Salah satu inovasi terbaru dari Google adalah Discovery Ads, sebuah fitur yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan mereka di berbagai platform Google, seperti YouTube, Gmail, dan Google Discover.
Agar lebih paham, artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang Google Discovery Ads, cara kerjanya, manfaatnya, serta tips untuk menganalisis dan mengoptimalkan kampanye Google Discovery Ads. Yuk langsung simak lebih lanjut!
Daftar isi
Apa itu Google Discovery Ads?
Google Discovery Ads adalah jenis iklan yang dirancang untuk menjangkau audiens yang relevan dengan konten yang mereka minati. Iklan ini ditampilkan di berbagai platform Google, termasuk YouTube, Gmail, dan Google Discover.
Mereka muncul dalam format yang menarik dan visual, biasanya berupa gambar atau video, yang disesuaikan dengan preferensi dan minat pengguna.
Perbedaan Google Discovery Ads vs Display Ads
Perbedaan utama Google Discovery dan Display Ads adalah di aspek siapa yang dijangkau dan di mana.
Google Discover menjangkau mereka yang menunjukkan perilaku dengan minat tinggi yang ditentukan oleh algoritma Google. Iklan ini cocok untuk bisnis e-commerce yang ingin mendapatkan konsumen baru dan memperkenalkan produk dan/atau layanan kepada audiens mereka.
Di sisi lain, Display Ads tidak terlalu cocok untuk tujuan seperti brand awareness untuk memperkenalkan produk kamu. Selain itu, perbedaan yang lain yaitu Display Ads menayangkan iklan di Google Display Network, sedangkan iklan Discovery hanya ada di feed Google.
Berikut beberapa perbedaan pemasangan Google Discovery Ads dan Display Ads:
Penempatan | Discovery Ads | Display Ads |
Iklan di YouTube | ✓ | ✓ |
Iklan Gmail | ✓ | ✓ |
Iklan Google Discover | ✓ | ✖ |
Iklan Google Display Network | ✖ | ✓ |
Custom Intent Targeting | ✓ | ✓ |
Retargeting | ✓ | ✓ |
Berikut contoh gambar iklan Google Discovery Ads dan Display Ads:
Cara Kerja Google Discovery Ads
Google Discovery Ads menggunakan data pengguna, termasuk aktivitas searching, interaksi dengan aplikasi, dan riwayat searching YouTube, untuk menentukan audiens yang paling relevan dengan produk atau layanan kamu.
Iklan Discovery juga didesain untuk menarik perhatian pengguna dengan gambar atau video berkualitas tinggi yang sesuai dengan minat mereka.
Untuk iklan ini, Google menggunakan machine learning untuk memperbaiki kinerja iklan secara otomatis. Ini termasuk fitur penyesuain anggaran dan segmentasi untuk mencapai hasil terbaik untuk iklan yang kamu pasang.
Manfaat Iklan Google Discovery
Saat kamu mengaktifkan kampanye Discovery, kamu dapat memperluas bisnis ke audiens yang lebih besar dan mencapai goals yang kamu inginkan. Menurut Google, berikut adalah beberapa manfaat penting yang akan kamu rasakan dengan iklan Discovery:
- Menjangkau lebih banyak pengguna Google dengan satu kampanye iklan
- Mendorong keterlibatan pengguna dengan iklan yang lebih bervariasi dan relevan
- Iklan dengan visual yang ditayangkan dalam skala besar
- Opsi tawaran otomatis untuk memenuhi goals iklan kamu
Setelah memahami apa itu iklan Google Discovery dan apa yang ditawarkannya, kamu dapat melihat apakah iklan tersebut sesuai dengan tujuan iklan berbayar kamu. Iklan Discovery paling cocok jika kamu memiliki goals seperti berikut:
- Brand awareness untuk mendorong minat dari pelanggan baru
- Meningkatkan konversi saat kunjungan website, pendaftaran buletin, atau penjualan
- Remarketing untuk menarik pelanggan yang sudah mengenal dan mempercayai merek kamu
Cara Set Up Google Discovery Ads
Jika kamu tertarik untuk mencoba Google Discovery Ads, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menyiapkan kampanye Google Discovery Ads:
Buat kampanye baru di akun Google Ads kamu. Pilih Sales, Leads, atau Website Traffic sebagai tujuan kampanye kamu (tujuan lain tidak memungkinkan kamu menjalankan kampanye Google Discover).Pilih jenis kampanye Demand Gen yang memiliki fitur Discover, beri nama, lalu pilih opsi penargetan lokasi dan bahasa.
Pilih strategi smart bidding yang paling relevan dan tetapkan anggaran. kamu tidak dapat menawar secara manual untuk Iklan Google Penelusuran.
Buat grup iklan pertama kamu dan pilih Campaign Goal kamu.
