SEO bukanlah hal yang baru dalam dunia digital marketing. Namun, pernahkan kamu membayangkan jika website kamu selalu mendapatkan posisi terbaik apapun keyword yang digunakan? Nah, inilah fungsi dari programmatic SEO. Lalu apa sebenarnya pengertian programmatic SEO?
Selain itu, apa bedanya menggunakan tool satu ini dengan menggunakan SEO biasa? Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dan juga bagaimana cara membuat SEO ini?
Daftar isi
Pengertian Programmatic SEO
Secara sederhana, programmatic SEO adalah sebuah cara untuk membuat halaman yang unik dan sesuai stkamur SEO dalam jumlah yang banyak. Pembuatan halaman ini sendiri biasanya menggunakan template tertentu berdasarkan database.
Contohnya seperti ini, bayangkan jika kamu harus membuat satu konten dengan standar SEO. Lalu bayangkan jika kamu juga harus membuat konten tersebut dalam jumlah yang banyak, ratusan atau mungkin ribuan, dalam jangka waktu yang singkat.
Di sinilah peran programmatic SEO akan kamu dapatkan. Tool ini akan membuat konten dengan kedalaman dan ketelitian layaknya membuat konten secara manual. Namun, konten ini juga mampu memproduksinya dalam jumlah banyak dan dalam rentang waktu yang cepat.
Apakah Ini Tidak Menjadi Spam?
Jika dilihat dari pengertian programmatic SEO di mana tool ini bisa menghasilkan banyak konten dalam rentang waktu yang cukup cepat, mungkin akan timbul pertanyaan apakah hal tersebut tidak akan menjadi spam?
Jika masing-masing kontennya berdiri sendiri, maka hal itu mungkin akan menjadi spam. Dengan tool ini, maka tiap konten tersebut akan saling terintegrasi dalam sebuah database. Tiap konten tidak akan muncul berbarengan. Masing-masing konten hanya akan muncul ketika keyword yang digunakan ada yang mencari.
Contohnya, sebuah website penyedia jasa wisata ingin selalu muncul di halaman pertama jika ada orang yang mencari rekomendasi tempat wisata, apapun kota tujuan mereka.
Dengan menggunakan tool ini, nantinya kamu hanya tinggal memasukkan kata kunci dan memodifikasinya.
Misalnya, kata kunci utamanya adalah rekomendasi wisata. Kamu tinggal menambahkan nama kota pada bagian akhir kata kunci tersebut dan tool ini akan langsung membuat kontennya. Kamu juga perlu ingat jika konten yang dibuat oleh tool ini merupakan konten template yang hampir mirip satu sama lain.
Keuntungan Menggunakan Programmatic SEO
Setelah memahami tentang pengertian programmatic SEO, mungkin kamu juga akan bertanya apa saja keunggulan dari menggunakan tool satu ini. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan:
A. Persaingan Kata Kunci
Hal pertama yang menjadi keunggulan dari penggunaan tool ini adalah kamu bisa memenangkan persaingan untuk berbagai kata kunci sekaligus. Artinya, apapun kata kunci yang digunakan user, konten kamu bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.
Dalam konteks digital marketing, maka hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri. Niche penggunaan kata kunci kamu akan semakin lebar. Hal tersebut juga membuat kesempatan konten kamu muncul di halaman pertama menjadi lebih besar.
B. Produksi Konten Lebih Banyak
Tidak hanya satu atau dua konten, namun kamu bisa memproduksi banyak konten dalam rentang waktu yang cepat. Meskipun secara struktur akan terlihat template, namun hal ini lebih baik karena tiap konten saling terintegrasi.
Nantinya, setiap konten tidak akan muncul bersamaan sehingga tidak tergolong spam. Di sisi lain, tiap konten ini akan muncul bergantian sesuai dengan kata kunci yang digunakan user.
C. Lebih Cepat
Selain masalah konten yang lebih banyak, tiap konten tersebut juga bisa diproduksi dalam rentang waktu yang lebih cepat. Dalam hal ini, maka tool akan berguna untuk menghemat lebih banyak tenaga dan juga waktu.
