Dalam era digital yang semakin berkembang, isu privasi menjadi semakin krusial. Perubahan dinamis dalam kebijakan privasi dan ketidaksetujuan pengguna terhadap pelacakan online memicu evolusi baru dalam pengukuran, yaitu Privacy Centric Measurement.
Google, sebagai salah satu pemain utama di industri digital, telah mengembangkan solusi ini sebagai respons terhadap tantangan pengukuran di internet tanpa cookies. Nah, untuk tahu lebih detailnya, artikel ini akan membahas apa itu privacy centric measurement, prinsip-prinsip, dampaknya dan solusi menghadapi privacy centric measurement.
Daftar isi
Pengenalan Privacy Centric Measurement
Cookies telah lama menjadi pondasi pengukuran perilaku pengguna di internet. Namun, tantangan privasi dan ketidaksetujuan regulasi terhadap penggunaan cookies mendorong industri untuk mencari solusi yang lebih aman dan lebih privasi. Inilah latar belakang munculnya Privacy Centric Measurement.
Google memahami perubahan ini dan telah mengembangkan Privacy Centric Measurement sebagai solusi untuk menjaga privasi pengguna sambil tetap memberikan data yang relevan bagi pemasar. Solusi ini dirancang untuk memungkinkan analisis data yang efektif tanpa mengorbankan integritas privasi.
Prinsip-Prinsip Privacy Centric Measurement
Google telah memilih tiga prinsip yang mengatur untuk dipatuhi terkait PCM. Ketiga prinsip tersebut adalah Preserve, Inform, dan Secure.
A. Preserve
Mempertahankan dan memanfaatkan pengukuran yang ada sembari memenuhi persyaratan privasi pengguna dan legislator. Metode pengumpulan masih akan mengandalkan cookie dalam waktu dekat. Google merekomendasikan agar solusi penkamuan kamu kuat dan tahan lama.
B. Inform
Menginformasikan dan melengkapi kesenjangan dalam data melalui sumber data tambahan yang memungkinkan pemodelan yang komprehensif. Sinyal tambahan diperlukan untuk membantu menginformasikan pemodelan.
C. Secure
Prinsip ini untuk mengamankan data kamu melalui kontrol tambahan pada penyimpanan data dan berinvestasi dalam teknologi yang menjaga privasi. Produk Google yang diperlukan untuk melakukan proses ini masih dalam tahap awal pengembangan. Sehingga cookie dan privacy centric measurement ini akan berjalan berdampingan.
[ Baca juga : Apa itu ROAS Google Ads, dan Bagaimana Cara Memaksimalkannya ]
Dampak Perubahan Privacy Centric Measurement Terhadap Digital Marketer
Masuknya perubahan terkait privasi ini mempersulit pemasar digital untuk mengukur konversi, yang mengakibatkan lebih sedikitnya konversi yang dikaitkan dengan media dan iklan digital. Metode pengumpulan yang terpengaruh oleh perubahan privasi ini adalah:
- Tag konversi lama
- Pengumpulan data cookie pihak ketiga
- Alat analitik lama tanpa pengukuran tanpa cookie
Hal ini secara langsung mempengaruhi performa digital karena konversi adalah fondasi yang mendorong performa. Konversi menjadi dasar bagi solusi pengukuran, seperti atribusi dan inkrementalitas, dan wawasan yang dihasilkan dari solusi ini menjadi dasar bagi otomatisasi dan pengoptimalan yang bekerja sama untuk memaksimalkan pendapatan.
Jika konversi tidak lagi dapat diukur, solusi pengukuran tidak akan berfungsi dengan baik, yang berarti solusi otomatisasi dan pengoptimalan Google tidak akan berfungsi dengan baik yang akan mengakibatkan berkurangnya pendapatan.
Solusi Menghadapi Privacy Centric Measurement
Google berencana untuk mengurangi risiko tidak mengumpulkan data yang akurat dan dapat diandalkan dengan beberapa solusi PCM. Google telah merancang portofolio solusi yang dirancang untuk membantu pengiklan membangun fondasi pengukuran konversi yang kuat.
Saat ini terdapat enam solusi (Solusi yang ditandai tinggi akan membutuhkan sumber daya teknis untuk membantu mengimplementasikan solusi tersebut, solusi yang ditandai rendah tidak):
1. Tag Situs Global (Tinggi)
Tag situs global (gtag.js) adalah kerangka kerja penkamuan JavaScript dan API yang memungkinkan kamu mengirim data peristiwa ke Google Ads, Manajer Kampanye, Display & Video 360, Iklan Penelusuran 360, dan Google Analytics.
Daripada harus mengelola banyak tag untuk produk yang berbeda, kamu dapat menggunakan gtag.js dan mendapatkan manfaat lebih mudah dari fitur dan integrasi pengukuran terbaru saat tersedia.
Solusi penandaan Google yang tahan lama mengandalkan cookie pihak pertama untuk pengukuran konversi. Ini diperlukan untuk semua produk pengukuran dan analisis yang berpusat pada privasi lainnya (Konversi yang Ditingkatkan dan Penandaan Sisi Server).
2. Pemodelan Konversi (Rendah)
Pemodelan konversi mengacu pada penggunaan pembelajaran mesin untuk mengukur dampak upaya pemasaran saat sebagian konversi tidak dapat diamati.
