Perkembangan teknologi, membuat banyak perkembangan tools digital marketing yang semakin memudahkan kita semua. Salah satunya adalah aplikasi generated content AI yang memudahkan pembuatan konten artikel. Namun dalam dunia SEO, apakah copywriting AI ini bisa Google terima? Yuk, simak penjelasan berikut!
Daftar isi
Mengenal Teknologi Generated AI untuk Copywriting
Dunia digital marketing belakangan ini dihebohkan dengan adanya aplikasi berbasis kecerdasan buatan yang bisa membantu membuatkan konten berupa artikel. Bahkan beberapa aplikasi juga menyertakan pembuatan gambar, video, maupun kebutuhan konten lainnya.
Pada dasarnya, copywriting AI merupakan teknologi berbasis komputer yang memungkinkan kamu membuat sebuah konten artikel secara otomatis. Hanya dengan memasukkan topik, tema, atau perintah, kamu bisa membuat konten artikel dengan mudah.
Walaupun beberapa kata terkadang terlihat sangat alami, namun secara pemahaman, teknologi dan manusia pastinya memiliki perbedaan. Sehingga tetap ada banyak diksi yang cukup asing dan terlalu teknis, sehingga sedikit aneh untuk pembaca nikmati.
Sayangnya walaupun memberikan berbagai kemudahan, kamu tak bisa langsung menggunakan hasil dari generator AI ini. Karena menurut beberapa sumber SERP dan Google belum tentu dapat menerima artikel yang murni dari penggunaan tools marketing satu ini.
Bagaimana Cara Menggunakan Copywriting AI?
Seperti yang disinggung sebelumnya, kamu hanya perlu memasukkan sebuah kata kunci, topik pembahasan, atau perintah tertentu. Namun, sebenarnya setiap platform memiliki fitur yang berbeda dalam memproses perintah yang kamu berikan. Secara umum, tahapan lengkapnya adalah seperti ini:
- Lakukan riset kata kunci atau topik terlebih dahulu. Contohnya kamu bisa gunakan kata kunci yang sedang viral. Selain itu, kamu bisa gunakan tools analytics seperti Google Trend untuk membantu mendapatkan kata kunci yang terbaik.
- Buka platform penyedia teknologi generated AI, contohnya Chat GPT atau Copy.ai.
- Setelah membuka aplikasi ini, biasanya kamu harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Setelah itu, kamu juga bisa memilih menggunakan fitur gratis yang terbatas atau menggunakan sistem berbayar yang memiliki fitur yang lebih besar.
- Kebanyakan platform generated AI menyediakan fitur petunjuk atau help yang membantu kamu menggunakannya.
- Dalam form chat atau memasukkan perintah, masukkan kata kunci atau perintah yang ingin kamu buatkan artikelnya.
- Ketika kamu menekan tombol kirim atau proses, sistem akan menjalankan analisa dan mulai membuat artikel berdasarkan kata kunci atau perintah yang kamu masukkan sebagai pakemnya.
Bagaimana Pendapat Google Terhadap Konten Generated AI?
Walaupun terlihat mudah, penggunaan aplikasi ini memiliki berbagai kekurangan. Terutama mengenai pendapat Google terhadap konten dari tools AI ini. Hal tersebut terdukung dengan pendapat para petinggi Google yang menyatakan bahwa konten dari copywriting AI akan Google anggap sebagai konten spam.
Bahkan konten yang terlalu baik juga sering Google curigai merupakan konten yang terbuat dari tools AI. Karena hal tersebut melanggar pedoman webmaster, maka Google bisa saja menetapkan konten yang kamu buat sebagai konten spam yang tak bisa muncul ke para target audiens.
Bahkan jika dipelajari lebih dalam, Google secara terang-terangan sudah mengatur pelarangan pembuatan konten dari tools generated content AI. Aturan ini tertulis langsung dalam Google Search Central, tepatnya bisa kamu akses pada pembahasan pertama dalam bab pedoman kualitas konten.
Jadi jika kamu simpulkan, Google sangat tidak menyarankan penggunaan konten dari platform AI secara serta merta. Jadi, walaupun mungkin kamu terpaksa menggunakan tools ini, ada kemungkinan terdeteksi spam dan bisa mengganggu SEO copywriting yang kamu bangun selama ini.
