Dalam era digital yang terus berkembang seperti sekarang, tak bisa kita pungkiri bahwa belanja online telah menjadi aktivitas dan kebiasaan sehari-hari masyarakat modern. Sebagai salah seorang pelaku bisnis online yang profesional, kamu dapat memanfaatkan platform Google Shopping yang hadir sebagai solusi praktis dan efisien.
Demi memaksimalkan penjualan bisnis dan pengalaman belanja online pelanggan kamu. Melalui artikel ini, mari kita bahas lengkap semua manfaat dan cara menggunakannya yang paling efektif!
Daftar isi
Apa Itu Google Shopping?
Google Shopping adalah sebuah platform belanja online milik Google yang memungkinkan pelanggan dapat mencari produk-produk yang diinginkan dari berbagai toko online atau e-commerce terpercaya di seluruh dunia dalam satu tempat.
Fitur ini bisa ditemukan melalui mesin pencari Google, di mana pelanggan perlu mengetikkan nama produk yang dicari di kotak pencarian, lalu mengklik tab “Shopping” yang berada di bawah kotak pencarian. Berikut ini contoh penggunaan fitur Shopping:
Sehingga, selayaknya marketplace pada umumnya, fitur ini akan menampilkan seluruh informasi terkait produk berdasarkan kata kunci yang pelanggan masukkan ke search bar fitur Shopping. Mulai dari gambar, deskripsi (misalnya merek, ukuran, warna, bahan, dan lain-lain), harga, link marketplace asal, hingga ulasan produk.
Manfaat Google Shopping
Tentu saja, fitur Shopping ini memiliki berbagai manfaat yang dapat membuat pengalaman belanja online pelanggan kamu lebih praktis dan efisien. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama Google Shopping yang bisa kamu dan pelanggan kamu dapatkan:
- Meningkatkan traffic toko online dan konversi penjualan bisnis.
- Bermanfaat sebagai saluran pemasaran yang efektif mempromosikan produk bisnisnya secara lebih luas.
- Membantu kamu dalam beriklan yang mudah dan sesuai dengan budget, karena fitur Shopping menggunakan sistem iklan cost-per-click (CPC).
- Memudahkan pelanggan dalam menemukan sekaligus membandingkan harga dan kualitas produk yang mereka cari dari berbagai marketplace dengan sekali klik.
- Pelanggan dapat mengetahui informasi lengkap terkait estimasi waktu dan biaya pengiriman yang berlaku untuk setiap produk.
- Membantu pelanggan dalam membuat keputusan pembelian yang terbaik dan menguntungkan.
Cara Memasang Iklan Produk di Google Shopping
Pada dasarnya, Google Shopping memiliki cara kerja utama yang berintegrasi dengan platform Google Merchant Center dan Google Ads. Kedua fitur Google tersebut membantu dalam hal penyediaan tempat penyimpanan informasi produk serta pengaturan jenis dan biaya iklan produk, berikut panduan penggunaannya:
1. Buat Akun Google Merchant Center
Pertama, kamu perlu membuat akun di Google Merchant Center. Bagi yang belum tahu, Google Merchant Center adalah platform yang memungkinkan kamu mengelola dan mengunggah data produk-produk yang ingin kamu tampilkan di Google Shopping.
Untuk membuat akun Google Merchant, kamu bisa langsung akses halaman Google Merchant, lalu klik tombol “Daftar Gratis”.
Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi dasar tentang bisnis kamu, seperti nama dan lokasi bisnis, situs toko online, serta kategori toko fisik kamu. Pastikan semua kolom pengisian informasi bisnis telah terisi dengan benar.
2. Siapkan Data Produk
Setelah berhasil membuat akun Google Merchant, kamu perlu menyiapkan data produk kamu dalam format yang sesuai dengan instruksi Google Merchant Center. Data produk yang perlu kamu siapkan adalah informasi seperti judul produk, deskripsi, harga, gambar, URL produk, dan lainnya.
Pada tahap ini, penting untuk mengoptimasi gambar atau foto produk yang ingin kamu tampilkan di Google Shopping. Kamu harus memilah gambar yang berkualitas, agar algoritma Google memverifikasi toko online kamu sebagai marketplace terpercaya. Adapun beberapa syarat pemilihan gambar produk, yaitu:
- Gambar produk tidak boleh memiliki watermark, teks, logo, dan background berwarna gelap.
- Ukuran gambar sebaiknya berkisar 75%-90% dari total ukuran gambar secara keseluruhan.
- Gambar produk harus jernih, jelas, dan tidak blur.
