Social media campaign adalah istilah yang kini sudah tidak asing lagi dalam industri bisnis, terutama pada bisnis online. Hal ini karena strategi pemasaran tersebut kerap digunakan untuk membangun brand awareness pada target pasar.
Mungkin kamu mengenal brand Le Minerale, dan kamu sudah tidak asing dengan tagline mereka tentang “Ada manis-manisnya”.
Kampanye Le Minerale yang satu ini begitu sudah dikenal banyak orang, hingga banyak yang berpartisipasi membagikan cerita mereka di media sosial.
Kesuksesan kampanye tersebut tidak bisa terlepas dari keberhasilan social media campaign yang dilakukan oleh Le Minerale. Mereka menggunakan berbagai platform media sosial dalam menjalankan kampanyenya.
Namun, sebenarnya apa itu sosial media campaign? Mengapa strategi pemasaran yang satu ini penting bagi sebuah bisnis? Bagi kamu yang ingin tahu informasi selengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.
Daftar isi
Apa Itu Social Media Campaign?
Social media campaign adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terarah dan juga tersusun, agar bisa memperkuat informasi suatu produk melalui media sosial tersebut. Tetapi, penerapannya berbeda dengan strategi pemasaran media sosial lainnya.
Sebab, dalam kampanye sosial media terdapat target fokus serta berbagai indikator. Kegiatan pemasaran yang satu ini juga sudah banyak dilakukan oleh berbagai brand. Bukan hanya brand besar, tetapi juga brand bisnis berskala kecil.
Adapun beberapa tujuan dari kampanye sosial media pada bisnis adalah sebagai berikut.
- Untuk menciptakan serta menjaga hubungan dengan konsumen.
- Untuk meningkatkan brand awareness dan traffic website.
- Meningkatkan keterlibatan brand secara menyeluruh.
Alasan Pentingnya Menjalankan Social Media Campaign
Tentu saja, ada banyak sekali alasan mengapa penerapan social media campaign pada sebuah bisnis menjadi hal yang penting. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:
1. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Konsumen
Sebagai pebisnis, tentunya kamu sudah menyadari jika sekarang ini mayoritas pelanggan lebih memilih untuk belanja secara online. Selain harganya yang lebih murah, prosesnya pun jauh lebih praktis.
Hal ini terjadi karena adanya pergeseran kebiasaan pelanggan serta market trend. Agar bisnis yang kamu jalankan terus mengikuti trend, maka sangat disarankan untuk mendaftarkan bisnis ke berbagai marketplace dan sosial media.
Dengan mengikuti arus pergerakan kebiasaan pelanggan dan market trend, maka kamu akan lebih mudah dalam menerapkan kampanye sosial media.
2. Strategi Pemasaran yang Paling Efektif
Bagi kebanyakan pebisnis, social media campaign ini menjadi strategi pemasaran yang dianggap paling efektif dan juga efisien. Hal ini karena hasilnya yang mudah terukur dan biaya marketing yang relatif terjangkau.
Manfaat yang satu ini tentunya paling dirasakan bagi para pebisnis rintisan baru yang belum punya budget marketing khusus. Dengan memaksimalkan platform sosial media yang ada, kamu bisa melakukan kampanye secara organik tanpa biaya sama sekali.
3. Aktivitas Pemasaran Lebih Terukur
Kampanye sosial media hanya bisa kamu lakukan jika memiliki tujuan dan strategi yang jelas. Tak heran jika metode ini bisa menjadi salah satu aktivitas pemasaran yang lebih terukur.
Ketika kamu melakukan kampanye secara online melalui media sosial, tentu kamu bisa mengukur tingkat keberhasilannya dengan lebih mudah. Hal ini bisa kamu peroleh dari data yang tersedia pada tiap konten yang diposting.
Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat mengetahui besaran total impression, followers, hingga engagements yang diperoleh.
Cara Melakukan Social Media Campaign
Setelah menyimak penjelasan di atas, kamu pasti penasaran bagaimana cara melakukan social media campaign secara efektif, bukan? Nah, berikut ini adalah berbagai cara yang bisa kamu terapkan pada bisnis:
1. Mempunyai Konsep yang Matang
Proses eksekusi pada social media campaign sebenarnya sangat berkaitan dengan konsep. Makanya, agar kampanye yang kamu lakukan bisa berhasil dan lebih maksimal, maka wajib untuk merumuskan konsep yang matang terlebih dulu.
