Belakangan ini, reels yang merupakan fitur terbaru dari Instagram menjadi populer dan mampu menaikkan engagement. Banyak pebisnis yang menggunakan fitur ini untuk media promosi agar bisa menjangkau target pasar secara lebih luas.
Jika kamu pebisnis dan ingin mengoptimalkan fitur baru Instagram tersebut, pelajari 8 tips memanfaatkan reels untuk kebutuhan bisnis di artikel ini!
Daftar isi
Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis
Instagram reels dapat memberikan banyak manfaat terhadap kesuksesan bisnis, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga melejitkan penjualan. Secara umum, fitur Instagram tersebut memberikan keuntungan pada bisnis sebagai berikut:
- Mampu meningkatkan engagement, karena konten reels tidak hanya ditujukan kepada followers, tetapi juga non followers.
- Membantu mendapatkan followers baru dan menjangkau pelanggan baru.
- Sebagai media kolaborasi dengan mitra bisnis, seperti content creator atau brand yang bekerja sama dengan bisnis kamu.
- Dapat memaksimalkan promosi bisnis, karena bisa menjangkau dan menarik perhatian lebih banyak audiens.
8 Tips Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis
Setelah mengetahui manfaatnya, berikut 8 tips memanfaatkan Instagram reels untuk bisnis secara optimal, yaitu:
1. Tentukan Tujuan dan Strategi
Pertama, kamu harus menentukan tujuan yang ingin dicapai dari penggunaan reels. Misalnya, apakah untuk meningkatkan brand awareness, promosi produk, atau berinteraksi dengan audiens.
Jika sudah menemukan tujuan tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat strategi yang tepat. Buatlah sebuah konten yang relevan dengan tujuan tersebut.
Sebagai contoh, kamu ingin mempromosikan produk baru. Maka, kamu perlu membuat konten reels yang menunjukkan produk tersebut, meliputi kelebihan, fungsi, dan alasan audiens harus membeli produk yang kamu jual.
2. Pilih Tema dan Konten Menarik
Selanjutnya, kamu harus memilih tema yang relevan dengan bisnis. Kemudian, dikemas menjadi konten yang menarik bagi audiens target.
Misalnya, kamu dapat membuat reels tentang tutorial, tips dan trik, ulasan produk, atau cerita inspiratif. Namun, pastikan tema tersebut relevan dengan nilai-nilai merek kamu.
Setelah menentukan tema atau jenisnya, buatlah konten yang menarik sekaligus berkualitas tinggi. Artinya, konten harus terlihat jelas dan tidak blur.
Perhatikan durasi konten, karena reels hanya memberikan pilihan durasi mulai dari 15 detik, 30 detik, 60 detik, dan 90 detik. Jika konten memiliki durasi lebih dari yang ditetapkan, kamu bisa menggunakan fitur IGTV.
Selain itu, pastikan konten kamu informatif, menghibur, atau memberikan nilai tambah kepada audiens.
3. Gunakan Fitur Instagram Reels
Reels memiliki berbagai fitur yang bisa kamu gunakan, misalnya, audio dan musik, efek, pengaturan kecepatan, reels collab tag, dan reels visual replies.
Dengan memaksimalkan fitur yang tersedia, proses pembuatan konten lebih mudah dan video reels menjadi lebih berkualitas.
Selain itu, kamu dapat menggunakan hashtag di caption yang relevan dengan konten agar lebih mudah ditemukan oleh audiens, terutama bagi mereka yang tertarik pada topik yang dibahas.
Kamu bisa memanfaatkan hashtag yang populer, namun tetap relevan dengan konten. Disamping itu, ciptakan hashtag unik yang berkaitan dengan merek kamu untuk membangun identitas yang konsisten.
4. Ajak Audiens untuk Terlibat
Tips memanfaatkan Instagram reels berikutnya yaitu mengajak audiens untuk terlibat atau berinteraksi. Misalnya, buatlah caption yang berisi pertanyaan, meminta pendapat, atau berikan tantangan kepada audiens kamu untuk meningkatkan tingkat keterlibatan mereka.
Kemudian, respon dengan baik berbagai komentar dan pesan dari audiens untuk memperkuat hubungan kamu dengan mereka. Dengan demikian, kamu dapat berinteraksi dengan audiens yang berpotensi menjadi pembeli.