Cara Menggunakan Programmatic SEO
Selain memahami pengertian programmatic SEO dan juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan, hal lain yang juga perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara menggunakan tool ini. Berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan:
1. Riset Kata Kunci
Sama dengan fokus SEO lainnya, ketika menggunakan tool programmatic SEO kamu juga perlu melakukan riset kata kunci. Bedanya, pada penggunaan tool ini maka kamu tidak hanya melakukan riset satu kata kunci.
Pertama, kamu akan melakukan riset kata kunci umum, selanjutnya kamu akan mencari kata kunci turunan dan juga variasi dari kata kunci tersebut. Tujuannya adalah menargetkan pengguna dengan lebih spesifik.
Selain itu, kamu juga akan mencari istilah lain dari penggunaan kata kunci utama dan juga mencari long tail keyword yang sesuai.
Contohnya, kata kunci utama yang kamu gunakan adalah tempat wisata Bandung. Maka kamu juga akan menggunakan kata kunci turunan seperti tempat wisata sejarah di Bandung, tempat wisata Bandung ramah anak, dan lainnya.
Variasi kata kunci yang juga bisa kamu gunakan seperti tempat wisata Bandung dekat hotel, tempat main di Bandung, dan lainnya.
2. Membangun Template Konten
Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan ketika menggunakan programmatic SEO adalah membangun template konten. Karena nantinya konten tersebut akan diproduksi dalam jumlah yang banyak, maka template ini menjadi hal yang penting.
Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat template ini, misalnya jangan membuatnya terlalu seragam. Kamu bisa memberikan batasan untuk bagian mana yang harus unik dan mana yang bisa sama.
Hal ini juga untuk menghindarkan konten tersebut dianggap spam oleh mesin pencari. Lalu pastikan semua konten tersebut memiliki informasi yang tepat dan jelas.
3. Sambungkan dengan Database
Inilah salah satu hal yang menjadi keunggulan dari programmatic SEO. Setiap konten yang dibuat akan terhubung dengan database, sehingga tiap konten tersebut akan saling terintegrasi.
4. Publikasi
Langkah terakhir setelah membangun halaman menggunakan programmatic SEO tentu saja kamu harus mempublikasikannya. Pada tahap ini, tantangannya yaitu melihat apakah konten yang kamu buat berhasil atau tidak.
Selain itu, pada tahap ini juga kamu akan melihat apakah mesin pencari berhasil mengindeks konten yang kamu buat atau tidak. Jika kamu melakukan prosesnya dengan benar, maka kemungkinan berhasilnya juga tinggi.
Optimalkan SEO dengan Tool Satu Ini!
Setelah memahami pengertian programmatic SEO, mungkin kamu mulai tertarik untuk menggunakannya. Dengan tool ini, maka banyak konten SEO yang bisa kamu buat dengan lebih cepat.
Bagi kamu yang membutuhkan optimalisasi dan jasa SEO, maka Whello merupakan salah satu pilihan yang tepat. Whello juga bisa membantu kamu untuk menggunakan programmatic SEO ini.
Apa yang dimaksud dengan pengertian programmatic SEO?
Ini merupakan sebuah tool yang bisa membantu kamu untuk membuat banyak halaman sekaligus dengan menggunakan kode khusus. Nantinya, semua halaman yang kamu buat tersebut akan berdasarkan pada penggunaan kata kunci yang dipilih sesuai kebutuhan sehingga memenuhi kriteria SEO.
Mengapa tool ini menjadi sangat penting?
Berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk membuat puluhan atau ratusan halaman untuk setiap produk, kategori, jasa, ataupun kata kunci dengan memenuhi standar SEO? Tentu akan perlu banyak waktu. Namun, bayangkan jika semua hal tersebut bisa kamu lakukan dalam satu waktu. Ini merupakan alasan utama mengapa programmatic SEO menjadi penting. Tool ini bisa membuat kamu menghemat banyak waktu, uang, dan tentu saja tenaga.
Siapa saja yang direkomendasikan untuk menggunakan tool ini?
Saat ini penggunaan programmatic SEO sangat direkomendasikan untuk setiap bisnis dan juga pelakunya yang memanfaatkan digital marketing strategy. Tool ini juga sangat direkomendasikan untuk bisnis yang membutuhkan banyak promo berbeda dalam satu waktu bersamaan.
Apa keuntungan menggunakan metode ini?
Memastikan kelangsungan usaha, membangun tautan yang berguna dan saling terhubung, dan mengarahkan usaha menjadi lebih produktif.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!