Perencanaan konsep ini juga harus kamu sesuaikan dengan konten dan target market yang ingin dituju.
2. Konsisten
Proses kampanye di sosial media tidak bisa kamu lakukan secara instan. Oleh karena itu, kamu harus konsisten dalam memposting konten-konten sosial media, tujuannya agar bisa mendapatkan awareness dan engagement yang lebih maksimal.
3. Melakukan Analisis Kompetitor
Dalam bisnis, analisis kompetitor adalah hal yang wajib kamu lakukan. Tak terkecuali dalam menerapkan kampanye sosial media ini. Artinya, kamu harus menganalisis aktivitas sosial media kompetitor. Dengan begitu, nantinya diharapkan kamu bisa membuat konten yang unik dan berbeda.
4. Memberi Gimmick yang Menarik
Konten yang kamu buat untuk keperluan kampanye sosial media tidak hanya harus menarik dan informatif. Namun, sebisa mungkin sisipkan gimmick yang relevan dengan konten tersebut. Misalnya, kamu bisa memberi kuis atau sesi tanya jawab.
Cara yang satu ini dijamin dapat meningkatkan engagement sosial media bisnis kamu sekaligus menjangkau lebih banyak target pasar.
Contoh Social Media Campaign
Sebenarnya, sekarang ini kamu bisa memanfaatkan Jasa Social Media Marketing untuk memulai kampanye. Namun, jika kamu ingin coba melakukannya sendiri dengan melihat referensi dari brand bisnis lainnya, berikut adalah beberapa contoh social media campaign yang bisa disimak:
A. Ajak Pengguna untuk Berpartisipasi
iPhone adalah salah satu contoh social media campaign yang fokus mengajak penggunanya untuk berpartisipasi dalam kampanye mereka. Perusahaan Apple memiliki kampanye reguler berjudul ‘Shot on iPhone’ yang mereka lakukan untuk memasarkan produk.
Dari kampanye tersebut, pengguna iPhone akan diminta memotret berbagai macam gambar lewat ponselnya untuk kemudian diunggah ke internet. Kampanye yang satu ini terbukti sukses menarik pengguna dari berbagai kalangan.
B. Menunjukkan Kelebihan
Dalam melakukan kampanye, kamu jangan ragu untuk menunjukkan kelebihan yang ada pada bisnis. Contohnya seperti kampanye rutin dari brand Samsung berjudul ‘Galaxy Unpacked’. Kampanye ini sudah Samsung lakukan sejak tahun 2010 dan masih ada hingga sekarang.
Ketika melakukan kampanye tersebut, Samsung akan membocorkan gadget keluaran terbaru mereka lengkap dengan fitur unggulan yang tersedia.
C. Berani Berbeda
Contoh brand yang berani melakukan kampanye berbeda, namun unik dan menarik adalah Sprite. Dengan tagar #NyatanyaNyegerin dan #NoBokiS yang sering seliweran di berbagai sosial media, kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini, bukan?
Bahkan hanya dengan video marketing yang tampak sederhana, Sprite berhasil menarik perhatian setiap orang yang menonton iklan tersebut. Konsep yang terbilang unik ini menunjukkan bahwa kamu juga bisa melakukan cara yang berbeda dalam melakukan kampanye di sosial media.
D. Memberi Nilai Khusus
Contoh social media campaign yang memberi nilai khusus adalah brand Pepsodent. Ada salah satu kampanye produk herbal mereka yang menggunakan tagline ‘Tiap kemasan Pepsodent Herbal yang kita kirim akan jadi santapan sahur bagi yang membutuhkan”.
Lewat tagline sederhana tersebut, Pepsodent mengajak masyarakat untuk ikut serta menyemarakkan semangat berbagi melalui sosial media. Dengan kata lain, ada nilai-nilai sosial yang bisa kamu ambil dari iklan atau kampanye tersebut.
Tertarik Melakukan Social Media Campaign dalam Bisnis?
Jadi, social media campaign adalah salah satu strategi pemasaran dalam bisnis yang memperkenalkan produk melalui kampanye di platform media sosial. Jika ingin melakukannya, kamu perlu memiliki konsep yang matang, konsisten, menganalisa kompetitor, dan sisipkan gimmick. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menerapkannya?
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!