Jika hubungan kamu dengan audiens baik, tentu dapat memunculkan persepsi di benak audiens terkait merek bisnis kamu tersebut. Pada akhirnya, sangat mungkin menjadikan mereka sebagai pelanggan setia kamu.
5. Promosikan Produk atau Layanan
Seperti yang telah dijelaskan, reels menjadi salah satu media promosi efektif. Jangan ragu untuk mempromosikan produk atau layanan kamu.
Dengan membuat konten yang menarik, kamu bisa memberikan informasi tentang fitur, keuntungan, dan cara penggunaan dari produk tersebut.
Supaya konten promosi produk kamu dilihat oleh audiens yang tepat, jangan lupa untuk menggunakan caption dan hastag yang relevan. Dengan demikian, kamu dapat menjangkau target pasar baru secara optimal.
6. Kolaborasi dengan Influencer atau Bisnis Lain
Di era sekarang ini, dengan kemajuan teknologi yang pesat, kamu bisa melakukan kolaborasi bersama influencer atau brand lain melalui reels. Cara ini termasuk bagian dari digital marketing yang menguntungkan.
Kamu bisa memanfaatkan fitur reels collab tag untuk berkolaborasi dengan mitra. Keuntungan yang kamu peroleh yaitu dapat memperluas jangkauan audiens.
Namun, pastikan kamu mencari mitra seperti influencer atau bisnis yang memiliki audiens relevan dengan target pasar bisnis kamu. Kemudian, barulah kamu membuat reels bersama.
7. Konten Original dan Ikuti Tren
Pastikan kamu membuat konten original, semakin autentik sebuah konten, tentu akan menunjukkan ciri khas yang menonjol pada bisnis kamu.
Dengan demikian, dapat menjadi salah satu cara branding serta menarik audiens lebih banyak.
Selain original, kamu juga perlu membuat konten yang mengikuti tren. Misalnya, menggunakan musik atau filter yang sedang tren di Instagram. Jika kamu membuat konten dengan mempertimbangkan tren, performa dari konten tersebut dapat meningkat.
8. Evaluasi dan Lakukan Perbaikan
Setelah berupaya memanfaatkan reels untuk kebutuhan bisnis dengan optimal, selanjutnya kamu harus melakukan evaluasi dari hasil yang didapatkan. Misalnya, kamu dapat memantau tema atau jenis konten seperti apa yang paling disukai audiens, apakah tips dan trik, tutorial, atau behind the scenes.
Perhatikan jumlah tampilan, interaksi, dan bagaimana reels berpengaruh terhadap bisnis kamu. Dengan data tersebut, kamu bisa melakukan penyesuaian atau perbaikan dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Jika kamu merasa kesulitan mengelola Instagram sendiri, gunakan jasa digital marketing. Namun, pastikan kamu memilih penyedia jasa yang terpercaya dan terbukti berkualitas.
Ingin Memaksimalkan Instagram Reels untuk Bisnis?
Itulah 7 tips memanfaatkan Instagram reels untuk kebutuhan bisnis yang bisa kamu terapkan. Jika kamu ingin memaksimalkan akun Instagram untuk meningkatkan performa bisnis, Whello Indonesia sebagai full service digital marketing dan berpengalaman selama 7 tahun siap membantu kamu.
Dengan layanan jasa iklan media sosial yang berfokus pada hasil, mulai dari desain hingga social media analyst, kamu dapat meningkatkan followers dan engagement. Tingkatkan juga brand awareness bisnis kamu bersama Whello dan ubah audiens menjadi pelanggan. Berdiskusi dengan salah satu tim social media specialist Whello dengan cara mengisi form konsultasi dibawah atau klik button WhatsApp yang ada di website.
Apa keuntungan membuat reels untuk bisnis?
Meningkatkan engagement. Menjangkau followers baru. Sebagai media kolaborasi. Media promosi produk.
Edit video Reels pakai apa?
Fitur bawaan langsung dari reels. Kinemaster. Splice. InShot. Filmora. Canva Video Editor.
Bagaimana cara membuat reels yang bagus?
Tampilkan hal menarik pada detik-detik awal video. Pilih musik latar yang sedang tren. Aplikasikan fitur bawaan ketika mengedit video. Menambahkan teks yang menarik. Konten original.
Berapa ukuran video Reels Instagram?
Ukuran video reels memiliki skala 9:16 dengan resolusi gambar 1080 pixel x 1920 pixel.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!