Google Local Pack dapat membantu Anda mendorong prospek bisnis. Jika Anda pebisnis lokal, tentu harus memanfaatkan tool ini untuk menarik pelanggan sebelum menjangkau target pasar baru.
Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda untuk mempelajari semua tentang tool tersebut, mulai dari definisi, manfaat, hingga cara yang mudah untuk mengoptimalkannya agar bisnis berkembang. Tunggu apalagi? Pelajari sekarang di sini!
Daftar isi
Apa Itu Local SEO?
Pencarian lokal merupakan strategi search engine optimization (SEO) yang menargetkan di wilayah, kota, atau lingkungan tertentu.
Secara sederhana, local SEO adalah praktik optimasi SEO yang akan membantu bisnis Anda untuk muncul dalam hasil pencarian lokal di Google, seperti Google Maps.
Misalnya, saat Anda sedang mencari bengkel terbaik. Tentu Anda membutuhkan bengkel yang dekat dengan wilayah tempat tinggal. Maka, bisa saja tambahkan kata yang merujuk pada lokasi rumah Anda. Contohnya, “bengkel terbaik semarang”.
Dengan pencarian tersebut, maka secara otomatis Google akan menampilkan hasil pencarian yang memiliki lokasi terdekat dengan Semarang.
Cara ini terbilang efektif bagi Anda sebagai pebisnis untuk memaksimalkan website pada area lokal. Dengan demikian, bisnis Anda lebih unggul dibanding kompetitor di wilayah yang sama.
Definisi Google Local Pack
Google Local Pack merupakan fitur search engine result pages (SERP) yang menampilkan halaman pertama berupa daftar lokal teratas untuk lokasi pengguna atau lokasi mesin pencarian. Tentu saja, ini hanya berlaku untuk pencarian lokal.
Selanjutnya, akan muncul lokasi geografi, informasi jam buka, kontak, ulasan dari pelanggan, dan lainnya. Sehingga, pengguna bisa mengklik hasil pencarian untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang bisnis.
Bahkan, pengguna dapat membuka navigasi Google Maps, jika ingin mengunjungi lokasi fisik bisnis tersebut.
Mengapa Google Local Pack Penting untuk Bisnis?
Google Local Pack sangat penting bagi bisnis karena memberikan banyak manfaat, antara lain yaitu:
A. Meningkatkan Organic Traffic
Memiliki peringkat tinggi dalam Google Maps, maka peluang diklik oleh pengguna lebih tinggi pula. Sehingga, dapat mendorong organic traffic ke website bisnis Anda.
Sementara itu, organic traffic berguna untuk meningkatkan popularitas serta meningkatkan kepercayaan pelanggan.
B. Memperbanyak Local Traffic
Menempati posisi tinggi dalam hasil mesin pencarian, artinya bisnis Anda menjadi salah satu yang dilihat pertama oleh pengguna. Dengan begitu, local traffic bisnis Anda akan bertambah.
Bagi para pebisnis lokal, mempunyai local traffic sangat menguntungkan. Setidaknya, Anda sudah mendapat kepercayaan dari pelanggan di wilayah tersebut.
C. Menarik Lebih Banyak Target Pasar
Sekali lagi, menempati posisi pertama pada hasil mesin pencarian sangat menguntungkan. Diantaranya, yaitu dapat menarik lebih banyak pengguna.
Mereka akan berusaha mencari lebih lanjut, seperti mengunjungi website, menghubungi kontak yang tertera, atau langsung menuju lokasi fisik bisnis.
D. Lebih Unggul dari Kompetitor
Dengan tiga manfaat sebelumnya, Anda sudah lebih unggul dibanding kompetitor. Selain itu, semakin menghasilkan lebih banyak pelanggan, maka lebih banyak pula ulasan dari mereka.
Secara keseluruhan, kondisi tersebut dapat membantu bisnis Anda memiliki nilai kompetitif yang tinggi.
E. Menumbuhkan Kepercayaan Pelanggan
Bagaimana target pasar akan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan, jika mereka tidak menemukan bisnis Anda? Maka, solusinya adalah mengoptimalkan hasil mesin pencarian.
Jika dalam pencarian lokal bisnis Anda menempati posisi atas, pelanggan akan memiliki tingkat kepercayaan tinggi. Sebaliknya, mereka sering melewatkan bisnis yang tidak memenuhi parameter tertentu, misalnya tiga hasil teratas mesin pencarian.
