikan data tingginya transformasi digital saat ini. Data tersebut akan menyadarkan calon pelanggan akan pentingnya transformasi digital sehingga berpotensi besar untuk bekerja sama dengan kamu.
2. Gunakan Storytelling
Teknik berjualan secara langsung dengan memberikan penawaran bukanlah metode yang efektif saat ini. Teknik yang juga sering disebut sebagai hard selling ini sudah banyak ditinggalkan. Hal ini dikarenakan secara psikologi manusia tidak suka disuruh dalam hal ini disuruh untuk membeli sebuah produk.
Lalu bagaimana caranya menyampaikan produk kepada pelanggan tanpa membuat mereka merasa tidak nyaman? Solusinya dengan menggunakan storytelling. Ya, untuk membuat customer merasa nyaman, kamu bisa bercerita dalam copywriting yang kamu lakukan.
Deliver produk kamu dengan sebuah cerita yang tidak membosankan. Bukan berarti kamu harus membuat kisah seperti halnya dongeng, tapi cukup rangkai kata-kata sehingga tidak terlalu hard selling dan membuat pembaca tidak ingin berhenti membaca tulisan kamu.
Storytelling biasa kita lihat pada cara copywriting Instagram yang menggunakan metode post carousell.
3. Berbicara Kepada Pembaca
Sangat penting untuk bisa terhubung secara emosi dengan pembaca kamu. Caranya tentu saja dengan berbicara kepada mereka melalui tulisan. Ini bisa dibilang merupakan cara copywriting jualan online yang paling penting.
Untuk bisa berbicara kepada pembaca melalui teks, kamu harus benar-benar memahami dahulu target pembaca, hak ini bisa dilakukan melalui riset.
Jika produk yang kamu jual merupakan produk yang banyak digunakan oleh anak muda, maka kamu bisa menyesuaikan gaya bahasa seperti anak muda kekinian. Hal ini tentu berbeda jika target audiens kamu merupakan laki-laki paruh baya dengan usia yang tidak lagi muda.
Selain usia, ada beberapa hal lain yang jangan sampai luput dari riset kamu. Seperti domisili, tingkat pendidikan, hobi, kesukaan, dan lain-lain dari calon customer.
4. Tawarkan Manfaat
Ini merupakan bagian dari teknik soft selling. Cara copywriting jualan online dilakukan dengan menawarkan manfaat kepada pembaca daripada menawarkan fitur dan kelebihan secara langsung.
Cara ini akan menstimulasi otak pembaca agar langsung memikirkan hal positif apa yang akan mereka dapatkan dari produk kamu. Cara ini lebih efektif daripada kamu langsung menyebutkan fitur-fitur yang ada pada sebuah produk.
5. Tuliskan Testimoni Pelanggan Sebelumnya
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian calon customer adalah dengan menuliskan testimoni dari pelanggan sebelumnya. Beberapa orang memang mengaku lebih yakin akan suatu produk setelah membaca testimoni positif dari pelanggan yang sudah mencoba sebelumnya.
Melihat fakta ini, maka penting bagi kamu untuk menuliskan testimoni dari customer kamu sebelumnya. Tapi hindari menggunakan testimoni palsu karena ini akan berdampak buruk pada bisnis yang sedang dijalankan.
Metode ini cukup efektif pada cara copywriting website, Instagram, dan platform lain yang memungkinkan kamu mencantumkan media sebagai bukti testimoni.
6. Menggunakan Kalimat yang Menantang Calon Customer
Cara copywriting jualan online selanjutnya yaitu dengan menggunakan kalimat yang menantang calon customer. Cara ini cukup efektif untuk membuat calon customer berpikir untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang sedang kamu tawarkan.
Contoh kalimat menantang yang dimaksud di sini seperti ketika kamu menawarkan sebuah promo, maka tambahkan kata-kata seperti “yakin mau melewatkan kesempatan ini?” di akhir kalimat. Dengan demikian, calon customer akan merasa sayang apabila melewatkan kesempatan tersebut.
Sehingga besar kemungkinan mereka berakhir dengan membeli produk yang sedang ditawarkan tersebut.
7. Jangan Ragu Menggunakan Angka
Masih berhubungan dengan data, jangan pernah ragu untuk menggunakan angka pada data kamu. Cara ini juga bisa berhubungan dengan storytelling. Dimana kamu bisa bercerita menggunakan data yang didukung dengan angka-angka untuk meyakinkan calon customer.
Jika data yang kamu gunakan cukup meyakinkan dan sesuai dengan fenomena yang terjadi. Maka besar kemungkinan ada banyak customer yang berhasil kamu tarik melalui teknik ini.
8. Penempatan Konten yang Bagus
Teknik ini harus diperhatikan dengan benar ketika kamu menerapkan cara copywriting Instagram. Dimana penempatan konten adalah hal yang sangat penting agar pembaca merasa nyaman ketika melihat konten kamu.
Beberapa penempatan yang harus diperhatikan antara lain seperti judul yang menarik, menggunakan CTA button, sorotan pada bagian yang penting, memberikan link yang relevan (seperti lnik ecommerce atau website olshop kamu), menyajikan keterangan yang lengkap, dan masih banyak lagi.
Untuk cara copywriting jualan online yang satu ini, kamu bisa riset dan terus melatih skill copywriting ini dengan melihat postingan milik orang lain yang bagus.
9. Gunakan Pertanyaan jika Diperlukan
Menggunakan pertanyaan adalah cara yang juga bisa digunakan untuk membangun emosi dengan pembaca. Kamu bisa memainkan penggunaan kalimat tanya ini jika memang diperlukan dan sesuai dengan usia dan style calon customer.
Seperti contohnya ketika kamu memiliki produk aplikasi, maka kamu bisa menanyakan masalah yang dihadapi oleh calon customer.
Seperti “Apakah kamu sering merasa kesulitan ketika ingin memesan makanan online?” dan pertanyaan relevan lainnya.
10. Gunakan Call to Action
Penggunaan call to action adalah hal yang sangat penting ketika kamu membuat copywriting yang bagus. Tingkatkan kenyamanan customer dengan memberikan mereka tombol untuk melakukan apa yang ingin mereka lakukan.
Tentu akan percuma jika customer sudah merasa nyaman dengan penawaran yang kamu berikan tapi mereka tidak tahu harus bagaimana untuk bisa membeli produk kamu. Di sinilah peran Call to Action atau tombol CTA dibutuhkan.
Kamu bisa memberikan CTA berupa link kontak, link ke halaman toko, atau link-link serupa yang mengarahkan calon customer untuk menuju halaman pembelian.
Selain cara-cara di atas, tentu saja ada lebih banyak cara copywriting jualan online yang bisa kamu pelajari. Mengingat copywriting adalah ilmu yang luas dan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi digital marketing saat ini. Jadi jangan berhenti belajar untuk terus tingkatkan bisnis online kamu.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!