Algoritma pembelajaran mesin Google memungkinkan kamu mengisi celah saat konversi tidak dapat dikaitkan langsung dengan interaksi iklan sehingga menghasilkan pelaporan dan pengoptimalan yang lebih akurat.
3. Konversi yang Ditingkatkan (Tinggi)
Google Enhanced Conversions adalah fitur yang dapat meningkatkan akurasi pengukuran konversi. Fitur ini melengkapi tag konversi yang sudah ada dengan mengirimkan data konversi pihak pertama yang di-hash dari website kamu dengan cara yang melindungi privasi.
Ini adalah solusi yang lebih baru yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan memulihkan konversi yang tidak dapat diamati oleh tag di seluruh situs, seperti cross-device conversions atau bahkan meningkatkan impression-based conversions.
4. Mode Persetujuan (Tinggi)
Mode persetujuan memungkinkan kamu menyesuaikan perilaku tag Google kamu berdasarkan status persetujuan pengguna. Kamu dapat menunjukkan apakah persetujuan telah diberikan untuk cookie Analytics dan Iklan.
Tag Google akan beradaptasi secara dinamis, dan hanya menggunakan alat pengukuran untuk tujuan yang ditentukan ketika persetujuan telah diberikan oleh pengguna.
5. Penandaan Sisi Server melalui Google Tag Manager (Tinggi)
Penandaan sisi server memungkinkan pengguna Tag Manager untuk memindahkan instrumentasi tag pengukuran dari website atau aplikasi mereka dan masuk ke pemrosesan sisi server melalui Google Cloud.
Penandaan sisi server menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan tag sisi klien:
- Peningkatan kinerja: Lebih sedikit tag pengukuran di website atau aplikasi berarti lebih sedikit kode yang harus dijalankan di sisi klien.
- Keamanan yang lebih baik: Data pengunjung lebih terlindungi dengan mengumpulkan dan mendistribusikan data di lingkungan sisi server yang dikelola pelanggan. Data dikirim ke instance Google Cloud yang kemudian diproses dan dirutekan oleh tag lain.
Penandaan sisi server memungkinkan kinerja dan keamanan situs yang lebih baik (dengan memindahkan sebagian besar penandaan situs ke server) dan meningkatkan daya tahan pengukuran dengan cookie khusus server.
6. API Pengukuran Konversi (Rendah)
API ini mengukur konversi iklan (misalnya pembelian) dan mengaitkannya dengan iklan yang diklik tanpa menggunakan pengidentifikasi persisten lintas situs seperti cookie pihak ketiga.
API juga akan menciptakan pertukaran data agregat dan data yang aman bagi privasi antara pengiklan dan browser.
Sudah Paham Tentang Privacy Centric Measurement?
Privacy Centric Measurement bukan hanya respons terhadap masalah privasi, tetapi juga evolusi dalam cara kita mengukur perilaku pengguna secara online. Dengan berfokus pada anonimitas, agregasi data, dan memberikan kontrol kepada pengguna, solusi ini menggambarkan komitmen untuk menjaga keseimbangan antara privasi dan efektivitas pemasaran digital.
Jika kamu pemilik bisnis dan butuh bantuan dalam menggunakan Google Ads, kamu bisa menggunakan jasa Google Ads dari Whello. Dengan Whello, kamu tidak hanya bermitra dengan penyedia jasa Google Ads, tetapi juga dengan tim yang memiliki pengalaman luas dalam mengoptimalkan iklan untuk performa maksimal.
Kami juga tidak hanya sekadar membantu membuat iklan, tetapi juga memahami secara mendalam bagaimana merancang strategi yang tepat. Dari mengidentifikasi kata kunci yang paling relevan hingga memilih opsi penargetan yang sesuai dengan audiens target, kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang efektif untuk bisnis kamu!
Apakah Privacy Centric Measurement menghapus penggunaan cookies sepenuhnya?
sepenuhnya? Tidak, Privacy Centric Measurement tidak menghapus penggunaan cookies sepenuhnya. Namun, ia menekankan pada anonimitas dan agregasi data untuk melindungi privasi.
Apakah Privacy Centric Measurement hanya berlaku untuk platform Google?
Meskipun dikembangkan oleh Google, konsep Privacy Centric Measurement dapat diadopsi oleh berbagai platform digital untuk mencapai standar privasi yang lebih tinggi.
Bagaimana Privacy Centric Measurement mempengaruhi personalisasi iklan?
Privacy Centric Measurement membutuhkan pendekatan yang lebih hati-hati terhadap personalisasi iklan, mengharuskan pemasar untuk bergantung pada data agregat dan metode lain untuk memahami perilaku pengguna.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Carousel Ads Instagram: Format Iklan yang Menarik!
Carousel ads instagram, format iklan yang efektif dan efisien bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan brand!
Boost Post Instagram: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya
Boost Post Instagram adalah solusi untuk memperluas audiens kamu. Ketahui lebih lanjut tentang konsep dan cara kerjanya di situs kami!
8 Strategi Promo Liburan untuk Iklan Google Ads
Temukan 8 strategi promo liburan yang efektif untuk meningkatkan iklan Google Ads kamu. Dapatkan tips dan trik menariknya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!