6 Cara Mudah Optimasi Google Local Pack untuk Bisnis
Berikut ini 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk optimasi Google Local Pack, yaitu:
1. Lengkapi Informasi Bisnis Anda
Semakin lengkap informasi bisnis Anda, semakin besar pula keuntungan yang akan diperoleh. Pastikan informasi Anda akurat dan terkini, meliputi alamat lokasi usaha, kategori bisnis, kontak, dan atribut utama bisnis lainnya.
Informasi tersebut berguna bagi Google untuk menentukan apakah bisnis Anda relevan dengan penelusuran tertentu.
2. Lakukan Riset Keyword
Keyword (kata kunci) merupakan kata kunci yang digunakan oleh user ketika melakukan pencarian. Dengan melakukan riset keyword, Anda bisa mengetahui keinginan target pasar, khususnya saat melakukan pencarian lokal.
Anda bisa menggunakan SEO tools seperti Ahrefs untuk riset keyword. Setelah menemukan kata kunci yang tepat, Anda harus menyisipkannya ke konten website.
Jika Anda tidak menguasai cara ini, serahkan saja pada jasa SEO Whello yang sudah berpengalaman. Sehingga, Anda bisa fokus untuk mengembangkan bisnis lokal dari berbagai sisi.
3. Verifikasi Lokasi Bisnis
Untuk memastikan keakuratan bisnis, Anda perlu melakukan verifikasi. Kunjungi Google My Business untuk melakukan verifikasi lokasi dan menyelesaikan prosesnya.
Memiliki lokasi bisnis yang sudah terverifikasi akan berpengaruh pada hasil peringkat organik dalam Google Maps.
4. Optimasi On Page SEO
Cara mudah untuk optimasi Google Local Pack berikutnya adalah mempraktikkan on page SEO. Apabila mesin pencari mudah mengidentifikasi website Anda, maka website berpeluang muncul sebagai hasil yang relevan pada pencarian lokal.
Anda bisa gunakan jasa SEO untuk optimasi yang lebih menghasilkan. Keuntungan menggunakan jasa SEO untuk bisnis-mu sangat banyak.
Diantaranya, yaitu tidak perlu membayar biaya iklan, karena skor SEO yang tinggi dapat meningkatkan traffic website.
5. Perbarui Informasi
Jangan lupa untuk update, jika terdapat informasi yang berubah. Misalnya, Anda mengubah jam operasional atau bahkan pindah lokasi bisnis. Maka, segera diperbarui dan pastikan informasi yang tercantum sudah paling akurat dan terbaru.
6. Tanggapi Ulasan dari Pelanggan
Anda harus memperhatikan ulasan dari pelanggan, bahkan sangat dianjurkan untuk memberikan tanggapan. Selain menjadi pertimbangan local SEO, interaksi dalam ulasan pelanggan menunjukkan perhatian Anda dengan para pelanggan.
Di samping itu, interaksi pelanggan dengan Anda dapat menunjukkan rating. Sehingga, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi calon pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
Ingin Optimasi Google Local Pack Agar Bisnis Banjir Orderan?
Demikian informasi mengenai apa itu local SEO, Google Local Pack, manfaatnya untuk pebisnis lokal, hingga cara mudah untuk optimasinya. Dengan menduduki peringkat teratas pencarian lokal, bisnis Anda auto banjir orderan.
Nah, artikel ini bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk optimasi Google Lokal Pack. Sehingga, Anda bisa meningkatkan skor local SEO dan melejitkan pendapatan.
Apa itu Google Local Pack?
Google Local Pack adalah fitur search engine result pages (SERP) yang menampilkan halaman pertama berupa daftar lokal teratas untuk lokasi Anda atau lokasi mesin telusur pada pencarian lokal.
Bagaimana cara Google mengidentifikasi pencarian lokal?
Pengguna mengetik nama geografis yang diinginkan, seperti kota, wilayah, atau lingkungan tertentu dalam mesin pencarian. Pengguna menyertakan “near me” atau “terdekat” dalam pencarian mereka. Pengguna mengetik kata kunci dalam mesin pencarian, tanpa memberi informasi tambahan apapun. Google akan mempertimbangkan lokasinya seperti yang pernah dikunjungi.
Apa saja informasi profil bisnis dalam Google Maps yang harus diisi?
Nama bisnis, harga, alamat atau lokasi fisik bisnis, jam operasional (buka dan tutup), deskripsi singkat bisnis, opsi layanan, tag (jenis bisnis atau kategori bisnis).
Faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat pada Google Maps?
Kedekatan: Seberapa dekat bisnis Anda dengan pengguna. Popularitas: Seberapa populer bisnis Anda. Relevansi: Seberapa dekat kecocokan bisnis Anda dengan kata kunci penelusuran.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!