Sebagai seorang SEO specialist atau content marketer, Anda perlu memahami bagaimana cara menerapkan link building for ecommerce. Namun, untuk benar-benar memahaminya memang memerlukan waktu dan tidak bisa Anda terapkan secara instan. Simak untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya!
Daftar isi
Apa Itu Link Building?
Link building merupakan sebuah praktik yang terdapat di dalam content marketing yang bertujuan untuk memperoleh tautan dari situs lain menuju website Anda. Biasanya link ini juga disebut sebagai backlink yang menjadi salah satu faktor penilai utama SEO.
Praktik seperti ini memang sudah banyak yang melakukannya. Tujuannya adalah agar website Anda nanti mempunyai posisi atau peringkat yang tinggi pada SERP atau Search Engine Riesults Page. Sehingga domain authority website juga akan semakin meningkat.
Manfaat Optimasi Link Building for Ecommerce
Perlu Anda pahami bahwa, membangun link merupakan salah satu cara untuk melakukan optimasi Off-page SEO. Selain itu, hal ini juga berkaitan erat dengan peringkat serta traffic sebuah website.
Ketika Anda melakukan optimasi pada link building, maka ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan, yaitu:
- Menemukan halaman baru, lalu mereka bisa menggunakannya di dalam hasil pencarian.
- Membantu untuk menentukan peringkat website Anda di mesin pencari.
Pada saat mesin pencari sudah melakukan crawling, mereka bisa menilai kualitas konten tersebut lalu menambahkannya ke indeks. Melalui cara ini, mereka juga bisa memutuskan apakah konten atau halaman tersebut mempunyai kualitas sehingga mampu mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari.
Apalagi sekarang Google semakin canggih di dalam memberikan penilaian atau peringkat untuk sebuah website. Oleh karena itu, sebagai seorang content marketer, Anda harus dapat memahami langkah-langkah untuk bisa melakukan optimasi link building.
Sehingga, peringkat website Anda akan menjadi lebih baik. Serta memiliki peluang untuk menjadi salah satu website yang mampu mengundang banyak pengunjung sehingga memiliki traffic tinggi.
Bagaimana Cara Optimasi Link Building for Ecommerce?
Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dan pahami jika ingin melakukan optimalisasi pada link building for ecommerce:
1. Link Building yang Berasal dari Konten
Inti dari penerapan strategi ini adalah untuk menjadikan website yang Anda miliki sebagai panutan. Mengapa? Karena konten yang Anda hadirkan nanti harus berkualitas. Sehingga orang lain yang ingin menautkan link ke website Anda tidak perlu berpikir dua kali.
Mereka akan percaya bahwa website yang Anda miliki merupakan sumber yang terpercaya serta lengkap. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu menghadirkan sebuah konten yang tidak asal-asalan dan sembarangan dibuat. Di bawah ini merupakan beberapa jenis konten yang kerap memperoleh banyak backlink:
- Statistik
- Infografis
- Panduan
- Video
- White papers atau lembar putih
- Galeri gambar
Ketika Anda selesai membuat salah satu maupun beberapa konten tersebut, Anda bisa langsung menghubungi website yang menurut Anda relevan. Mintalah untuk memasangkan link konten yang Anda miliki di situs mereka. Baik konten yang telah dibuat sebelumnya, maupun konten yang akan mereka terbitkan nantinya.
2. Guest Blogging
Melakukan link building for ecommerce juga bisa Anda lakukan melalui guest blogging. Cara ini bisa Anda terapkan ketika Anda menjadi guest atau tamu pada website orang lain. Setelah itu, Anda dapat menuliskan artikel yang akan terbit di website tersebut.
Selanjutnya, di artikel tersebut dapat disisipkan link dari website yang Anda miliki. Cara ini juga umum dilakukan oleh para pemilik website. Meskipun sekarang Google lebih ketat dalam praktik guest blogging tersebut, tidak sedikit orang menggunakan cara ini untuk sekadar mencari backlink.