3. Tambah Data Produk ke Google Merchant Center
Apabila semua data produk sudah siap, kamu perlu mengunggahnya ke feed produk melalui Google Merchant Center. Berikut ini caranya:
- Buka akun Google Merchant Center kamu, lalu klik menu Produk.
- Tekan tombol “Tambahkan Produk” untuk menambahkan produk satu per satu atau tombol “Upload File” untuk membuat katalog produk sekaligus berdasarkan file produk yang kamu miliki.
- Isilah semua data dan informasi produk kamu, seperti negara dan tujuan target pelanggan, SKU produk, judul, merek, deskripsi, link toko online, link gambar produk, harga, dan metode pengiriman produk.
- Klik tombol “Simpan” untuk mengunggah produk.
Selain itu, pastikan pula kamu telah mematuhi pedoman dan persyaratan yang ditetapkan oleh Google. Sehingga, produk kamu akan diverifikasi dan ditinjau dengan cepat oleh Google.
4. Hubungkan Google Merchant dengan Google Ads untuk Membuat Kampanye Iklan
Meskipun data produk kamu telah diterima dan disetujui Google, produk tersebut tidak langsung muncul di halaman Shopping. Kamu perlu menghubungkan Google Merchant dengan Google Ads untuk membuat kampanye produk di Google Shopping.
Pertama-tama, buat akun Google Ads sendiri atau menggunakan jasa iklan Google tertentu. Kemudian, buat kampanye iklan produk yang akan kamu jual dengan cara membuat Shopping Campaign. Dengan pembuatan Shopping Campaign, kamu dapat menentukan bentuk iklan sesuai budget dan target pelanggan bisnis yang dituju.
Kamu bisa membuat Shopping Campaign melalui Google Merchant Center atau Google Ads. Berikut ini tahapannya:
- Apabila kamu menggunakan Google Merchant Center, maka pilih opsi menu Linked Account, lalu klik tombol “Create Google Shopping Campaign”.
- Apabila kamu menggunakan Google Ads, maka klik tombol “Campaign” pada beranda Google Ads. Pilihlah jenis tujuan promosi yang kamu inginkan, apakah itu peningkatan traffic, leads, atau penjualan.
5. Mengatur Budget Iklan
Tahapan terakhir adalah mengatur penawaran dan budget iklan. Tentukan apakah kamu menggunakan jenis iklan Smart Shopping Campaign atau Standat Shopping Campaign.
Sehingga, kamu dapat menentukan berapa banyak biaya yang ingin kamu bayarkan untuk setiap cost-per-click (CPC) iklan atau menentukan strategi penawaran otomatis yang ditawarkan oleh Google.
Sudah Siap Memanfaatkan Google Shopping untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis?
Itulah penjelasan singkat manfaat dan cara menggunakan Google Shopping untuk mempromosikan dan menjual produk kamu secara online. Supaya strategi bisnis kamu semakin optimal, manfaatkan layanan dari jasa internet marketing seperti Whello yang bantu jangkau pelanggan dengan efektif dan murah.
Karena Whello memiliki tim spesialis yang berpengalaman. Cocok bagi kamu yang masih masih awam perihal Google Ads maupun Google Shopping. Jika kamu menggunakan jasa dari Whello, maka kamu tidak perlu khawatir uang iklan yang kamu keluarkan sia-sia. Karena kami akan bantu meningkatkan traffic dan konversi bisnis kamu.
Hal tersebut sejalan dengan rating yang diberikan oleh klien-klien yang pernah bekerjasama dengan Whello, karena rata-rata memberikan penilaian 4,9/5. Beberapa brand yang pernah menjadi klien kami, yakni Red & White, IDCopy, PT PKT, Zero Waste Indonesia, dan masih banyak lagi.
Tunggu apa lagi? Hubungi kontak Whello sekarang!
Apa yang dimaksud dengan Google Shopping?
Google Shopping adalah platform yang memungkinkan pelanggan dapat mencari produk-produk yang diinginkan dari berbagai toko online atau e-commerce dalam satu tempat.
Apa Itu Shopping Campaign?
Shopping Campaign adalah jenis kampanye periklanan yang Google Ads tawarkan, agar penjual dapat memasang iklan produk mereka di Google Shopping.
Apa itu Google Merchant Center?
Google Merchant Center adalah platform untuk mengelola dan mengunggah data produk-produk yang ingin penjual tampilkan di Google Shopping.
Bagaimana cara menggunakan Google Shopping Ads?
Buat akun Google Merchant Center, siapkan data produk, optimasi gambar produk, tambah data dan feed produk, menghubungkan Google Merchant dengan Google Ads, membuat iklan Google Shopping, dan mengatur budget iklan.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!