Artikel adalah salah satu hal yang penting untuk meningkatkan SEO dari website-mu. Dengan artikel, kamu bisa berinteraksi sekaligus menginformasikan dan mengedukasi pengunjung. Untuk meningkatkan SEO dari website-mu, ketahuilah jenis-jenis artikel di bawah ini!
Daftar isi
Manfaat Artikel untuk SEO
Sebelum ke penjelasan jenis-jenis artikel yang populer di Internet, kita akan membahas tentang manfaat artikel untuk SEO. Apa saja manfaat dari artikel untuk SEO? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!
1. Menghasilkan Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik
Ketika sebuah website memposting deskripsi produk tertentu, tetapi konten tertulisnya salah secara tata bahasa atau tidak menarik bagi audiens. Ini menghasilkan kesan buruk pada pengguna dan mereka tidak akan menghabiskan waktu di situs web tersebut.
Oleh karena itu, beberapa jenis artikel yang bernilai SEO dan menarik untuk dibaca, dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience yang lebih baik.
2. Sumber Utama Prospek
Konten yang mengoptimalkan SEO adalah salah satu media utama untuk prospek dalam bisnis dan karenanya menguntungkan bisnis. Teknik penulisan yang baik dan sesuai jenis artikel, berpadu dengan SEO yang baik, juga akan menghasilkan traffic yang tinggi ke website-mu.
3. Menghasilkan Tingkat Konversi yang Lebih Tinggi
SEO mengarah ke peringkat situs web yang tinggi di mesin pencari, sehingga ada peluang lebih tinggi bagi pengguna untuk membeli produk atau layanan dari situs web-mu. Hal ini sesuai dengan consumer behavior masa sekarang, yang mana ketika akan membeli suatu barang, orang-orang akan mencari review-nya di Google.
4. Mendorong Pengguna untuk Berbelanja dari Pencarian Pos Toko Fisik
Website bisnis yang baik terdiri dari berbagai elemen, seperti gambar produk, deskripsi produk, proses pembelian yang lancar dan nyaman, serta layanan purnajual premium.
Setelah konten atau jenis artikel yang terunggah dapat meyakinkan pelanggan tentang kualitasnya, pelanggan pun tentunya akan datang ke toko fisik atau toko offline-mu.
5. Membangun Kredibilitas Merek
Meskipun dasar-dasar SEO berada dalam beberapa konteks peringkat tinggi, meningkatkan UI dan UX dan memantau setiap aspek kecil dari konten yang ditampilkan di halaman, manfaatnya jauh lebih besar daripada angka ini. Salah satunya adalah membangun kredibilitas merekmu di mata pelanggan.
Jenis-Jenis Artikel yang Populer di Internet
Ada banyak jenis artikel yang ada di internet. Namun, dari sekian banyak jenis artikel yang ada, ada 5 jenis artikel yang bisa kamu unggah ke website untuk meningkatkan SEO dari website-mu. Penasaran seperti apa artikel-artikelnya? Simak penjelasan jenis-jenis artikel berikut ini!
1. Artikel Daftar (Listicle)
Ini adalah salah satu dari jenis-jenis artikel yang sangat populer di internet dan kamu mungkin sering melihatnya. Sesuai dengan namanya, artikel ini mengandung daftar-daftar (list) yang berisi urutan dari suatu peristiwa, benda, seseorang, dan lain sebagainya.
Artikel jenis ini paling mudah dibuat dan dapat memikat banyak pembaca. Artikel ini biasanya ditandai dengan judul yang berisi jumlah atau angka tertentu, misalnya “5 Keunikan Sejarah Indonesia” atau “7 Potret Dian Sastro saat Kecil, Sudah Cantik dari Dulu.”
Listicle ini adalah jenis artikel yang membuat pembaca lebih mudah memahami isi dari artikel. Tak heran, artikel ini banyak digunakan di internet, karena dapat mendatangkan traffic yang tinggi. Satu-satunya kekurangan dari artikel ini adalah kualitasnya yang dianggap rendah, karena formatnya yang terlalu dasar.
Contoh listicle yang SEO Friendly, yaitu artikel daftar fakta menarik kota Denpasar.
2. Artikel How To
Artikel how to juga menjadi salah satu jenis artikel yang banyak digunakan untuk meningkatkan SEO dalam website. Ini juga menjadi salah satu dari jenis-jenis artikel yang umum ditemui. Artikel ini memberikan panduan terkait dengan bagaimana cara melakukan sesuatu.