Bahkan beberapa pihak lebih memilih mengkonversi konten ini menjadi kerangka berpikir atau mengalami perubahan format menjadi gambar atau video. Sehingga konten dari mesin AI pun sebenarnya masih bisa kamu manfaatkan, namun dengan cara yang lebih benar dan tepat.
Kekurangan Menggunakan Copywriting AI
Selain dapat terdeteksi spam oleh Google, ada beberapa kekurangan lain dari teknologi satu ini. Berikut beberapa di antaranya:
- Tulisan masih terasa kaku di beberapa topik tertentu. Cakupan pemahamannya juga cukup terbatas. Sehingga informasinya belum tentu valid.
- Umumnya, hasil tulisan teknologi AI ini mirip dengan milik orang lain.
- Tidak memiliki dampak signifikan untuk konten marketing, karena tidak bisa membangkitkan emosi pembaca.
- Tidak bisa melampaui kemampuan manusia.
Kelebihan Menggunakan Copywriting AI
Terlepas dari kekurangannya, berdasarkan banyak pendapat dari pengguna, ada banyak alasan kenapa pebisnis lebih memilih menggunakan tools generated AI ini. Beberapa beberapa kelebihannya:
1. Memudahkan Pembuatan Artikel
Bagi kamu yang merasa kurang memiliki kemampuan merangkai kata yang sesuai dengan ketentuan copywriting, menggunakan tools ini pastinya akan sangat membantu.
2. Lebih Menghemat Budget
Beberapa platform juga menyediakan fitur gratisan. Sehingga bisa kamu manfaatkan untuk lebih menghemat budget digital marketing. Jadi, kamu bisa memiliki konten berkualitas, walaupun dengan budget terbatas.
3. Menghemat Waktu
Membuat sebuah konten berkualitas akan membutuhkan waktu yang lama. Karena diperlukan riset dan observasi. Sedangkan jika kamu menggunakan copywriting AI, kamu bisa membuat artikel dalam waktu singkat.
4. Mengurangi Risiko Writer Block
Jika kamu memilih membayar pekerja atau jasa copywriting untuk membuatkan artikel konten setiap harinya, pastinya akan ada risiko terjadinya writer block. Kondisi ini bisa terjadi saat penulis kesulitan saat membuat artikel berdasarkan pesanan atau kata kunci tertentu. Namun, dengan mesin ini, risiko writer block bisa lebih ditekan.
5. Menyediakan Kerangka Berpikir yang Baru
Keuntungan lainnya adalah menjadi kerangka berpikir baru, tentunya untuk berbagai konten baru yang ingin kamu gunakan. Walaupun tak memiliki basic pada beberapa konten tertentu, kamu masih bisa melihat tatanannya. Tujuannya untuk kamu adaptasi pada konten yang akan kamu buat.
Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan Copywriting AI?
Dari penjelasan di atas, kamu bisa lebih mengenal apa itu generated AI, cara menggunakan, kekurangan dan kelebihan, serta tanggapan Google. Sekarang, kamu bisa menentukan apakah menggunakan copywriting AI bisa menguntungkan atau tidak untuk bisnis yang kamu kelola.
Namun karena memiliki risiko terdeteksi spam, ada baiknya kamu memilih menggunakan konten original yang berkualitas. Kamu bisa memilih menggunakan jasa digital marketing terpercaya seperti Whello. Di mana Whello akan menyediakan berbagai kebutuhan copywriting untuk bisnis kamu!
Apakah copywriting AI gratis?
Kebanyakan platform menyediakan dua pilihan, yakni versi gratis yang lebih terbatas secara fitur, maupun yang berbayar.
Apa saja rekomendasi generated AI yang bisa kamu gunakan?
Ada beberapa generated AI yang bisa kamu gunakan, mulai dari Chat GPT, Copy.ai, dan berbagai platform serupa.
Apa bahaya dari penggunaan AI?
Walaupun memiliki berbagai kelebihan, namun penggunaan fitur ini dapat mengancam keamanan digital bahkan bisa terdeteksi spam oleh Google.
Apa yang dimaksud copywriting?
Pada dasarnya copywriting merupakan teknik penulisan, yang bertujuan untuk membuat naskah iklan atau berbagai kebutuhan untuk kepentingan komersial lainnya.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!