Tambahkan informasi yang diperlukan (seperti anggaran yang kamu inginkan, tanggal dan waktu, serta lokasi), lalu unggah gambar untuk iklan kamu.
Launch kampanye Discovery kamu.
Selanjutnya pantau iklan selama dua minggu agar Google dapat mengumpulkan informasi dan mengoptimalkan tawaran kamu. Hindari melakukan perubahan pada kampanye kamu selama masa ini.
Tips Melakukan Google Discovery Ads
Setelah paham cara set up Google Discovery Ads, tentunya kamu pasti tertarik untuk mencobanya bukan? Namun sebelum kamu coba, ada baiknya kamu mempelajari beberapa tips khusus agar iklan kamu ga sia-sia.
Berikut adalah enam tips terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye Discovery Ads kamu:
1. Jangan Membuat Perubahan Terlalu Cepat
Meskipun merupakan ide yang baik untuk terus memantau kampanye kamu jika terjadi kesalahan, namun kamu perlu memberikan waktu kepada Google untuk mengumpulkan data yang cukup untuk membuat kampanye yang optimal. Cobalah untuk tidak melakukan perubahan apapun selama periode ‘coba-coba’.
2. Tes Terus Menerus
Setelah periode mencoba-coba, terus uji dan sempurnakan opsi penargetan, kreasi iklan, dan landing pages kamu. Hal ini akan membantu kamu menemukan kombinasi Discovery Ads yang paling cocok.
3. Gunakan Resolusi Gambar yang Disarankan
Tips melakukan Google Discovery ads selanjutnya adalah menggunakan gambar berkualitas tinggi yang akan lebih menarik pembeli. Jika kamu menggunakan teks dalam gambar kamu, usahakan untuk melakukannya dengan tepat.
4. Buat Beberapa Iklan Penemuan
Bereksperimenlah dengan format single-image dan carousel agar Google dapat mengetahui iklan mana yang berkinerja paling baik.
5. Targetkan audiens yang tepat
Gunakan berbagai jenis penargetan Google (termasuk remarketing, audiens custom, dan audiens serupa) untuk menemukan audiens yang tepat dan membuat pesan yang relevan untuk mereka.
6. Aktifkan Automated Targeting
Automated Targeting diaktifkan secara default, karena memungkinkan Google menemukan audiens baru menggunakan rekomendasinya sendiri. Jika kamu memiliki audiens yang spesifik, kamu harus menonaktifkan Automated Targeting.
Masih Bingung Dengan Google Discovery Ads?
Google Discovery Ads telah membuka peluang baru bagi pengiklan untuk mencapai audiens potensial mereka dengan cara yang lebih personal dan relevan.
Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat menghadirkan konten yang menarik langsung ke tangan pengguna di platform-platform Google yang sering digunakan.
Namun, untuk memastikan kesuksesan kampanye kamu, dibutuhkan pemahaman yang mendalam tentang strategi dan taktik yang tepat. Inilah mengapa lebih baik untuk menggunakan jasa iklan Google yang sudah profesional seperti Whello.
Sebagai digital marketing agency yang sudah berpengalaman bertahun-tahun, Whello menawarkan jasa iklan Google yang lengkap dan didukung oleh tim ahli yang berpengalaman.
Dengan layanan kami, kamu dapat yakin bahwa kampanye kamu akan dikelola dengan baik, dijalankan secara efisien, dan dianalisis dengan cermat untuk mencapai hasil yang optimal.
Jadi, jangan ragu untuk menghubungi WhatsApp Whello sekarang juga untuk mendiskusikan kebutuhan iklanmu. Konsultasi ini juga gratis, jadi jangan lewatkan kesempatan ini untuk bisnis kamu!
Apa itu Google Discovery Ads?
Google Discovery Ads adalah jenis iklan yang ditampilkan di platform-platform Google seperti YouTube, Gmail, dan Google Discover. Mereka dirancang untuk menjangkau audiens yang relevan dengan konten yang mereka minati.
Bagaimana cara Google Discovery Ads berbeda dari Display Ads?
Google Discovery Ads ditampilkan di platform Google seperti YouTube, Gmail, dan Google Discover, sementara Display Ads umumnya ditampilkan di website mitra Google. Discovery Ads menargetkan audiens berdasarkan minat mereka, sedangkan Display Ads bisa lebih beragam dalam targeting.
Apa manfaat menggunakan Google Discovery Ads?
Manfaat Google Discovery Ads termasuk mencapai audiens yang relevan, menampilkan konten visual yang menarik, dan meningkatkan kesadaran merek melalui platform-platform populer Google.
Bagaimana cara kerja Google Discovery Ads?
Google Discovery Ads menggunakan data pengguna untuk menentukan audiens yang paling relevan dengan produk atau layanan kamu. Mereka menampilkan konten visual yang menarik perhatian pengguna, dan menggunakan optimasi otomatis untuk meningkatkan kinerja kampanye.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!