Biasanya, beberapa perusahaan besar akan mencantumkan artikel how to untuk promosi dan mengedukasi customer terkait dengan cara menggunakan suatu produk. Sebagai contoh, “Cara Melakukan Pembayaran Mudah dengan QRIS” atau “Cara Memasak Nasi Kuning Sendiri di Rumah.”
Jika kamu ingin membuat artikel how to, pastikan untuk memasukkan unsur visual yang menunjukkan gambaran bagaimana sesuatu dilakukan. Hal ini diperlukan untuk membantu memandu pembaca dalam melakukan sesuatu.
Akan lebih bagus lagi, jika kamu menambahkan video yang memudahkan pembaca memahami artikel. Contoh artikel How To yang SEO friendly, seperti resep Nasi Kebuli Ayam.
3. Artikel Perbandingan atau Artikel Komparasi
Artikel komparasi atau perbandingan adalah artikel yang mengulas dua atau lebih dari suatu hal dan membandingkannya. Kamu juga bisa menggunakan jenis artikel ini untuk meningkatkan traffic dari website-mu.
Meskipun membandingkan dua hal atau lebih dalam penulisannya, dalam hal ini kamu tidak boleh bias dan membandingkan hal-hal yang kamu ulas secara objektif. Artikel ini juga bagus untuk digunakan untuk up-selling.
Misalnya, kamu punya produk baru, maka kamu bisa membandingkannya dengan produk lama. Contoh artikelnya, seperti perbandingan iPhone 14 dan iPhone 13.
4. Artikel Berita
Fungsi dari artikel berita adalah memberikan informasi, mengedukasi, juga untuk entertaining pembaca dengan menceritakan suatu peristiwa atau hal yang secara kronologis. Artikel ini juga digunakan untuk meningkatkan traffic dari website, khususnya website dari suatu media online.
Banyak orang memilih membaca jenis artikel ini untuk mengetahui informasi terkini dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar. Namun, beberapa perusahaan tetap memanfaatkan artikel berita untuk memberitakan kegiatan-kegiatan dari perusahaannya, serta mendapatkan backlink yang mengarah ke website-nya sendiri.
Biasanya, artikel terkait dengan suatu perusahaan disebut juga dengan press release. Contoh artikel berita press release adalah transaksi Livin by Mandiri yang mendekati Rp2.500 triliun.
5. Artikel Review
Jauh sebelum hadirnya video-video review terhadap suatu produk yang biasanya banyak orang lakukan, sudah ada artikel review yang melakukan penilaian kembali terhadap suatu produk. Biasanya, artikel-artikel review ini dibuat oleh para blogger.
Namun, ada banyak artikel review yang digunakan sekaligus untuk membuat promosi terhadap suatu produk. Kamu juga bisa menggunakan artikel review atau artikel ulasan ini untuk meningkatkan value dari bisnismu di internet. Contoh artikel review, seperti artikel review parfum.
Sudah Tahu Apa Saja Jenis-Jenis Artikel?
Jadi, jenis-jenis artikel yang umum kamu temukan di internet, yakni Artikel Listicle, How To, Perbandingan, Berita, serta Review. Artikel yang berkualitas tentunya sangat penting dalam penilain SEO, agar memperoleh trafik kunjungan yang tinggi.
Bila kamu ingin optimasi website dan memerlukan jasa SEO yang terpercaya dan berpengalaman, maka Whello patut untuk kamu pertimbangkan.
Dengan tim yang berpengalaman dan terampil, Whello mampu menghadirkan strategi SEO yang terkini dan terbaik untuk meningkatkan visibilitas website kamu sesuai dengan niche market kamu.
Jika kamu menginginkan performa maksimal yang akan terus berkembang, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan jasa SEO Whello. Kamu juga bisa menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello dan dapatkan informasi penting lainnya!
Apa saja jenis-jenis artikel secara umum?
Jenis-jenis artikel pada umumnya ada banyak, seperti artikel ilmiah, artikel berita, artikel review, artikel opini, dan masih banyak lagi.
Jenis-jenis artikel manakah yang lebih cocok untuk SEO?
Semua artikel cocok untuk SEO, hanya saja kamu harus memilih artikel yang sesuai dengan target pasar atau audiens dari website-mu.
Apa saja bagian-bagian artikel SEO-Friendly?
Umumnya semua jenis-jenis artikel SEO terdiri dari Judul sebagai H1, Subjudul 2 sebagai H2, dan Subjudul 3 sebagai H3, isi, dan penutup.
Bagaimana cara membuat artikel SEO?
Membuat artikel SEO cukup mudah, Kamu bisa belajar dari internet seperti YouTube dan online course. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan jasa SEO untuk membuat artikel yang SEO friendly.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!