Sisi negatifnya terkadang praktik ini membuat pembuat konten tidak memperhatikan kualitas konten. Hasilnya, Google akan menganggap konten tersebut sebagai spam serta melanggar ketentuan Google. Pada akhirnya, Google hanya akan memberikan penalti yang bisa berakibat buruk pada website.
Solusinya, Anda harus mampu membuat guest blogging secara serius. Pastikan kontennya berkualitas seperti ketika Anda menulis di situs Anda sendiri. Tidak kalah penting juga, pastikan situs di mana Anda menulis masih relevan serta mempunyai trafik yang stabil.
3. Optimasi dengan Ego Bait
Apa itu ego bait? Jika istilah ini Anda terjemahkan secara harfiah, maka artinya adalah memancing ego. Maksudnya adalah memancing ego orang yang ingin memperoleh backlink. Harapannya, orang akan merasa tersanjung dan membuatnya berkenan untuk memasang tautan di website.
Ketika menerapkan strategi ini Anda harus pandai dalam memanfaatkan psikologi dasar. Kemungkinan keberhasilannya pun cukup besar, asalkan Anda mampu melakukannya dengan baik. Beberapa cara agar ego bait ini sukses adalah sebagai berikut:
- Wawancara Tunggal
Anda perlu melakukan wawancara pada seseorang dengan membahas suatu topik tertentu.
- Wawancara Grup
Melakukan wawancara pada banyak orang dengan membahas topik yang sama.
- Ego Bait Listicle
Merupakan artikel tentang beberapa hal seputar topik yang tengah Anda bahas.
4. Broken Link Building
Sesuai dengan namanya, broken link merupakan link yang telah rusak. Sehingga para pengunjung maupun mesin pencari tidak dapat mengaksesnya. Anda bisa menemukan tautan tersebut di internet karena cukup banyak tersebar.
Lalu, apa tujuan adanya link rusak ini? Tujuannya yaitu untuk membantu para pemilik website memperbaiki tautan yang rusak. Caranya tentu dengan memberikan tautan tersebut ke website Anda. Secara sederhana, proses dari broken link ini adalah sebagai berikut:
- Anda mulai melakukan riset ke situs yang sesuai.
- Ketika menemukan link yang sudah rusak, Anda bisa mengecek apakah terdapat artikel yang isinya tentang link rusak tersebut. Jika belum ada, Anda bisa membuat artikel yang khusus membahas terkait broken link asalkan masih relevan.
- Kemudian Anda dapat mulai menghubungi pemilik website agar mengganti link yang rusak dengan link Anda.
5. Link Reclamation
Langkah optimasi link building for ecommerce terakhir adalah dengan menerapkan strategi yang bernama link reclamation. Langkah ini merupakan cara untuk mengklaim jika tautan merupakan hak Anda. Setidaknya ada beberapa strategi dalam menerapkan link reclamation ini, di antaranya:
- Link 404
Nantinya Anda perlu menghubungi pemilik situs agar mengganti link tersebut. Bisa juga dengan memperbaiki error tersebut, maupun menggantinya dengan redirect 301.
- Mention tanpa link
Anda dapat menghubungi pemilik situs agar memberikan backlink di setiap penyebutan situs Anda. Tools seperti Google Alerts dan Fresh Web Explorer dapat Anda manfaatkan.
- Gambar tanpa link
Anda harus menghubungi pemilik website. Kemudian meminta agar mereka memberikan tautan website Anda ke caption di bawah gambar. Anda bisa memanfaatkan tools, misalnya TinEye.
Sudah Paham Cara Optimasi Link Building for Ecommerce?
Sekian penjelasan seputar bagaimana optimasi link building for ecommerce. Sekarang Anda sudah memahami langkah-langkahnya dan bisa langsung mencobanya. Namun, bagi Anda yang masih belum paham dan memerlukan jasa SEO, Whello.id adalah solusi terbaiknya.
Karena pengalaman yang dimilikinya, Whello.id akan membantu Anda dalam optimasi SEO. Konten yang Anda miliki sudah tentu akan SEO-friendly dan memperoleh peringkat yang bagus di mesin pencari!
dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!